Mata Kuliah Sosiologi Kurikulum (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu menelaah teori yang terkait dengan sosiologi kurikulum dengan metode pemecahan masalah dan resitasi yang meliputi, konsep dasar dan hakikat kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, menganalisis perintis kurikulum, mendalami kurikulum dan keteraturan, menelusur kurikulum dan ketimpangan sosial, menelaah kurikulum dan ketimpangan gender, menganalisis kurikulum dan pangsa pasar kerja, mendalami prinsip dasar hidden curriculum, menelaah perkembangan kurikulum di Indonesia.

Capaian Mata Kuliah :

  1. Mampu memanfaatkan IT dalam menelaah Kurikulum Pendidikan sosiologi untuk menyelesaikan permasalahan sosiologi kurikulum
  2. Menguasai teori tentang sosiologi kurikulum secara mendalam untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan yang terkait dengan kurikulum
  3. Membuat keputusan yang strategis berdasarkan analisis dan data untuk memilih berbagai alternatif pemecahan masalah yang terkait dengan kurikulum dan masyarakat
  4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja mahasiswa yang terkait dengan kajian kurikulum dan masyarakat .
Sumber Rujukan :

  1. Apple,Michael W. 1990. Ideology and Curriculum. New York-London: Routledge.
  2. Depdiknas.2003. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan.
  3. Freire, Paulo; Ivan Illich; Erich Fromm.2009. Menggugat Pendidikan Fundamentalis, konservatif, liberal, anarkis (alih bahasa Omi Intan Naomi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Freire, Paulo. 2008. Pendidikan sebagai Proses Surat-menyurat pedagogis dengan para pendidik Guinea-bissau. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Groux,Henry dan David Purpel(ed). 1983. The Hidden Curriculum and Moral Education. California: McCutchan Publishing Corporation.
  6. Hidayat, Rakhmat.2011. Perspektif Sosiologi tentang Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.17 No.2 Maret 2011.
  7. Hidayat, Rakhmat.2011. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.
  8. Tilaar,H.A.R. 1995. Lima puluh tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945-1995: Suatu analisis kebijakan. Jakarta: Grasendo.
  9. Tilaar,H.A.R. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan: Suatu tinjauan dari perspektif studi kultural. Magelang: Indonesia Tera.
  10. Weis, Lois,et.al.2006. (ed). Ideology, Curriculum, and The New Sociology of Education (Revisiting the Work of Michael Apple). New York: Routledge.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM