Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Praktek Material Teknik

2120102165

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=0

P=2

ECTS=3.18

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Hanna Zakiyya, S.T., M.T., Ph.D. ; Tri Hartutuk Ningsih, S.T., M.T. ; Dr. M. Arif Irfa‘i., S.Pd., M.T.




Dr. M. Arif Irfa‘i., S.Pd., M.T.




Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-5

Kerja secara mandiri dan kelompok

CPL-7

Analisis masalah

CPL-14

Pengetahuan sains dan teknik

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mampu melakukan prosedur pengujian merusak pada material logam dan non-logam, terutama pengujian Tarik, Tekan, Kekerasan dan Impak Charpy

CPMK - 2

Memahami dan dapat mengklasifikasikan pengujian merusak dan tidak merusak

CPMK - 3

Mampu merencanakan dan membuat spesimen pengujian merusak

CPMK - 4

Mampu melakukan prosedur pengujian tidak merusak tipe ultrasonic test dan menganalisa cacat sub-permukaan

CPMK - 5

Mampu melakukan pengukuran butir dan analisa struktur mikro menggunakan perangkat lunak penganalisa struktur mikro

CPMK - 6

Mampu melaksanakan prosedur perlakuan panas sebagai proses pendahuluan pengujian material

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-3CPL-5CPL-7CPL-14
CPMK-1 
CPMK-2  
CPMK-3 
CPMK-4 
CPMK-5
CPMK-6

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah Praktek Material Teknik pada program studi Teknik Mesin bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dalam mengenali, menguji, dan menganalisis berbagai jenis material yang digunakan dalam teknik mesin. Mahasiswa akan belajar tentang sifat-sifat material, metode pengujian material, serta penerapan material dalam berbagai aplikasi teknik. Ruang lingkup mata kuliah mencakup praktikum pengenalan material, pengujian material, analisis struktur material, dan pemilihan material untuk aplikasi teknik tertentu.

Pustaka

Utama :

  1. Smith, William and Hasemi, Javad, 2024, Foundation of Material Science and Engineering 7th ed, Mc Graw Hill
  2. Irfa'i, M. Arif, 2024, Modul Praktek Pengujian Bahan, S1 Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya
  3. Avner, Sidney. H, 1974, Introduction to Physical Metallurgy, Mc-Graw Hill

Pendukung :

  1. Zakiyya, Hanna., Interpreting the main effects on the efficiency and morphology for establishing a procedure of electrodepositing Zn from purified chloride SPL solutions. 2024, Springer: Discover Applied Science, https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s42452-024-06142-3.pdf
  2. Utama, F. Yasa., Zakiyya, Hanna.,Pengaruh variasi arah serat komposit berpenguat hibrida fiberhybrid terhadap kekuatan tarik dan densitas material dalam aplikasi body part mobil. 2016, Mekanika Vol.5 (2) : Universitas Sebelas Maret)
  3. Ningsih, T. Hartutuk., dkk., KEKUATAN DAN MOMEN BENDING SERTA ENERGI IMPAK KOMPOSIT SERAT KULIT KERSEN AKIBAT VARIASI FRAKSI VOLUME.2023, Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Inovasi Teknologi Manufaktur, Energi, dan Otomotif

Dosen Pengampu

Dr. Mochamad Arif Irfa'i, S.Pd., M.T.

Tri Hartutuk Ningsih, S.T., M.T.

Hanna Zakiyya, S.T., M.T.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami prosedur-prosedur pengujian merusak untuk mengetahui sifat mekanik material

Mahasiswa memahami proses pengujian merusak pada bahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Modul pengujian bahan
Pustaka: Irfa'i, M. Arif, 2024, Modul Praktek Pengujian Bahan, S1 Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya

Materi: Mechanical properties
Pustaka: Avner, Sidney. H, 1974, Introduction to Physical Metallurgy, Mc-Graw Hill
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar sains perubahan fasa pada pemilihan temperatur untuk perlakuan panas tipe hardening

  1. Pemahaman konsep dasar sains dan teknik
  2. Kemampuan menerapkan konsep dalam pemilihan material
  3. Ketepatan pemilihan material untuk aplikasi teknik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2x50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan material untuk aplikasi teknik
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan membuat spesimen uji tarik sesuai ASTM E8

  1. Analisis sifat mekanik material
  2. Analisis sifat fisik material
  3. Pemilihan material untuk komponen mesin dan struktur

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktikum.
Diskusi daring tentang aplikasi sifat mekanik dan fisik material dalam industri
Materi: Pengenalan sifat mekanik material, Pengenalan sifat fisik material, Pemilihan material berdasarkan kegunaan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu melakukan prosedur pengujian tarik dan tekan sesuai standar ASTM E8 pada material logam dan non logam

  1. Kemampuan menganalisis sifat mekanik material
  2. Kemampuan menganalisis sifat fisik material
  3. Kemampuan menentukan kegunaan material dalam komponen mesin dan struktur

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan sifat material dalam kasus nyata
Materi: Pengenalan sifat mekanik material, Pengenalan sifat fisik material, Penerapan sifat material dalam desain komponen mesin dan struktur
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif dalam Taksonomi Bloom level Mengevaluasi (C5) terkait dengan kinerja material berdasarkan standar dan spesifikasi teknik.

  1. Kemampuan mengidentifikasi standar dan spesifikasi teknik yang harus dipenuhi
  2. Kemampuan mengevaluasi ketangguhan material
  3. Kemampuan menganalsisa kerusakan hasil pengujian impak dan kekerasan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktikum.
2 x 50 menit

Materi: Pengenalan standar dan spesifikasi teknik, Metode evaluasi kinerja material, Strategi perbaikan kinerja material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif dalam pemilihan dan penggunaan material untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja produk.

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan pengujian pada aplikasi keteknikan
  2. Kemampuan memilih pengujian yang sesuai
  3. Kemampuan mengklasifikasi jenis pengujian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan tes
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang penerapan material dalam produk
Materi: Klasifikasi material, Sifat-sifat material, Pemilihan material berdasarkan kebutuhan produk, Integrasi material dalam desain produk
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara kolaboratif dalam tim untuk menyelesaikan masalah terkait material dalam proyek teknik.

  1. Kemampuan berkolaborasi dalam tim
  2. Kemampuan mengatasi masalah terkait material
  3. Kualitas solusi yang dihasilkan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Kolaboratif.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus penyelesaian masalah material dalam proyek teknik
Materi: Keterampilan kolaboratif dalam tim, Pengelolaan masalah terkait material, Strategi penyelesaian masalah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

  1. Kemampuan berkolaborasi dalam tim
  2. Kemampuan mengatasi masalah terkait material

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Praktikum
2 x 50 menit

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara kolaboratif dalam tim untuk melakukan pengukuran ukuran butir menggunakan perangkat lunak image J

  1. Kemampuan berkolaborasi dalam tim
  2. Kemampuan mengatasi masalah terkait material
  3. Kontribusi aktif dalam menyelesaikan proyek

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang strategi kolaboratif dalam menyelesaikan masalah material
Materi: Keterampilan kolaboratif dalam tim, Penerapan material dalam proyek teknik, Strategi mengatasi masalah material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil pengujian material dengan baik untuk memahami kegagalan yang terjadi dan dapat memprediksi umur layanan material tersebut.

  1. analisis hasil pengujian material
  2. pemahaman bentuk fase

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Esai
Materi: Pengujian material, Analisis kegagalan material, Prediksi umur layanan material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

11

Minggu ke 11

Mampu mengevaluasi alternatif material berdasarkan kriteria keberlanjutan dan dampak lingkungan.

  1. Kemampuan menganalisis keberlanjutan material
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak lingkungan dari material yang dipilih
Kriteria:

Keaktifan dan kreatifitas perancangan produksi material komposit


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan material berkelanjutan
Materi: Pengenalan konsep keberlanjutan material, Kriteria keberlanjutan material, Dampak lingkungan dari material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

12

Minggu ke 12

Mampu mengevaluasi alternatif material berdasarkan kriteria keberlanjutan dan dampak lingkungan.

  1. Kemampuan menganalisis keberlanjutan material
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak lingkungan dari material yang dipilih
Kriteria:

Keaktifan dan kreatifitas perancangan produksi material komposit


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan material berkelanjutan
Materi: Pengenalan konsep keberlanjutan material, Kriteria keberlanjutan material, Dampak lingkungan dari material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

13

Minggu ke 13

Mampu mengevaluasi alternatif material berdasarkan kriteria keberlanjutan dan dampak lingkungan.

  1. Kemampuan menganalisis keberlanjutan material
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak lingkungan dari material yang dipilih
Kriteria:

Keaktifan dan kreatifitas perancangan produksi material komposit


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Diskusi kelompok dan studi kasus.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan material berkelanjutan
Materi: Pengenalan konsep keberlanjutan material, Kriteria keberlanjutan material, Dampak lingkungan dari material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

14

Minggu ke 14

Mampu mengevaluasi alternatif material berdasarkan kriteria keberlanjutan dan dampak lingkungan.

  1. Kemampuan menganalisis keberlanjutan material
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak lingkungan dari material yang dipilih
Kriteria:

Keaktifan dan kreatifitas perancangan produksi material komposit


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan material berkelanjutan
Materi: Pengenalan konsep keberlanjutan material, Kriteria keberlanjutan material, Dampak lingkungan dari material
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis proses pembuatan material, mengevaluasi potensi peningkatan dalam aspek teknis dan ekonomis, serta mengidentifikasi solusi perbaikan yang tepat.

  1. Analisis proses pembuatan material
  2. Evaluasi potensi peningkatan teknis dan ekonomis
  3. Identifikasi solusi perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis proses pembuatan material
Materi: Proses pembuatan material, Teknik analisis proses, Evaluasi aspek teknis dan ekonomis, Identifikasi potensi peningkatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
7%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi
2 x 50 menit

8%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53.84%
3. Penilaian Portofolio 16%
4. Penilaian Praktikum 23.34%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 10 April 2025 Jam 22:02 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa