Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) |
| Tanggal Berdiri | : | 17 Juli 2023 |
| Koordinator Program Studi | : | DELIA INDRAWATI |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Tahun 2035 terwujud Keilmuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendidikan futuristik yang berorientasi kepada Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Digital dan EdupreunerMisi
- Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Menyelenggarakan pendidikan enterpreuner teacher dengan pembelajaran inovatif kreatif berbasis digital dan edupreuner
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Mengahsilkan calon pendidik yang inovatif dan kreatif berbasis digital dan edupreuner
Nilai_dasar
- Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan
- Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga)
- Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi
- Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ke-SD an, baik dalam hal merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian
- Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis pendidikan guru sekolah dasar, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
| CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-5 | Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-6 | Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-7 | Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-8 | Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-9 | Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-10 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-11 | Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Praktisi/Konsultan Pendidikan
Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina kegiatan ekstra kurikuler, memiliki sikap tanggung jawab dan memahami etika profesi dengan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur di bidang pendidikan dasar yang mampu secara inovatif dan berkelanjutan mengembangkan produk, layanan, atau solusi pembelajaran berbasis potensi lokal dan teknologi, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21 di jenjang sekolah dasar.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PGSD (Kampus Magetan) 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
8624302001
KAJIAN KEBAHASAAN
2.00
8624303006
KONSEP DASAR IPS SD
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8624302002
BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
2.00
1000002048
DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8624302052
PENDIDIKAN KARAKTER
2.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8624303010
KONSEP DASAR IPA
3.00
1000002018
PANCASILA
2.00
8624303011
PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD
3.00
8624302015
APRESIASI SASTRA
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
8624302009
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2.00
8624302014
KURIKULUM SEKOLAH DASAR
2.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624303017
KONSEP DASAR IPA LANJUT
3.00
1000003182
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8624302022
PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SD
2.00
8624302013
BIMBINGAN DI SD
2.00
8624302024
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
8624302054
INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD
2.00
8624302004
KONSEP DASAR PPKN SD
2.00
8624302005
PENDIDIKAN INKLUSIF
2.00
8624303027
PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA
3.00
8624302053
SEMPOA DAN JARIMATIKA
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304032
KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
2.00
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
8624303043
PEMBELAJARAN IPA SD
3.00
8624303026
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
3.00
8624302055
PENGANTAR PEMBELAJARAN CODING UNTUK SD
2.00
8624303037
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD
3.00
8624302020
BAHASA DAERAH
2.00
8624303039
PEMBELAJARAN PPKN SD
3.00
8624303025
PENDIDIKAN SENI MUSIK
3.00
8624302021
STATISTIK
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (16 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (14 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (12 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (12 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (12 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003094
KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN
3.00
MBKM0044
BELA NEGARA PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000004098
MAGANG RISET-PENGANALISISAN DATA
4.00
1000004096
MAGANG RISET-PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
4.00
1000003095
MAGANG RISET-PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN
3.00
1000004097
MAGANG RISET-PENGUMPULAN DATA
4.00
1000002099
MAGANG RISET-PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN
2.00
1000003100
MAGANG RISET-PUBLIKASI
3.00
MBKM0026
PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
MBKM0028
PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN
3.00
8624302056
TEKNOLOGI DAN ROBOTIK UNTUK GURU SD
2.00
MBKM0008
WIRAUSAHA PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624303095
IMPLEMENTASI PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH
3.00
8624303092
PELAKSANAAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
3.00
8624303097
PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
3.00
8624302091
PERENCANAAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
8624302094
PERENCANAAN PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
8624302096
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
1000020113
EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
8624303093
TINDAK LANJUT PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
3.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304079
PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM BELA NEGARA
4.00
1000020169
PERENCANAAN PROGRAM BELA NEGARA
2.00
8624304078
ANALISIS KEBUTUHAN BELA NEGARA
4.00
1000020148
EVALUASI PROGRAM BELA NEGARA
2.00
8624304080
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM BELA NEGARA
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304099
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
8624304100
PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
1000020174
PERENCANAAN PROGRAM MAGANG
2.00
8624304098
ANALISIS KEBUTUHAN MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
1000020108
EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
2.00
8624304101
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304082
IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK DI DESA
4.00
8624304083
PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM PROYEK DI DESA
4.00
1000020168
PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA
2.00
8624304081
ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK DI DESA
4.00
1000020175
EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA
2.00
8624304084
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK DI DESA
4.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624303072
PEMBELAJARAN BILINGUAL
3.00
8624303071
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
3.00
8624302073
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AI
2.00
8624303070
PENULISAN KARYA ILMIAH
3.00
8624303069
COMPUTATIONAL THINKING
3.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020166
PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
2.00
8624304089
ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
1000020118
EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
2.00
8624304090
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304087
ANALISIS KEBUTUHAN STUDI/PROYEK INDEPENDEN
4.00
1000020123
EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
2.00
1000020173
PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN
2.00
8624304088
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM STUDI/PROYEK INDEPENDEN
4.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624304085
ANALISIS KEBUTUHAN WIRAUSAHA
4.00
1000020128
EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN
2.00
1000020167
PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA
2.00
8624304086
RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM WIRAUSAHA
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8624302067
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
2.00
8624302064
PEMBELAJARAN DIGITAL DI SD
2.00
8624302063
ETIKA PROFESI KEGURUAN
2.00
8624303065
LESSON STUDY
3.00
8624302066
PENDIDIKAN ANTI PERUNDUNGAN
2.00
MBKM0031
PLP EVALUASI PROGRAM
2.00
1000002050
PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
MBKM0032
PLP PERENCANAAN PROGRAM
2.00
8624302068
PRAKTEK ASESMEN PEMBELAJARAN DI SD
2.00
Semester ke 7
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
| 8624302001 | KAJIAN KEBAHASAAN | 2.00 | |
| 8624303006 | KONSEP DASAR IPS SD | 3.00 | |
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 8624302002 | BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA | 2.00 | |
| 1000002048 | DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 8624302052 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2.00 | |
| 1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
| 8624303010 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
| 8624303011 | PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD | 3.00 | |
| 8624302015 | APRESIASI SASTRA | 2.00 | |
| 1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
| 8624302009 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
| 8624302014 | KURIKULUM SEKOLAH DASAR | 2.00 | |
| 1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624303017 | KONSEP DASAR IPA LANJUT | 3.00 | |
| 1000003182 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
| 8624302022 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SD | 2.00 | |
| 8624302013 | BIMBINGAN DI SD | 2.00 | |
| 8624302024 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 8624302054 | INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD | 2.00 | |
| 8624302004 | KONSEP DASAR PPKN SD | 2.00 | |
| 8624302005 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
| 8624303027 | PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA | 3.00 | |
| 8624302053 | SEMPOA DAN JARIMATIKA | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304032 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
| 1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
| 8624303043 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
| 8624303026 | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD | 3.00 | |
| 8624302055 | PENGANTAR PEMBELAJARAN CODING UNTUK SD | 2.00 | |
| 8624303037 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD | 3.00 | |
| 8624302020 | BAHASA DAERAH | 2.00 | |
| 8624303039 | PEMBELAJARAN PPKN SD | 3.00 | |
| 8624303025 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 3.00 | |
| 8624302021 | STATISTIK | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000003094 | KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN | 3.00 | |
| MBKM0044 | BELA NEGARA PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
| 1000004098 | MAGANG RISET-PENGANALISISAN DATA | 4.00 | |
| 1000004096 | MAGANG RISET-PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN | 4.00 | |
| 1000003095 | MAGANG RISET-PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN | 3.00 | |
| 1000004097 | MAGANG RISET-PENGUMPULAN DATA | 4.00 | |
| 1000002099 | MAGANG RISET-PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN | 2.00 | |
| 1000003100 | MAGANG RISET-PUBLIKASI | 3.00 | |
| MBKM0026 | PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
| MBKM0028 | PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN | 3.00 | |
| 8624302056 | TEKNOLOGI DAN ROBOTIK UNTUK GURU SD | 2.00 | |
| MBKM0008 | WIRAUSAHA PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624303095 | IMPLEMENTASI PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
| 8624303092 | PELAKSANAAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
| 8624303097 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
| 8624302091 | PERENCANAAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
| 8624302094 | PERENCANAAN PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
| 8624302096 | EVALUASI DAN TINDAK LANJUT PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
| 8624303093 | TINDAK LANJUT PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304079 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 | |
| 1000020169 | PERENCANAAN PROGRAM BELA NEGARA | 2.00 | |
| 8624304078 | ANALISIS KEBUTUHAN BELA NEGARA | 4.00 | |
| 1000020148 | EVALUASI PROGRAM BELA NEGARA | 2.00 | |
| 8624304080 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304099 | PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
| 8624304100 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
| 1000020174 | PERENCANAAN PROGRAM MAGANG | 2.00 | |
| 8624304098 | ANALISIS KEBUTUHAN MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
| 1000020108 | EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 2.00 | |
| 8624304101 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304082 | IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 | |
| 8624304083 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 | |
| 1000020168 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 | |
| 8624304081 | ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK DI DESA | 4.00 | |
| 1000020175 | EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 | |
| 8624304084 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624303072 | PEMBELAJARAN BILINGUAL | 3.00 | |
| 8624303071 | PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP | 3.00 | |
| 8624302073 | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AI | 2.00 | |
| 8624303070 | PENULISAN KARYA ILMIAH | 3.00 | |
| 8624303069 | COMPUTATIONAL THINKING | 3.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
| 8624304089 | ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
| 1000020118 | EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
| 8624304090 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304087 | ANALISIS KEBUTUHAN STUDI/PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
| 1000020123 | EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 2.00 | |
| 1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 | |
| 8624304088 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM STUDI/PROYEK INDEPENDEN | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624304085 | ANALISIS KEBUTUHAN WIRAUSAHA | 4.00 | |
| 1000020128 | EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
| 1000020167 | PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA | 2.00 | |
| 8624304086 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM WIRAUSAHA | 4.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8624302067 | PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI | 2.00 | |
| 8624302064 | PEMBELAJARAN DIGITAL DI SD | 2.00 | |
| 8624302063 | ETIKA PROFESI KEGURUAN | 2.00 | |
| 8624303065 | LESSON STUDY | 3.00 | |
| 8624302066 | PENDIDIKAN ANTI PERUNDUNGAN | 2.00 | |
| MBKM0031 | PLP EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
| 1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
| MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
| 8624302068 | PRAKTEK ASESMEN PEMBELAJARAN DI SD | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 PGSD Kampus Unesa 5
Analisis SWOT
Analisis SWOT berikut menggambarkan kondisi aktual kurikulum PGSD Kampus Unesa 5 setelah dilakukan proses sanctioning kurikulum bersama narasumber dari HDPGSDI. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat menjadi dasar perencanaan pengembangan kurikulum ke depan.
| Aspek | Uraian |
|---|---|
| Strengths (Kekuatan) | - Visi keilmuan telah mengarah pada masa depan, mencakup pembelajaran inovatif, digital, dan berbasis edupreuner. - Kurikulum sudah memuat semangat MBKM dan pendekatan OBE. - Adanya komitmen pengembangan dari dosen-dosen yang aktif dan terbuka terhadap masukan. - Telah dilakukan forum review kurikulum dengan narasumber ahli dari HDPGSDI. |
| Weaknesses (Kelemahan) | - Profil lulusan belum dirumuskan secara eksplisit dan terukur. - Strategi pencapaian visi dan misi belum dituangkan secara sistematis dalam dokumen kurikulum. - Deskripsi nilai dasar kurang representatif dan belum berbasis kata kunci utama. - CPL dan PL belum sepenuhnya mengacu pada dokumen HDPGSDI serta belum menyertakan ciri khas institusi. - CPMK dan sub-CPMK belum tersedia. - Belum dilakukan pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaian pembelajaran. - Lesson Study masih dijadikan mata kuliah, bukan sebagai pendekatan pembelajaran. |
| Opportunities (Peluang) | - Adanya dukungan HDPGSDI dan peluang jejaring kolaboratif dengan institusi nasional. - Kemajuan teknologi mendorong digitalisasi dan inovasi pembelajaran. - Tuntutan lapangan kerja terhadap guru SD yang mampu berpikir kreatif, digital, dan berjiwa edupreuner. - Kebijakan MBKM memberikan ruang besar untuk fleksibilitas dan integrasi lintas disiplin. |
| Threats (Ancaman) | - Visi futuristik tidak akan maksimal tanpa implementasi kurikulum yang sejalan. - Persaingan antarprodi PGSD di tingkat nasional yang sudah lebih matang dalam menerapkan kurikulum OBE dan MBKM. - Kesenjangan antara kurikulum pusat (HDPGSDI) dan kebutuhan lokal PSDKU. - Potensi resistensi dari sebagian dosen terhadap transformasi pendekatan kurikulum berbasis capaian. |
Rencana Tindak Lanjut Kurikulum
Berdasarkan temuan dalam proses evaluasi, berikut adalah tindak lanjut yang diperlukan untuk pengembangan kurikulum. Setiap tindakan dikemas dalam redaksi yang informatif sebagai acuan dalam implementasi kurikulum berikutnya.
| Temuan Evaluasi | Rencana Tindak Lanjut |
|---|---|
| Profil lulusan belum tersedia secara eksplisit | Perlu dirumuskan profil lulusan yang mencerminkan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang terukur dan kontekstual, dengan mengacu pada HDPGSDI serta kebutuhan khas PGSD Unesa seperti digital educator dan edupreuner. |
| Strategi pencapaian visi dan misi belum dirancang | Dibutuhkan pengembangan strategi pencapaian visi dan misi dalam bentuk peta jalan (roadmap) kurikulum, integrasi vertikal-horizontal antar mata kuliah, serta sistem asesmen yang konsisten dengan tujuan institusi. |
| Nilai dasar belum dikembangkan sebagai kata kunci | Revisi istilah nilai dasar menjadi kata kunci yang kuat dan mencerminkan nilai inti PGSD, seperti kolaboratif, inovatif, reflektif, dan adaptif, guna memperkuat identitas program studi. |
| CPL dan PL belum mengacu HDPGSDI dan penciri PT | Harus dilakukan penyesuaian terhadap CPL dan PL dengan menjadikan dokumen HDPGSDI sebagai acuan utama dan menambahkan ciri khas institusi Unesa, termasuk penguatan pada aspek literasi digital dan kewirausahaan. |
| Belum tersedia CPMK dan sub-CPMK | Perlu disusun CPMK dan sub-CPMK untuk seluruh mata kuliah sebagai turunan logis dari CPL, dengan pendekatan backward design dalam rangka implementasi kurikulum OBE secara menyeluruh. |
| Belum ada pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaian | Pembobotan SKS perlu ditinjau kembali dengan mempertimbangkan kompleksitas, keluasan, dan kedalaman capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah agar distribusi beban belajar lebih proporsional. |
| Lesson Study masih sebagai mata kuliah | Lesson Study sebaiknya tidak dijadikan mata kuliah tersendiri, tetapi diintegrasikan sebagai pendekatan pedagogis dalam mata kuliah PLP atau PPL untuk meningkatkan refleksi praktik mengajar. |
| Edupreuner belum terinternalisasi dalam kurikulum | Edupreuner sebagai bagian dari visi keilmuan perlu diwujudkan melalui pengembangan mata kuliah khusus atau integrasi tema edupreunership dalam tugas proyek, riset, dan program MBKM. |
Tracer Study
Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
| Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
| Konsep dasar PPKn SD | 2 | 16.67% | 16.67% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 4 | 11.11% | 44.44% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||
| Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
| Konsep Dasar IPS SD | 3 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||||
| Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
| Metodologi Penelitian | 3 | 30.77% | 23.08% | 46.15% | 100 % | ||||||||
| Bahasa Daerah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Konsep Dasar IPA Lanjut | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
| Apresiasi Sastra | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
| Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Pendidikan Seni Rupa dan Prakarya | 3 | 18.75% | 18.75% | 31.25% | 31.25% | 100 % | |||||||
| Bimbingan di SD | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||||
| Pembelajaran PPKn SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
| Pendidikan Karakter | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||||
| Sempoa dan Jarimatika | 2 | 37.5% | 62.5% | 100 % | |||||||||
| INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||
| PENGANTAR PEMBELAJARAN CODING UNTUK SD | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
| Rencana Tindak Lanjut Program Studi/Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Analisis Kebutuhan Proyek Kemanusiaan | 4 | 24% | 40% | 20% | 16% | 100 % | |||||||
| Analisis Kebutuhan Studi/Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Rencana Tindak Lanjut Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 12.5% | 31.25% | 31.25% | 25% | 100 % | |||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Renstra PSDKU Kampus Unesa 5 Tahun 2024-2028
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
