Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 17 Juli 2023 |
Study Program Coordinator | : | DELIA INDRAWATI |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Tahun 2035 terwujud Keilmuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendidikan futuristik yang berorientasi kepada Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Digital dan EdupreunerMisi
- Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Menyelenggarakan pendidikan enterpreuner teacher dengan pembelajaran inovatif kreatif berbasis digital dan edupreuner
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Mengahsilkan calon pendidik yang inovatif dan kreatif berbasis digital dan edupreuner
Nilai_dasar
- Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan
- Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga)
- Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi
- Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ke-SD an, baik dalam hal merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian
- Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis pendidikan guru sekolah dasar, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Praktisi/Konsultan Pendidikan
Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina kegiatan ekstra kurikuler, memiliki sikap tanggung jawab dan memahami etika profesi dengan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur di bidang pendidikan dasar yang mampu secara inovatif dan berkelanjutan mengembangkan produk, layanan, atau solusi pembelajaran berbasis potensi lokal dan teknologi, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21 di jenjang sekolah dasar.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PGSD (Kampus Magetan) 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002177
ENGLISH
2.00
8624302002
NUMBERS AND DATA PROCESSING
2.00
1000002048
DASAR DASAR KEPENDIDIKAN
2.00
8624302001
LANGUAGE STUDIES
2.00
8624303006
BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE ELEMENTARY SCHOOL
3.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8624302052
CHARACTER BUILDING
2.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624302009
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2.00
8624302015
LITERATURE APPRECIATION
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8624303010
KONSEP DASAR IPA
3.00
8624302014
SCHOOL CURRICULUM FOR PRIMARY SCHOOLS
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8624303011
DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE DIMENSIONS ELEMENTARY SCHOOL
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624302013
GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8624302024
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8624302054
INNOVATION IN MEDIA AND TEACHING MATERIALS IN ELEMENTARY SCHOOLS
2.00
8624303017
BASIC CONCEPTS ADVANCED
3.00
8624302004
BASIC CONCEPTS OF CIVICS ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8624302005
INCLUSIVE EDUCATION
2.00
8624303025
PENDIDIKAN SENI MUSIK
3.00
8624303027
FINE ARTS EDUCATION AND
3.00
8624302022
INNOVATIVE LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8624302053
ABACUS AND FINGER MATHEMATIC
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624302020
LOCAL LANGUAGE
2.00
8624304032
TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING
2.00
8624303030
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8624303043
PEMBELAJARAN IPA SD
3.00
8624303026
MATHEMATICS LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8624303039
CIVICS LEARNING ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8624303037
DEVELOPMENT OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624303042
ETHNOSCIENCE IN
3.00
8624303040
SOCIAL SCIENCE LEARNING INNOVATION IN ELEMENTARY SCHOOL CIVICS
3.00
8624303036
DEVELOPMENT OF DRAMATIC ARTS FOR CHILDREN
3.00
8624303044
SCHOOL LISTENING AND SPEAKING FOR SPEAKING FOR PRIMARY SCHOOL
3.00
8624303041
BALANCED LITERACY
3.00
8624302049
LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8624303046
STEAM EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8624303038
DEVELOPMENT OF SPORTS GAMES FOR ELEMENTARY
3.00
8624303033
DEVELOPMENT OF MUSIC ARTS FOR CHILDREN
3.00
8624303035
FINE ARTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN
3.00
8624303034
DEVELOPMENT OF DANCE ARTS FOR CHILDREN
3.00
8624303045
READING WRITING AND DICTATION FOR PRIMARY SCHOOL
3.00
8624303047
ETHNOMATHEMATICS BASED RME IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
PLP ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
1000002049
PLP MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002054
PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624306050
THESIS
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8624302002 | NUMBERS AND DATA PROCESSING | 2.00 | |
1000002048 | DASAR DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8624302001 | LANGUAGE STUDIES | 2.00 | |
8624303006 | BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8624302052 | CHARACTER BUILDING | 2.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302009 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
8624302015 | LITERATURE APPRECIATION | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8624303010 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8624302014 | SCHOOL CURRICULUM FOR PRIMARY SCHOOLS | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
8624303011 | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE DIMENSIONS ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302013 | GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302024 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8624302054 | INNOVATION IN MEDIA AND TEACHING MATERIALS IN ELEMENTARY SCHOOLS | 2.00 | |
8624303017 | BASIC CONCEPTS ADVANCED | 3.00 | |
8624302004 | BASIC CONCEPTS OF CIVICS ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302005 | INCLUSIVE EDUCATION | 2.00 | |
8624303025 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 3.00 | |
8624303027 | FINE ARTS EDUCATION AND | 3.00 | |
8624302022 | INNOVATIVE LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302053 | ABACUS AND FINGER MATHEMATIC | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302020 | LOCAL LANGUAGE | 2.00 | |
8624304032 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 2.00 | |
8624303030 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8624303043 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
8624303026 | MATHEMATICS LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303039 | CIVICS LEARNING ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303037 | DEVELOPMENT OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624303042 | ETHNOSCIENCE IN | 3.00 | |
8624303040 | SOCIAL SCIENCE LEARNING INNOVATION IN ELEMENTARY SCHOOL CIVICS | 3.00 | |
8624303036 | DEVELOPMENT OF DRAMATIC ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303044 | SCHOOL LISTENING AND SPEAKING FOR SPEAKING FOR PRIMARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303041 | BALANCED LITERACY | 3.00 | |
8624302049 | LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624303046 | STEAM EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303038 | DEVELOPMENT OF SPORTS GAMES FOR ELEMENTARY | 3.00 | |
8624303033 | DEVELOPMENT OF MUSIC ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303035 | FINE ARTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303034 | DEVELOPMENT OF DANCE ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303045 | READING WRITING AND DICTATION FOR PRIMARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303047 | ETHNOMATHEMATICS BASED RME IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624306050 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 PGSD Kampus Unesa 5
Analisis SWOT
Analisis SWOT berikut menggambarkan kondisi aktual kurikulum PGSD Kampus Unesa 5 setelah dilakukan proses sanctioning kurikulum bersama narasumber dari HDPGSDI. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat menjadi dasar perencanaan pengembangan kurikulum ke depan.
Aspek | Uraian |
---|---|
Strengths (Kekuatan) | - Visi keilmuan telah mengarah pada masa depan, mencakup pembelajaran inovatif, digital, dan berbasis edupreuner. - Kurikulum sudah memuat semangat MBKM dan pendekatan OBE. - Adanya komitmen pengembangan dari dosen-dosen yang aktif dan terbuka terhadap masukan. - Telah dilakukan forum review kurikulum dengan narasumber ahli dari HDPGSDI. |
Weaknesses (Kelemahan) | - Profil lulusan belum dirumuskan secara eksplisit dan terukur. - Strategi pencapaian visi dan misi belum dituangkan secara sistematis dalam dokumen kurikulum. - Deskripsi nilai dasar kurang representatif dan belum berbasis kata kunci utama. - CPL dan PL belum sepenuhnya mengacu pada dokumen HDPGSDI serta belum menyertakan ciri khas institusi. - CPMK dan sub-CPMK belum tersedia. - Belum dilakukan pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaian pembelajaran. - Lesson Study masih dijadikan mata kuliah, bukan sebagai pendekatan pembelajaran. |
Opportunities (Peluang) | - Adanya dukungan HDPGSDI dan peluang jejaring kolaboratif dengan institusi nasional. - Kemajuan teknologi mendorong digitalisasi dan inovasi pembelajaran. - Tuntutan lapangan kerja terhadap guru SD yang mampu berpikir kreatif, digital, dan berjiwa edupreuner. - Kebijakan MBKM memberikan ruang besar untuk fleksibilitas dan integrasi lintas disiplin. |
Threats (Ancaman) | - Visi futuristik tidak akan maksimal tanpa implementasi kurikulum yang sejalan. - Persaingan antarprodi PGSD di tingkat nasional yang sudah lebih matang dalam menerapkan kurikulum OBE dan MBKM. - Kesenjangan antara kurikulum pusat (HDPGSDI) dan kebutuhan lokal PSDKU. - Potensi resistensi dari sebagian dosen terhadap transformasi pendekatan kurikulum berbasis capaian. |
Rencana Tindak Lanjut Kurikulum
Berdasarkan temuan dalam proses evaluasi, berikut adalah tindak lanjut yang diperlukan untuk pengembangan kurikulum. Setiap tindakan dikemas dalam redaksi yang informatif sebagai acuan dalam implementasi kurikulum berikutnya.
Temuan Evaluasi | Rencana Tindak Lanjut |
---|---|
Profil lulusan belum tersedia secara eksplisit | Perlu dirumuskan profil lulusan yang mencerminkan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang terukur dan kontekstual, dengan mengacu pada HDPGSDI serta kebutuhan khas PGSD Unesa seperti digital educator dan edupreuner. |
Strategi pencapaian visi dan misi belum dirancang | Dibutuhkan pengembangan strategi pencapaian visi dan misi dalam bentuk peta jalan (roadmap) kurikulum, integrasi vertikal-horizontal antar mata kuliah, serta sistem asesmen yang konsisten dengan tujuan institusi. |
Nilai dasar belum dikembangkan sebagai kata kunci | Revisi istilah nilai dasar menjadi kata kunci yang kuat dan mencerminkan nilai inti PGSD, seperti kolaboratif, inovatif, reflektif, dan adaptif, guna memperkuat identitas program studi. |
CPL dan PL belum mengacu HDPGSDI dan penciri PT | Harus dilakukan penyesuaian terhadap CPL dan PL dengan menjadikan dokumen HDPGSDI sebagai acuan utama dan menambahkan ciri khas institusi Unesa, termasuk penguatan pada aspek literasi digital dan kewirausahaan. |
Belum tersedia CPMK dan sub-CPMK | Perlu disusun CPMK dan sub-CPMK untuk seluruh mata kuliah sebagai turunan logis dari CPL, dengan pendekatan backward design dalam rangka implementasi kurikulum OBE secara menyeluruh. |
Belum ada pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaian | Pembobotan SKS perlu ditinjau kembali dengan mempertimbangkan kompleksitas, keluasan, dan kedalaman capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah agar distribusi beban belajar lebih proporsional. |
Lesson Study masih sebagai mata kuliah | Lesson Study sebaiknya tidak dijadikan mata kuliah tersendiri, tetapi diintegrasikan sebagai pendekatan pedagogis dalam mata kuliah PLP atau PPL untuk meningkatkan refleksi praktik mengajar. |
Edupreuner belum terinternalisasi dalam kurikulum | Edupreuner sebagai bagian dari visi keilmuan perlu diwujudkan melalui pengembangan mata kuliah khusus atau integrasi tema edupreunership dalam tugas proyek, riset, dan program MBKM. |
Tracer Study
Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Konsep Dasar Ipa | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Development of Social Science Dimensions Elementary School | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Innovative Learning Planning in Elementary School | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Literature Appreciation | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
School Curriculum for Primary Schools | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Character building | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Innovation in Media and Teaching Materials in Elementary Schools | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Renstra PSDKU Kampus Unesa 5 Tahun 2024-2028
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved