•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa

 
Study Program  :  Indonesian Language and Literature Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan.


Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan pendidik profesional di bidangnya bidang bahasa dan sastra Indonesia 
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan publikasi ilmiah di bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia 
  3.  Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional untuk mengimplementasikan ilmu di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan; 
  2. Menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan; 
  3. Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan; 
  4. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas); 
  5. Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; 
  6. Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan.

Capaian Lulusan Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Advanced Bipa LearningAppreciation DramaAssessment Of Learning Processes And OutcomesBsi Learning StrategiesCorrespondenceIndonesian LanguageJournalistic WritingLiterary TheoryLiteratureMorphologyPengenalan Lapangan PersekolahanProposal SeminarPsychology LiteratureResearch MethodsSanskritSkills Writing SkillsSosiolinguistikTeaching And Learning Skills MicroWriting Scientific Papers1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Assessment Of Learning Processes And OutcomesBsi Learning StrategiesCreative WritingDiscourse AnalysisEditingIndonesian LanguageJournalistic WritingLearning SupervisionPragmaticsProposal SeminarResearch MethodsSanskritSkills Writing SkillsSosiolinguistikStrategi Belajar MengajarWriting Scientific Papers50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Assessment Of Learning Processes And OutcomesBahasa ArabJournalistic WritingPragmaticsProposal SeminarSkills Writing SkillsWriting Scientific Papers50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila
Bipa Learning BasicChildren‘s LiteratureCitizenshipDevelopment Of Teaching MaterialsIndonesianIndonesian LanguageInnovative Learning Prose IIntroductory LinguisticsKeterampilan BerbicaraLiterary HistoryMicro TeachingPhilosophy Of ScienceProposal SeminarSemanticsSociology Of LiteratureTeaching And Learning Skills MicroTeaching Skills And MicrolearningTeori Belajar1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-6 Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi
Appreciation DramaAssessment Of Learning Processes And OutcomesBahasa ArabGraphologyLearning PlanningPhilology ResearchProposal Seminar1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
Assessment Of Learning Processes And OutcomesCorrespondenceEditingIndonesian LanguageInstructional MediaLiterary TheoryMetodologi Penelitian PendidikanMorphologyPhonologyPragmaticsProposal SeminarPsikolinguistikSkills Writing SkillsSyntax50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Dibebankan pada matakuliah:
Appreciation DramaAppreciation OfAssessment Of Learning Processes And OutcomesBasic EducationCorrespondenceCreative WritingDevelopment Of Teaching MaterialsDiscourse AnalysisEditingEnglishEvaluation Of Learning And LearningIndonesianIndonesian LanguageLearning SupervisionLiterary HistoryLiteratureMetodologi Penelitian PendidikanMicro TeachingMorphologyPengenalan Lapangan PersekolahanPhilology ResearchPhilosophy Of SciencePhonologyPragmaticsProposal SeminarPsikolinguistikPsychology LiteratureReadingSanskritSchool CurriculumSemanticsSkills Writing SkillsSociology Of LiteratureSosiolinguistikStrategi Belajar MengajarSyntaxTeaching And Learning Skills MicroTeaching Skills And MicrolearningTeori BelajarWriting Scientific Papers1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
Assessment Of Learning Processes And OutcomesBasic EducationBsi Learning StrategiesEvaluation Of Learning And LearningIndonesian LanguageInstructional MediaMetodologi Penelitian PendidikanProposal SeminarResearch MethodsStrategi Belajar Mengajar50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-11 Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah
Dibebankan pada matakuliah:
Children‘s LiteratureEnglishGraphologyIndonesianIntroductory LinguisticsListening SkillsMorphologyPengenalan Lapangan PersekolahanPhilology ResearchReadingSanskritSemanticsSkills Writing SkillsSociology Of LiteratureTeori Belajar1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Occupational Profiles Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Bahasa Indonesia

    Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian

  • Guru BIPA

    Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global

  • Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa

    Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif

  • Peneliti bahasa dan sastra

    Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab

  • Pengusaha dalam bidang bahasa

    Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh


Struktur Kurikulum Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 PBSI 2016

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002018 PANCASILA EDUCATION 2.00
8820102060 LISTENING SKILLS 2.00
8820102023 LOCAL LANGUAGE 2.00
8820102102 INTRODUCTION TO PHILOLOGY 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8820104124 PLANNING TEACHING BSI 4.00
8820102173 PHYSICAL EDUCATION AND SPORTS EMPLOYEES 2.00
8820104123 LEARNING PLANNING BSI 4.00
1000002176 ENTREPRENEURSHIP 2.00
8820102153 STYLISTICS BASIC READING 2.00
8820104007 ANALYSIS AND PRAGMATICS 4.00
8820102009 COMPUTER APPLICATIONS 2.00
8820102103 INTRODUCTORY LINGUISTICS 2.00
8820102141 LITERARY HISTORY 2.00
8820102055 KETERAMPILAN BERBICARA 2.00
1000002177 ENGLISH 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102122 DIRECTING AND STAGING 2.00
8820102012 APPRECIATION OF 2.00
8820102058 READING 2.00
1000002010 BASIC NATURAL SCIENCES 2.00
8820103163 TEORI BELAJAR 3.00
8820104166 LITERARY THEORY 4.00
1000002033 CITIZENSHIP 2.00
8820102043 PHONOLOGY 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00
8820102151 STATISTICS 2.00
8820102154 STRATEGI PEMBELAJARAN 2.00
8820102015 APPRECIATION OF 2.00
8820103033 SANSKRIT 3.00
8820103030 OLD JAVANESE 3.00
8820103162 SCHOOL CURRICULUM REVIEW 3.00
8820104090 MORPHOLOGY 4.00
8820102112 WRITING SCIENTIFIC PAPERS 2.00
8820103018 BAHASA ARAB 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820103087 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 3.00
8820102010 APPRECIATION DRAMA 2.00
8820102024 INDONESIAN FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS 2.00
8820102079 INSTRUCTIONAL MEDIA 2.00
8820104147 SYNTAX 4.00
8820103091 INNOVATIVE LEARNING PROSE I 3.00
8820103017 ASSESSMENT OF LEARNING PROCESSES AND OUTCOMES 3.00
8820104059 SKILLS WRITING SKILLS 4.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102065 CORRESPONDENCE 2.00
8820102137 CHILDREN‘S LITERATURE 2.00
8820102047 JURNALISTIK 2.00
8820102139 ORAL LITERATURE 2.00
8820102005 DISCOURSE ANALYSIS 2.00
8820103107 DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS 3.00
8820102025 INDONESIAN FOR FOREIGN SPEAKERS 2.00
8820102115 PROSE WRITING PHILOSOPHY 2.00
8820102067 LITERARY CRITICISM 2.00
8820102131 PSIKOLINGUISTIK 2.00
8820102143 SEMANTICS 2.00
8820103092 INNOVATIVE LEARNING II 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102174 MICRO TEACHING 2.00
8820102084 RESEARCH METHODOLOGY LANGUAGE 2.00
8820102104 STYLISTICS FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS ADVANCED LEVEL 2.00
8820102088 LITERATURE RESEARCH METHODOLOGY 2.00
8820102119 LANGUAGE EDITING 2.00
8820102149 SOSIOLINGUISTIK 2.00
8820104111 WRITING AND PERFORMING 4.00
8820103130 LEARNING MANAGEMENT PROGRAMS 3.00
8820102150 SOCIOLOGY OF LITERATURE 2.00
8820104106 DEVELOPMENT INDONESIAN LANGUAGE TEXTBOOK 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102138 COMPARATIVE LITERATURE 2.00
8820102052 PUBLIC RELATIONS 2.00
8820102096 LANGUAGE ACQUISITION 2.00
8820102036 ECRANIZATION 2.00
8820102132 LITERATURE 2.00
8820102008 IDIOMS ANTHROPOLOGY LITERATURE 2.00
8820102053 CITIZENSHIP 2.00
8820102044 GRAPHOLOGY 2.00
8820103172 COMMUNITY SERVICE PROGRAM 3.00
8820103179 INTRODUCTION TO THE SCHOOLING FIELD II 3.00
8820106148 THESIS 6.00
8820102158 LEARNING SUPERVISION 2.00
8820102110 WRITING AND READING 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102072 LEXICOGRAPHY INTRODUCTION TO 2.00
8820102134 LANGUAGE STUDIO DISCOURSE 2.00
8820102146 SEMIOTICS 2.00
8820102136 LITERATURE STUDIO FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dan tracer study di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan setiap tahun sekali. Evaluasi kurikulum pada tingkat Prodi dilakukan oleh tim kurikulum prodi. Evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum fakultas. Adapun evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum universitas.

Rekap PLO Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO10PLO11
Children‘s Literature 2 50% 50% 100 %
Psikolinguistik 2 50% 50% 100 %
Sociology of Literature 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Semantics 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Literature 2 50% 50% 100 %
Sosiolinguistik 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Syntax 4 50% 50% 100 %
Syntax 2 50% 50% 100 %
English 2 50% 50% 100 %
Basic Education 2 66.67% 33.33% 100 %
Appreciation of 2 100% 100 %
Introductory Linguistics 2 50% 50% 100 %
Instructional Media 2 50% 50% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Innovative Learning Prose I 3 100% 100 %
Evaluation of Learning and Learning 2 50% 50% 100 %
Teaching and Learning Skills Micro 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bipa Learning Basic 2 100% 100 %
Appreciation of 2 100% 100 %
Listening Skills 2 100% 100 %
Literary History 2 50% 50% 100 %
Keterampilan Berbicara 2 100% 100 %
Micro Teaching 2 50% 50% 100 %
Philology Research 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Learning Supervision 2 50% 50% 100 %
Assessment of Learning Processes and Outcomes 3 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Reading 2 50% 50% 100 %
Appreciation Drama 2 40% 40% 20% 100 %
Skills Writing Skills 4 50% 50% 100 %
Phonology 2 50% 50% 100 %
Morphology 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Literary Theory 2 50% 50% 100 %
Teori Belajar 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Learning Planning 2 100% 100 %
School Curriculum 2 100% 100 %
Writing Scientific Papers 4 20% 40% 33.33% 6.67% 100 %
Correspondence 4 50% 50% 100 %
Editing 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Journalistic Writing 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Development of Teaching Materials 2 50% 50% 100 %
Research methods 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Advanced Bipa Learning 2 100% 100 %
Creative Writing 4 50% 50% 100 %
Philosophy of Science 2 50% 50% 100 %
Indonesian Language 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Indonesian 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Teaching Skills and Microlearning 2 50% 50% 100 %
Bahasa Arab 3 50% 50% 100 %
Graphology 2 50% 50% 100 %
Discourse Analysis 2 50% 50% 100 %
Sanskrit 3 11.11% 22.22% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Citizenship 2 100% 100 %
Psychology Literature 2 50% 50% 100 %
Correspondence 2 50% 50% 100 %
Pragmatics 2 21.43% 28.57% 14.29% 35.71% 100 %
BSI Learning Strategies 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Proposal Seminar 2 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 99.99 %
Pengenalan Lapangan Persekolahan 4 25% 25% 25% 25% 100 %
Skills Writing Skills 2 25% 25% 8.33% 25% 16.67% 100 %
Strategi Belajar Mengajar 2 9.09% 45.45% 45.45% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis. 1. Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera; (2) filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk-produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif. 2. Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 3. Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 4. Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.