Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi Unesa
| Study Program | : | |
| Establishment Date | : | 5 Juni 2012 |
| Study Program Coordinator | : | BAMBANG SUJATMIKO |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Pada tahun 2025 menjadi program studi pendidikan teknologi informasi bertaraf nasional yang unggul, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang Mutimedia, Teknik Komputer Jaringan, serta Rekayasa Perangkat Lunak berorientasi Kewirausahaan.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang unggul, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas unggul, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di dalam bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- Menyelenggarakan kolaborasi tridharma dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berorientasi kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan pendidikan yang unggul, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menghasilkan penelitian dan meningkatkan kualitas unggul, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di dalam bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di dalam bidang multimedia, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak berorientasi kewirausahaan;Mewujudkan kerjasama dengan sekolah dan DU/DI, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).
- Mewujudkan kolaborasi tridharma dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berorientasi kewirausahaan.
Nilai_dasar
Nilai dasar dari sebuah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) adalah prinsip-prinsip fundamental yang menjadi landasan filosofis, etis, dan pedagogis dalam penyelenggaraan program, pembentukan kurikulum, proses pembelajaran, serta pembentukan karakter dan kompetensi lulusannya. Nilai-nilai ini mencerminkan identitas dan tujuan utama program studi tersebut. Berikut adalah nilai-nilai dasar yang umumnya dipegang oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi: 1. Profesionalisme dan Kompetensi (Professionalism & Competence), 2. Inovasi dan Kreativitas (Innovation & Creativity), 3. Integritas dan Etika (Integrity & Ethics), 4. Relevansi dan Adaptabilitas (Relevance & Adaptability), 5. Pengabdian kepada Masyarakat (Community Engagement/Service), 6. Pembelajar Sepanjang Hayat (Lifelong Learning); dan 7. Kolaborasi dan Komunikasi (Collaboration & Communication).Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
| PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
| PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
| PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
| PLO-5 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-6 | Mampu mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dan mampu menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-7 | Menguasai konsep, model pembelajaran inovatif, dan program pengajaran di bidang teknologi informasi yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-8 | Menguasai konsep dan implementasi dalam mengembangkan rekayasa perangkat lunak, permainan, multimedia cerdas, dan teknik komputer jaringan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-9 | Menguasai konsep etika profesi guru dan etika profesi di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
| PLO-10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, menjunjung tinggi etika profesi, dan bersikap jujur dalam menjalankan tanggung jawab profesinya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-11 | Memiliki karakter adaptif, berjiwa wirausaha, dan mampu bekerja dalam tim.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-12 | Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dan informatika ke dalam penelitian di bidang pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-13 | Mampu mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif dengan menggunakan strategi berbasis desain ilmiah untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan TIK.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-14 | Mampu mengembangkan program pengajaran di bidang teknologi informasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Guru Pendidikan Teknologi Informasi
Memiliki kompetensi di bidang pembelajaran dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang relevan dengan kebutuhan pasar pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam program keahlian Teknik Komputer Jaringan, multimedia cerdas dan Rekayasa Perangkat Lunak.
- Programmer Bidang Ilmu Komputer
Memiliki kompetensi dalam pengembangan modul-modul dan produk pembelajaran berbasis IT, aplikasi, tools berbasis android/web atau desktop untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di era Revolusi Industri.
- Wirausahawan (edu-media preneur)
Memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis TI untuk menunjang kemampuan untuk berwirausaha dibidang sistem dan aplikasi berbasis android/web maupun desktop serta dipergunakan untuk mendukung program-program pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terkini.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PTI 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320703060
PROGRAMMING
3.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
1000002048
DASAR DASAR KEPENDIDIKAN
2.00
8320702046
MATHEMATICS I
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
8320702111
TEORI BELAJAR
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
8320703012
DATABASE
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320702115
ELEARNING
2.00
8320703059
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING
3.00
8320702117
LEARNING PLANNING
2.00
8320702113
OPERATING SYSTEM
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8320702116
SCHOOL CURRICULUM
2.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8320702006
COMPUTER ARCHITECTURE AND ORGANIZATION
2.00
Semester ke 3
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320703062
PEMROGRAMAN MOBILE
3.00
8320703063
VISUAL PROGRAMMING
3.00
8320702124
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8320702122
STRUKTUR DATA
2.00
8320702021
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
2.00
8320703048
DISCRETE MATHEMATICS
3.00
8320702121
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8320702123
COMPUTER GRAPHICS
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320702090
STATISTICS
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320703065
PEMROGRAMAN WEB
3.00
8320703085
SOFTWARE ENGINEERING
3.00
8320702011
ADVANCED ENGLISH
2.00
8320703024
COMPUTER NETWORK
3.00
8320703031
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
3.00
8320703155
TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING
3.00
8320702118
ENGINEERING
2.00
8320703120
ANALYSIS AND DESIGN OF
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320702069
VOCATIONAL EDUCATION
2.00
8320702149
MKKB REPORTING INTERNSHIP RESULTS
3.00
MBKM0052
PROGRAM PLANNING INTERNSHIP
2.00
8320702147
MKKB OPERATIONAL MANAGEMENT
4.00
8320703154
MKKB INTERNSHIP RESULTS SEMINAR
3.00
8320704148
MKKB IMPLEMENTATION OF INTERNSHIPS
3.00
MBKM0051
PROGRAM EVALUATION INTERNSHIP
2.00
8320704153
MKKB ENTREPRENEURSHIP IN INFORMATION TECHNOLOGY EDUCATION
3.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320704160
PLP TEACHING PRACTICE AND ASSESSMENT
4.00
8320703156
PLP CURRICULUM ANALYSIS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL
3.00
MBKM0031
PLP PROGRAM EVALUATION
2.00
8320703158
PLP DEVELOPMENT OF IT-BASED LEARNING MEDIA
3.00
8320703159
PLP DEVELOPMENT OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL TEACHING MODULES
3.00
8320703157
PLP DEVELOPMENT OF INNOVATIVE LEARNING PLANS
3.00
MBKM0032
PLP PROGRAM PLANNING
2.00
8320703054
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320703040
MANAJEMEN PROYEK
3.00
8320703057
DATABASE PROGRAMMING
3.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
8320703088
INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM
3.00
8320703098
VERIFICATION AND VALIDATION
3.00
8320703015
DATA MINING
3.00
8320703026
ADVANCED COMPUTER NETWORKS
3.00
8320703030
COMPUTER NETWORK SECURITY
3.00
8320703027
WIRELESS NETWORK
3.00
8320703033
CLOUD COMPUTING
3.00
8320703034
MOBILE COMPUTING
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
THESIS
4.00
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320703060 | PROGRAMMING | 3.00 | |
| 1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 1000002048 | DASAR DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8320702046 | MATHEMATICS I | 2.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 8320702111 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
| 1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
| 8320703012 | DATABASE | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320702115 | ELEARNING | 2.00 | |
| 8320703059 | OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING | 3.00 | |
| 8320702117 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
| 8320702113 | OPERATING SYSTEM | 2.00 | |
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 8320702116 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
| 1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 8320702006 | COMPUTER ARCHITECTURE AND ORGANIZATION | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320703062 | PEMROGRAMAN MOBILE | 3.00 | |
| 8320703063 | VISUAL PROGRAMMING | 3.00 | |
| 8320702124 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
| 8320702122 | STRUKTUR DATA | 2.00 | |
| 8320702021 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2.00 | |
| 8320703048 | DISCRETE MATHEMATICS | 3.00 | |
| 8320702121 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
| 8320702123 | COMPUTER GRAPHICS | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320702090 | STATISTICS | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320703065 | PEMROGRAMAN WEB | 3.00 | |
| 8320703085 | SOFTWARE ENGINEERING | 3.00 | |
| 8320702011 | ADVANCED ENGLISH | 2.00 | |
| 8320703024 | COMPUTER NETWORK | 3.00 | |
| 8320703031 | ARTIFICIAL INTELLIGENCE | 3.00 | |
| 8320703155 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 3.00 | |
| 8320702118 | ENGINEERING | 2.00 | |
| 8320703120 | ANALYSIS AND DESIGN OF | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320702069 | VOCATIONAL EDUCATION | 2.00 | |
| 8320702149 | MKKB REPORTING INTERNSHIP RESULTS | 3.00 | |
| MBKM0052 | PROGRAM PLANNING INTERNSHIP | 2.00 | |
| 8320702147 | MKKB OPERATIONAL MANAGEMENT | 4.00 | |
| 8320703154 | MKKB INTERNSHIP RESULTS SEMINAR | 3.00 | |
| 8320704148 | MKKB IMPLEMENTATION OF INTERNSHIPS | 3.00 | |
| MBKM0051 | PROGRAM EVALUATION INTERNSHIP | 2.00 | |
| 8320704153 | MKKB ENTREPRENEURSHIP IN INFORMATION TECHNOLOGY EDUCATION | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320704160 | PLP TEACHING PRACTICE AND ASSESSMENT | 4.00 | |
| 8320703156 | PLP CURRICULUM ANALYSIS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL | 3.00 | |
| MBKM0031 | PLP PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
| 8320703158 | PLP DEVELOPMENT OF IT-BASED LEARNING MEDIA | 3.00 | |
| 8320703159 | PLP DEVELOPMENT OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL TEACHING MODULES | 3.00 | |
| 8320703157 | PLP DEVELOPMENT OF INNOVATIVE LEARNING PLANS | 3.00 | |
| MBKM0032 | PLP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
| 8320703054 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8320703040 | MANAJEMEN PROYEK | 3.00 | |
| 8320703057 | DATABASE PROGRAMMING | 3.00 | |
| 1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 | |
| 8320703088 | INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM | 3.00 | |
| 8320703098 | VERIFICATION AND VALIDATION | 3.00 | |
| 8320703015 | DATA MINING | 3.00 | |
| 8320703026 | ADVANCED COMPUTER NETWORKS | 3.00 | |
| 8320703030 | COMPUTER NETWORK SECURITY | 3.00 | |
| 8320703027 | WIRELESS NETWORK | 3.00 | |
| 8320703033 | CLOUD COMPUTING | 3.00 | |
| 8320703034 | MOBILE COMPUTING | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000004105 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi sebesar 99,40% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 99,38%, PLO 2 sebesar 100%, PLO 3 sebesar 98,50%, PLO 4 sebesar 99,02%, PLO 5 sebesar 99,49% dan PLO 6 sebesar 100%.
- Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa dari 19 lulusan yang ada diantaranya 15 alumni sudah mendapatkan pekerjaan, 2 berwiraswasta, dan sisanya tidak bekerja. Hasil itu menjadi ketercapaian IKU 1 (89,5%). Namun sayangnya dari 15 alumni yang sudah bekerja, yang menjadi guru hanya 4 alumni dan sisanya ada yang menjadi programer, teknisi, pegawai, dan lain-lain.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | |||
| Basic Education | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||||||
| Manajemen Proyek | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Computer Network Security | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Computer network | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Database Programming | 3 | 35.71% | 35.71% | 28.57% | 99.99 % | |||||||||||
| Analysis and Design of | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Learning Planning | 2 | 29.41% | 11.76% | 29.41% | 29.41% | 99.99 % | ||||||||||
| Wireless Network | 3 | 62.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||||||
| Artificial intelligence | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
| Advanced Computer Networks | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Research methodology | 3 | 42.86% | 57.14% | 100 % | ||||||||||||
| Software engineering | 3 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||||
| Object-Oriented Programming | 3 | 38.46% | 46.15% | 15.38% | 99.99 % | |||||||||||
| Interaksi Manusia dan Komputer | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
| Database | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Programming | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | |||||||||||
| Discrete Mathematics | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Visual Programming | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Pemrograman Web | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Advanced English | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Mobile Computing | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Cloud Computing | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
| Data Mining | 3 | 80% | 20% | 100 % | ||||||||||||
| Verification and Validation | 3 | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||
| Information Retrieval System | 3 | 33.33% | 33.33% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||||
| English | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Vocational Education | 2 | 44.44% | 55.56% | 100 % | ||||||||||||
| Pemrograman Mobile | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
| Struktur Data | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
| Operating system | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Teori Belajar | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||||
| School Curriculum | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| ELearning | 2 | 30% | 30% | 40% | 100 % | |||||||||||
| Engineering | 2 | 23.08% | 23.08% | 38.46% | 15.38% | 100 % | ||||||||||
| Teaching Skills and Microlearning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
| Development of Teaching Materials | 2 | 6.67% | 35.56% | 8.89% | 44.44% | 4.44% | 100 % | |||||||||
| Evaluation of Learning and Learning | 2 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||||||
| Computer Graphics | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Statistics | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
| Computer Architecture and Organization | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
| Microteaching | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
| Learning Evaluation | 3 | 58.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||||||
| Matematika 1 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Aljabar Linier dan Matrik | 2 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
| Multimedia | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Object Base Programming | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Artificial intelligence | 3 | 4% | 38% | 28% | 30% | 100 % | ||||||||||
| Mathematics I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Analysis and Design of | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
| Teaching Skills and Microlearning | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
