
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Seminar Proposal Tesis |
12oke02020 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
1 Maret 2024 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Eko Darminto, MSi; Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M. Si, Kons; Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.; Dr. Elisabeth Chirstiana, S.Pd., M.Pd. ; Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.,; Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.; Prof. Dr. Najlayun Naqiyah, M.Pd.; Proff. Dr. Maria Veronika Roedminingsih, M.Pd. ; Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. ; Dr. Retno Tru Hariastuti, M.Pd.;
|
Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah Proposal Tesis pada tingkat S2 program studi Bimbingan dan Konseling dirancang untuk memberikan landasan teoritis dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian yang berkualitas. Mata kuliah ini akan menggali berbagai aspek metodologi penelitian khususnya yang relevan dengan bidang bimbingan dan konseling. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education.
- Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
- Rallis, S. F., & Rossman, G. B. (2011). The Research Journey: Introduction to Inquiry. Guilford Press.
- Booth, A., Papaioannou, D., & Sutton, A. (2012). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage Publications.
- Locke, L. F., Silverman, S. J., & Spirduso, W. W. (2010). Reading and Understanding Research. Sage Publications.
- Shamoo, A. E., & Resnik, D. B. (2015). Responsible Conduct of Research (3rd ed.). Oxford University Press.
- Pfeiffer, W. S. (2010). Presenting at Conferences, Seminars and Meetings. Sage Publications.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Mahasiswa mengindenfitikasi fenomena dan permasalahan penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang |
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang |
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun kajian literatur |
Mahasiswa mampu menyusun kajian literatur |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 x 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang sesuai |
Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang sesuai |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Mahasiswa mempresentasikan rancangan proposal penelitian |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Collaborative Learning 2 x 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Tes |
2 x 50 |
|
|
15% |