Mata Kuliah Pendidikan Kritis (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliahiniakan mempelajari pengertian, sejarah, perkembangan pemikiran serta praksis pendidikan kritis. Mahasiswa juga akan mengkaji konsep-konsep dasar, pendekatan serta metodologi yang ditawarkan oleh para teoritisi pendidikan kritis, seperti Antonio Gramsci, Paulo Freire, Henry A. Giroux, Mansour Fakih dan lainnya. Mata kuliah ini juga akan membahas tentang Paradigma Pendidikan Konservatif, Pendidikan Liberal, dan Paradigma kritis. Lebih lanjut, dalam mata kuliah ini, juga akan membahas tentang relasi Pendidikan dan Kekuasaan, Pendidikan dan Perubahan Sosial, Budaya Positivisme dalam Pendidikan, Neoliberalisme Pendidikan, Komodifikasi pendidikan, serta Politik pendidikan. Proses pembelajaran mata kuliah ini menggunakan metode presentasi, diskusi kelompok, penugasan individual dan analisis sosial.

Capaian Mata Kuliah :

    1. Memanfaatkan IT dalam menelusuri sumber informasi tentang konsep-konsep pendidikan kritis untuk menelaah masalah pendidikan dan masyarakat.

    2. Menguasai konsep-konsep pendidikan kritis dalam mengaplikasikan pada problem pendidikan dan masyarakat.

    3. Membuat keputusan yang relevan tentang konsep-konsep pendidikan kritis untuk menganalisis masalah pendidikan dan masyarakat.

    4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep-konsep pendidikan kritis yang relevan dan kontekstual.

    Sumber Rujukan :
    • TB. Mangunwijaya, 2004. Pendidikan Pemerdekaan (Catatan separuh perjalanan SDK Eksperimen Mangunan). Yogjakarta: Dinamika Edukasi Dasar-Misereor/KZE.
    • Roem Topatimasang. dkk. 2005. Pendidikan Kritis: Membangun Kesadaran Kritis. Yogjakarta: Insist.
    • Paulo Freire. 2004. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar dan Read.
    • Paulo Freire. 2004. Pendidikan Masyarakat Kota. Yogjakarta: LKIS.
    • Paulo Freire. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
    • Utomo Dananjaya. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa, Jakarta: IER Univ.
    • Paramadina.Roem Topatimasang, 2005. Sekolah itu Candu. Yogjakarta: Insist.

    © 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM