Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Seminar Proposal Tesis

12oke02020

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

1 Maret 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Eko Darminto, MSi; Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M. Si, Kons; Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.; Dr. Elisabeth Chirstiana, S.Pd., M.Pd. ; Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.,; Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.; Prof. Dr. Najlayun Naqiyah, M.Pd.; Proff. Dr. Maria Veronika Roedminingsih, M.Pd. ; Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. ; Dr. Retno Tru Hariastuti, M.Pd.;




Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah Proposal Tesis pada tingkat S2 program studi Bimbingan dan Konseling dirancang untuk memberikan landasan teoritis dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian yang berkualitas. Mata kuliah ini akan menggali berbagai aspek metodologi penelitian khususnya yang relevan dengan bidang bimbingan dan konseling.

Pustaka

Utama :

  1. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education.
  2. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
  3. Rallis, S. F., & Rossman, G. B. (2011). The Research Journey: Introduction to Inquiry. Guilford Press.
  4. Booth, A., Papaioannou, D., & Sutton, A. (2012). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage Publications.
  5. Locke, L. F., Silverman, S. J., & Spirduso, W. W. (2010). Reading and Understanding Research. Sage Publications.
  6. Shamoo, A. E., & Resnik, D. B. (2015). Responsible Conduct of Research (3rd ed.). Oxford University Press.
  7. Pfeiffer, W. S. (2010). Presenting at Conferences, Seminars and Meetings. Sage Publications.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian

Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun kajian literatur

Mahasiswa mampu menyusun kajian literatur

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes

2 x 50

15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang sesuai

Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian

Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Collaborative Learning
2 x 50

5%

16

Minggu ke 16

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Tes

2 x 50

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 26 April 2025 Jam 16:10 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa