Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa
| Study Program | : | Indonesian Language and Literature Education |
| Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
| Study Program Coordinator | : | RESDIANTO PERMATA RAHARJO |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan
- Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas)
- Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan
Visi
Menjadi program studi yang unggul pada bidang pendidikan dan pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif, berbasis kewirausahaan dan berdaya saing regional dan internasionalMisi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, dengan penguatan kompetensi profesional sebagai pendidik bahasa Indonesia, guru BIPA, dan pembelajaran bahasa bagi ABK
- Mengembangkan riset inovatif dan berkelanjutan di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang relevan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks multikultural dan inklusif
- Menginternalisasi jiwa kewirausahaan dan kemandirian profesional kepada mahasiswa melalui pengembangan produk inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
- Menyelenggarakan tata kelola prodi PBSI yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Memperluas jejaring kerja sama nasional dan internasional yang produktif untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain berbasis kewirausahaan pada bidang kependidikan dan nonkependidikan
Capaian Lulusan Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Bahasa Indonesia
Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian
- Guru BIPA
Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global
- Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa
Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif
- Peneliti bahasa dan sastra
Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab
- Pengusaha dalam bidang bahasa
Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh
Struktur Kurikulum Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2025
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8820102233
2.00
8820102189
BASIC EDUCATION
2.00
8820102043
PHONOLOGY
2.00
8820102055
KETERAMPILAN BERBICARA
2.00
8820102060
LISTENING SKILLS
2.00
8820102103
INTRODUCTORY LINGUISTICS
2.00
8820102141
LITERARY HISTORY
2.00
8820102165
LITERARY THEORY
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102012
APPRECIATION OF
2.00
8820102015
APPRECIATION OF
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8820102058
READING
2.00
8820102089
MORPHOLOGY
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8820102131
PSIKOLINGUISTIK
2.00
8820102154
STRATEGI PEMBELAJARAN
2.00
8820102182
TEORI BELAJAR
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102010
APPRECIATION DRAMA
2.00
8820102024
INDONESIAN FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8820102067
LITERARY CRITICISM
2.00
8820102184
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8820102235
2.00
8820102045
PSYCHOLOGY LITERATURE
2.00
8820102137
CHILDREN‘S LITERATURE
2.00
8820102143
SEMANTICS
2.00
8820103234
3.00
8820102151
STATISTICS
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102005
DISCOURSE ANALYSIS
2.00
8820102198
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8820102223
TEACHING AND LEARNING SKILLS MICRO
2.00
8820103185
SKILLS WRITING SKILLS
3.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
8820102066
INDONESIAN CORRESPONDENCE
2.00
8820103200
RESEARCH METHODS
3.00
8820102196
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8820102236
2.00
8820102112
WRITING SCIENTIFIC PAPERS
2.00
8820102186
LEARNING PLANNING
2.00
8820102149
SOSIOLINGUISTIK
2.00
8820102150
SOCIOLOGY OF LITERATURE
2.00
Semester ke 7
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 8820102233 | 2.00 | ||
| 8820102189 | BASIC EDUCATION | 2.00 | |
| 8820102043 | PHONOLOGY | 2.00 | |
| 8820102055 | KETERAMPILAN BERBICARA | 2.00 | |
| 8820102060 | LISTENING SKILLS | 2.00 | |
| 8820102103 | INTRODUCTORY LINGUISTICS | 2.00 | |
| 8820102141 | LITERARY HISTORY | 2.00 | |
| 8820102165 | LITERARY THEORY | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8820102012 | APPRECIATION OF | 2.00 | |
| 8820102015 | APPRECIATION OF | 2.00 | |
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 8820102058 | READING | 2.00 | |
| 8820102089 | MORPHOLOGY | 2.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
| 8820102131 | PSIKOLINGUISTIK | 2.00 | |
| 8820102154 | STRATEGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 8820102182 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8820102010 | APPRECIATION DRAMA | 2.00 | |
| 8820102024 | INDONESIAN FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS | 2.00 | |
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 8820102067 | LITERARY CRITICISM | 2.00 | |
| 8820102184 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
| 8820102235 | 2.00 | ||
| 8820102045 | PSYCHOLOGY LITERATURE | 2.00 | |
| 8820102137 | CHILDREN‘S LITERATURE | 2.00 | |
| 8820102143 | SEMANTICS | 2.00 | |
| 8820103234 | 3.00 | ||
| 8820102151 | STATISTICS | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8820102005 | DISCOURSE ANALYSIS | 2.00 | |
| 8820102198 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
| 8820102223 | TEACHING AND LEARNING SKILLS MICRO | 2.00 | |
| 8820103185 | SKILLS WRITING SKILLS | 3.00 | |
| 1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
| 8820102066 | INDONESIAN CORRESPONDENCE | 2.00 | |
| 8820103200 | RESEARCH METHODS | 3.00 | |
| 8820102196 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
| 8820102236 | 2.00 | ||
| 8820102112 | WRITING SCIENTIFIC PAPERS | 2.00 | |
| 8820102186 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
| 8820102149 | SOSIOLINGUISTIK | 2.00 | |
| 8820102150 | SOCIOLOGY OF LITERATURE | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA dilakukan dengan tujuan untuk menilai efektivitas kurikulum yang ada, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, alumni, dan dunia industri. Proses evaluasi dilakukan melalui audit kurikulum dan pembelajaran, pengumpulan data dari berbagai sumber, antara lain survei kepada mahasiswa, wawancara dengan dosen, serta tracer study alumni. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menemukan kelebihan dan kekurangan kurikulum yang diterapkan.
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai dengan audit kurikulum, pengumpulan data dari mahasiswa, dosen, dan alumni. Audit kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mengetahui kualitas kurikulum dan pembaruan matakuliah, RPS, referensi, serta keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memberikan umpan balik terkait relevansi materi, metode pengajaran, dan pengembangan keterampilan yang diperoleh. Dosen diminta untuk mengevaluasi kesesuaian kurikulum dengan standar pengajaran dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Tracer study alumni berfokus pada relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh alumni setelah lulus. Selain itu, diskusi dengan praktisi di bidang bahasa dan sastra juga dilakukan untuk mendapatkan masukan terkait perkembangan terkini yang perlu diintegrasikan dalam kurikulum. Hasil evaluasi kemudian disusun dalam bentuk laporan yang berisi temuan dan rekomendasi perbaikan.
Hasil tracer study, ditemukan beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kurikulum, antara lain alumni menyarankan agar kurikulum dapat mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang lebih aplikatif di dunia kerja, seperti penulisan kreatif, komunikasi profesional, dan penggunaan teknologi dalam pendidikan. Dunia industri menginginkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan industri. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan lebih banyak pelatihan terkait kewirausahaan dan keterampilan yang dapat diterapkan langsung di lapangan. Alumni mengharapkan kurikulum lebih mengakomodasi pembelajaran mengenai sastra daerah dan budaya lokal untuk memberikan wawasan yang lebih kaya mengenai keberagaman budaya Indonesia.
Rekap PLO Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO10 | PLO11 | |||
| Children‘s Literature | 2 | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 15.38% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 7.69% | 99.97 % |
| Psikolinguistik | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||
| Sociology of Literature | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||
| Semantics | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
| Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Sosiolinguistik | 2 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
| Syntax | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Syntax | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| English | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Basic Education | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
| Appreciation of | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Introductory Linguistics | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Instructional Media | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Innovative Learning Prose I | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
| Evaluation of Learning and Learning | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Teaching and Learning Skills Micro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Bipa Learning Basic | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Appreciation of | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Listening Skills | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||
| Literary History | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Keterampilan Berbicara | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Micro Teaching | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Philology Research | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Literary Criticism | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Learning Supervision | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Assessment of Learning Processes and Outcomes | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||
| Reading | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Appreciation Drama | 2 | 13.64% | 18.18% | 36.36% | 31.82% | 100 % | ||||||
| Skills Writing Skills | 4 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Phonology | 2 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | ||||||
| Morphology | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Literary Theory | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Teori Belajar | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Learning Planning | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| School Curriculum | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Writing Scientific Papers | 4 | 20% | 40% | 33.33% | 6.67% | 100 % | ||||||
| Correspondence | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
| Editing | 4 | 100% | 100 % | |||||||||
| Journalistic Writing | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Development of Teaching Materials | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
| Research methods | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
| Advanced Bipa Learning | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| Creative Writing | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Philosophy of Science | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Oral Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Indonesian Language | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||
| Indonesian | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||
| Teaching Skills and Microlearning | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Idioms Anthropology Literature | 2 | 18.75% | 25% | 43.75% | 12.5% | 100 % | ||||||
| Graphology | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Discourse Analysis | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Jurnalistik | 2 | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Introduction to Philology | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Sanskrit | 3 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
| Citizenship | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Psychology Literature | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Correspondence | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Pragmatics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Indonesian Correspondence | 2 | 11.76% | 17.65% | 29.41% | 41.18% | 100 % | ||||||
| BSI Learning Strategies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Creative Writing | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Proposal Seminar | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | |
| Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Skills Writing Skills | 2 | 25% | 25% | 8.33% | 25% | 16.67% | 100 % | |||||
| Literature Appreciation | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Strategi Belajar Mengajar | 2 | 13.33% | 6.67% | 46.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
| Digital Literature | 2 | 78.57% | 21.43% | 100 % | ||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis.
- Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera;
- Filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk- produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif.
- Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
