Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Study Program | : | Elementary School Teachers Education |
Establishment Date | : | 1 September 2006 |
Study Program Coordinator | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2024--2028
Semester ke 1
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (16 SKS)
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620604320
PROJECT NEEDS ANALYSIS IN VILLAGE
4.00
8620604321
IMPLEMENTATION OF PROJECT PROGRAMS IN VILLAGES
4.00
8620604322
PREPARATION OF PROJECT PROGRAM REPORTS IN THE VILLAGE
4.00
8620604323
FOLLOW-UP PLAN FOR VILLAGE PROJECT PROGRAMS
4.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602006
LITERATURE APPRECIATION
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8620602205
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8620603198
KONSEP DASAR IPA
3.00
8620602190
SCHOOL CURRICULUM FOR PRIMARY SCHOOLS
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8620603206
DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE DIMENSIONS ELEMENTARY SCHOOL
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602013
GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602202
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8620602293
LEARNING MEDIA INNOVATION IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602290
MATHEMATICAL THINKING SKILLS
2.00
8620603209
BASIC CONCEPTS ADVANCED
3.00
8620602097
INCLUSIVE EDUCATION
2.00
8620602115
PENDIDIKAN SENI MUSIK
2.00
8620603199
FINE ARTS EDUCATION AND
3.00
8620603207
DEVELOPMENT ELEMENTARY SCHOOL CIVICS TEACHING MATERIALS
3.00
8620603143
SKILLS IMPROVING INDONESIAN LANGUAGE SKILLS
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602007
LOCAL LANGUAGE
2.00
8620602213
TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING
2.00
8620603211
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8620603257
PEMBELAJARAN IPA SD
3.00
8620603208
MATHEMATICS LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620603084
CIVICS LEARNING ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620603262
DEVELOPMENT OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620602212
INNOVATIVE LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602173
STATISTICS
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
8620602201
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602298
EVALUATION AND FOLLOW-UP OF NON-TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS
2.00
1000020113
EVALUATION OF TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS
2.00
8620603300
IMPLEMENTATION OF TEACHING IN SCHOOLS
3.00
8620603297
IMPLEMENTATION OF NON-TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS
3.00
8620603299
PREPARATION OF TEACHING PROGRAM REPORTS IN SCHOOLS
3.00
1000020171
TEACHING ASSISTANCE PROGRAM PLANNING
2.00
8620602296
NON-TEACHING PROGRAM PLANNING IN SCHOOLS
2.00
8620603295
FOLLOW-UP TO TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS
3.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620604277
ANALYSIS OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP NEEDS
4.00
1000020108
EVALUATION OF THE INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM
2.00
8620604281
IMPLEMENTATION OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIPS
4.00
8620604279
PREPARATION OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM REPORTS
4.00
8620602278
INDUSTRIAL INTERNSHIP PROGRAM PLANNING
2.00
8620604280
FOLLOW-UP PLAN FOR INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM
4.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602284
TEACHING PROFESSIONAL ETHICS
2.00
8620603286
LESSON STUDY
3.00
8620602288
DIFFERENTIATED LEARNING
2.00
8620602285
DIGITAL LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602086
PEMBELAJARAN TERPADU
2.00
8620602287
ANTI-BULLYING EDUCATION
2.00
8620603283
SCHOOL PROGRAM DEVELOPMENT
3.00
MBKM0031
PLP PROGRAM EVALUATION
2.00
MBKM0032
PLP PROGRAM PLANNING
2.00
8620602289
LEARNING ASSESSMENT PRACTICES IN ELEMENTARY SCHOOLS
2.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620604301
HUMANITARIAN PROJECT NEEDS ANALYSIS
4.00
1000020118
HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM EVALUATION
2.00
8620604302
IMPLEMENTATION OF HUMANITARIAN PROJECTS
4.00
8620604303
PREPARATION OF HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM REPORTS
4.00
1000020166
HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM PLANNING
2.00
8620604304
HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM FOLLOW-UP PLAN
4.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020133
EVALUATION OF RESEARCH AND RESEARCH PROGRAMS
2.00
8620604313
ANALYZING RESEARCH DATA
4.00
8620604311
RESEARCH INSTRUMENT DEVELOPMENT
4.00
8620604312
RESEARCH DATA COLLECTION
4.00
8620604315
PREPARATION OF RESEARCH REPORTS AND PUBLICATIONS
4.00
8620602310
RESEARCH PLANNING
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620604306
ENTREPRENEURIAL NEEDS ANALYSIS
4.00
1000020128
EVALUATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAMS
2.00
8620604307
IMPLEMENTATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAM
4.00
8620604308
PREPARATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAM REPORT
4.00
1000020167
ENTREPRENEURSHIP PROGRAM PLANNING
2.00
8620604309
ENTREPRENEURSHIP PROGRAM FOLLOW-UP PLAN
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020163
COMMUNICATION SKILLS
2.00
8620603260
STEAM EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620603237
FINE ARTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
THESIS
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620604320 | PROJECT NEEDS ANALYSIS IN VILLAGE | 4.00 | |
8620604321 | IMPLEMENTATION OF PROJECT PROGRAMS IN VILLAGES | 4.00 | |
8620604322 | PREPARATION OF PROJECT PROGRAM REPORTS IN THE VILLAGE | 4.00 | |
8620604323 | FOLLOW-UP PLAN FOR VILLAGE PROJECT PROGRAMS | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602006 | LITERATURE APPRECIATION | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8620602205 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620602190 | SCHOOL CURRICULUM FOR PRIMARY SCHOOLS | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
8620603206 | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE DIMENSIONS ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602013 | GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602202 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8620602293 | LEARNING MEDIA INNOVATION IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602290 | MATHEMATICAL THINKING SKILLS | 2.00 | |
8620603209 | BASIC CONCEPTS ADVANCED | 3.00 | |
8620602097 | INCLUSIVE EDUCATION | 2.00 | |
8620602115 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 2.00 | |
8620603199 | FINE ARTS EDUCATION AND | 3.00 | |
8620603207 | DEVELOPMENT ELEMENTARY SCHOOL CIVICS TEACHING MATERIALS | 3.00 | |
8620603143 | SKILLS IMPROVING INDONESIAN LANGUAGE SKILLS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602007 | LOCAL LANGUAGE | 2.00 | |
8620602213 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 2.00 | |
8620603211 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8620603257 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
8620603208 | MATHEMATICS LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620603084 | CIVICS LEARNING ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620603262 | DEVELOPMENT OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620602212 | INNOVATIVE LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602173 | STATISTICS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
8620602201 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602298 | EVALUATION AND FOLLOW-UP OF NON-TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS | 2.00 | |
1000020113 | EVALUATION OF TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS | 2.00 | |
8620603300 | IMPLEMENTATION OF TEACHING IN SCHOOLS | 3.00 | |
8620603297 | IMPLEMENTATION OF NON-TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS | 3.00 | |
8620603299 | PREPARATION OF TEACHING PROGRAM REPORTS IN SCHOOLS | 3.00 | |
1000020171 | TEACHING ASSISTANCE PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
8620602296 | NON-TEACHING PROGRAM PLANNING IN SCHOOLS | 2.00 | |
8620603295 | FOLLOW-UP TO TEACHING PROGRAMS IN SCHOOLS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620604277 | ANALYSIS OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP NEEDS | 4.00 | |
1000020108 | EVALUATION OF THE INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM | 2.00 | |
8620604281 | IMPLEMENTATION OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIPS | 4.00 | |
8620604279 | PREPARATION OF INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM REPORTS | 4.00 | |
8620602278 | INDUSTRIAL INTERNSHIP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
8620604280 | FOLLOW-UP PLAN FOR INDUSTRIAL PRACTICAL INTERNSHIP PROGRAM | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602284 | TEACHING PROFESSIONAL ETHICS | 2.00 | |
8620603286 | LESSON STUDY | 3.00 | |
8620602288 | DIFFERENTIATED LEARNING | 2.00 | |
8620602285 | DIGITAL LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602086 | PEMBELAJARAN TERPADU | 2.00 | |
8620602287 | ANTI-BULLYING EDUCATION | 2.00 | |
8620603283 | SCHOOL PROGRAM DEVELOPMENT | 3.00 | |
MBKM0031 | PLP PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
MBKM0032 | PLP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
8620602289 | LEARNING ASSESSMENT PRACTICES IN ELEMENTARY SCHOOLS | 2.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620604301 | HUMANITARIAN PROJECT NEEDS ANALYSIS | 4.00 | |
1000020118 | HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
8620604302 | IMPLEMENTATION OF HUMANITARIAN PROJECTS | 4.00 | |
8620604303 | PREPARATION OF HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM REPORTS | 4.00 | |
1000020166 | HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
8620604304 | HUMANITARIAN PROJECT PROGRAM FOLLOW-UP PLAN | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020133 | EVALUATION OF RESEARCH AND RESEARCH PROGRAMS | 2.00 | |
8620604313 | ANALYZING RESEARCH DATA | 4.00 | |
8620604311 | RESEARCH INSTRUMENT DEVELOPMENT | 4.00 | |
8620604312 | RESEARCH DATA COLLECTION | 4.00 | |
8620604315 | PREPARATION OF RESEARCH REPORTS AND PUBLICATIONS | 4.00 | |
8620602310 | RESEARCH PLANNING | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620604306 | ENTREPRENEURIAL NEEDS ANALYSIS | 4.00 | |
1000020128 | EVALUATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAMS | 2.00 | |
8620604307 | IMPLEMENTATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAM | 4.00 | |
8620604308 | PREPARATION OF ENTREPRENEURSHIP PROGRAM REPORT | 4.00 | |
1000020167 | ENTREPRENEURSHIP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
8620604309 | ENTREPRENEURSHIP PROGRAM FOLLOW-UP PLAN | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020163 | COMMUNICATION SKILLS | 2.00 | |
8620603260 | STEAM EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620603237 | FINE ARTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Local language | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistics | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basicity Studies | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar Ipa | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Fine Arts Education and | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening And Speaking | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
English Language Development For Children | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Entrepreneurship | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Guidance in Elementary School | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Inclusive Education | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Literature Appreciation | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Civics Learning Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
School Curriculum for Primary Schools | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Steam Education in Elementary School | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Balanced Literacy | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Character building | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Development of Social Science Dimensions Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research methodology | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Mathematics Learning in Elementary School | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Skills Improving Indonesian Language Skills | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Innovative Learning Planning in Elementary School | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Science Learning Innovation Elementary School | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Development of Music Arts for Children | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Ethnomathematics Based RME in Elementary School | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Fine Arts Development for Children | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran Ipa Sd | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Learning Evaluation | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading Writing and Dictation For Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Ethnoscience in | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Learning Media Innovation in Elementary School | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Mathematical Thinking Skills | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved