•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Identification of Learning Needs and Resources

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

This course provides an understanding of the concepts, techniques and methods of identifying learning needs and resources for individuals, institutions and society, as well as their use for planning non-formal education programs in society. Lectures are carried out by providing explanations, discussions, assignments and practicums. The indicator of success in this course is that students are able to identify and map the learning needs of society according to the potential that exists in that society, then students are able to develop appropriate non-formal education programs.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai teori dan konsep mengenai identifikasi Kebutuhan Belajar dan Sumber Daya dalam program Pendidikan Non-formal secara menyeluruh dan kontekstual sebagai implementasi prinsip-prinsip pembelajaran seumur hidup yang inovatif, kreatif, dan berkualitas
  • Analisis teori dan kembangkan pengetahuan tentang Pendidikan Non-formal berdasarkan hasil analisis informasi dan data (C4).
  • Evaluasi pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan non-formal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta memiliki integritas dan karakter (C5).
  • Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dapat memahami beberapa pandangan teoretis tentang kebutuhan belajar
    • Date  3 September 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep keinginan dan konsep kebutuhan.
    • Date  10 September 2024

  • Pertemuan 3
    Beberapa pandangan dan aspek dasar identifikasi kebutuhan pembelajaran PNF.
    • Date  17 September 2024

  • Pertemuan 4
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  24 September 2024

  • Pertemuan 5
    Sumber daya belajar dan sasaran program belajar di masyarakat.
    • Date  1 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  8 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Sumber daya pembelajaran dan sasaran program pembelajaran di masyarakat
    • Date  15 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  22 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Melaksanakan langkah-langkah mengidentifikasi dan menyiapkan instrumen dasar
    • Date  29 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Teknik pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan PRA/ZOOP
    • Date  5 November 2024

  • Pertemuan 11
    Apply PNF learning needs measurement method with FGD approach
    • Date  12 November 2024

  • Pertemuan 12
    Instrumen identifikasi kebutuhan
    • Date  19 November 2024

  • Pertemuan 13
    Prosedur dasar untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran di masyarakat
    • Date  26 November 2024

  • Pertemuan 14
    Alat identifikasi pada target program pembelajaran potensial.
    • Date  3 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan tentang hasil identifikasi kebutuhan pembelajaran secara sistematis dan sesuai dengan data dan fakta di lapangan
    • Date  10 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Final exams
    • Date  17 Desember 2024

References

Lecturer

I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIDYA NUSANTARA
WIDYA NUSANTARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10