•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  17 Juli 2023
Koordinator Program Studi  :  DELIA INDRAWATI
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Tahun 2035 terwujud Keilmuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendidikan futuristik yang berorientasi kepada Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Digital dan Edupreuner
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
  4. Menyelenggarakan pendidikan enterpreuner teacher dengan pembelajaran inovatif kreatif berbasis digital dan edupreuner

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
  4. Mengahsilkan calon pendidik yang inovatif dan kreatif berbasis digital dan edupreuner

Nilai_dasar
  1. Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan
  2. Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga)
  3. Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi
  4. Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ke-SD an, baik dalam hal merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian
  5. Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis pendidikan guru sekolah dasar, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Praktisi/Konsultan Pendidikan

    Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina kegiatan ekstra kurikuler, memiliki sikap tanggung jawab dan memahami etika profesi dengan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur di bidang pendidikan dasar yang mampu secara inovatif dan berkelanjutan mengembangkan produk, layanan, atau solusi pembelajaran berbasis potensi lokal dan teknologi, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21 di jenjang sekolah dasar.


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 PGSD (Kampus Magetan) 2024-2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8624302002 BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA 2.00
1000002048 DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN 2.00
8624302001 KAJIAN KEBAHASAAN 2.00
8624303006 KONSEP DASAR IPS SD 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8624302052 PENDIDIKAN KARAKTER 2.00
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8624302009 GEOMETRI DAN PENGUKURAN 2.00
8624302015 APRESIASI SASTRA 2.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8624303010 KONSEP DASAR IPA 3.00
8624302014 KURIKULUM SEKOLAH DASAR 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
8624303011 PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8624302013 BIMBINGAN DI SD 2.00
8624302024 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
8624302054 INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD 2.00
8624303017 KONSEP DASAR IPA LANJUT 3.00
8624302004 KONSEP DASAR PPKN SD 2.00
8624302005 PENDIDIKAN INKLUSIF 2.00
8624303025 PENDIDIKAN SENI MUSIK 3.00
8624303027 PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA 3.00
8624302022 PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SD 2.00
8624302053 SEMPOA DAN JARIMATIKA 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8624302020 BAHASA DAERAH 2.00
8624304032 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO 2.00
8624303030 METODOLOGI PENELITIAN 3.00
8624303043 PEMBELAJARAN IPA SD 3.00
8624303026 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD 3.00
8624303039 PEMBELAJARAN PPKN SD 3.00
8624303037 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD 3.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003080 KKN PROYEK INDPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004079 KKN PROYEK INDPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003081 KKN PROYEK INDPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003082 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004078 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003077 KKN PROYEK INDPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8624306050 SKRIPSI 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 PGSD Kampus Unesa 5

Analisis SWOT

Analisis SWOT berikut menggambarkan kondisi aktual kurikulum PGSD Kampus Unesa 5 setelah dilakukan proses sanctioning kurikulum bersama narasumber dari HDPGSDI. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat menjadi dasar perencanaan pengembangan kurikulum ke depan.

AspekUraian
Strengths (Kekuatan)

- Visi keilmuan telah mengarah pada masa depan, mencakup pembelajaran inovatif, digital, dan berbasis edupreuner.

- Kurikulum sudah memuat semangat MBKM dan pendekatan OBE.

- Adanya komitmen pengembangan dari dosen-dosen yang aktif dan terbuka terhadap masukan.

- Telah dilakukan forum review kurikulum dengan narasumber ahli dari HDPGSDI.

Weaknesses (Kelemahan)

- Profil lulusan belum dirumuskan secara eksplisit dan terukur.

- Strategi pencapaian visi dan misi belum dituangkan secara sistematis dalam dokumen kurikulum.

- Deskripsi nilai dasar kurang representatif dan belum berbasis kata kunci utama.

- CPL dan PL belum sepenuhnya mengacu pada dokumen HDPGSDI serta belum menyertakan ciri khas institusi.

- CPMK dan sub-CPMK belum tersedia.

- Belum dilakukan pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaian pembelajaran.

- Lesson Study masih dijadikan mata kuliah, bukan sebagai pendekatan pembelajaran.

Opportunities (Peluang)

- Adanya dukungan HDPGSDI dan peluang jejaring kolaboratif dengan institusi nasional.

- Kemajuan teknologi mendorong digitalisasi dan inovasi pembelajaran.

- Tuntutan lapangan kerja terhadap guru SD yang mampu berpikir kreatif, digital, dan berjiwa edupreuner.

- Kebijakan MBKM memberikan ruang besar untuk fleksibilitas dan integrasi lintas disiplin.

Threats (Ancaman)

- Visi futuristik tidak akan maksimal tanpa implementasi kurikulum yang sejalan.

- Persaingan antarprodi PGSD di tingkat nasional yang sudah lebih matang dalam menerapkan kurikulum OBE dan MBKM.

- Kesenjangan antara kurikulum pusat (HDPGSDI) dan kebutuhan lokal PSDKU.

- Potensi resistensi dari sebagian dosen terhadap transformasi pendekatan kurikulum berbasis capaian.

 

Rencana Tindak Lanjut Kurikulum

Berdasarkan temuan dalam proses evaluasi, berikut adalah tindak lanjut yang diperlukan untuk pengembangan kurikulum. Setiap tindakan dikemas dalam redaksi yang informatif sebagai acuan dalam implementasi kurikulum berikutnya.

Temuan EvaluasiRencana Tindak Lanjut
Profil lulusan belum tersedia secara eksplisitPerlu dirumuskan profil lulusan yang mencerminkan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang terukur dan kontekstual, dengan mengacu pada HDPGSDI serta kebutuhan khas PGSD Unesa seperti digital educator dan edupreuner.
Strategi pencapaian visi dan misi belum dirancangDibutuhkan pengembangan strategi pencapaian visi dan misi dalam bentuk peta jalan (roadmap) kurikulum, integrasi vertikal-horizontal antar mata kuliah, serta sistem asesmen yang konsisten dengan tujuan institusi.
Nilai dasar belum dikembangkan sebagai kata kunciRevisi istilah nilai dasar menjadi kata kunci yang kuat dan mencerminkan nilai inti PGSD, seperti kolaboratif, inovatif, reflektif, dan adaptif, guna memperkuat identitas program studi.
CPL dan PL belum mengacu HDPGSDI dan penciri PTHarus dilakukan penyesuaian terhadap CPL dan PL dengan menjadikan dokumen HDPGSDI sebagai acuan utama dan menambahkan ciri khas institusi Unesa, termasuk penguatan pada aspek literasi digital dan kewirausahaan.
Belum tersedia CPMK dan sub-CPMKPerlu disusun CPMK dan sub-CPMK untuk seluruh mata kuliah sebagai turunan logis dari CPL, dengan pendekatan backward design dalam rangka implementasi kurikulum OBE secara menyeluruh.
Belum ada pembobotan SKS berdasarkan kedalaman capaianPembobotan SKS perlu ditinjau kembali dengan mempertimbangkan kompleksitas, keluasan, dan kedalaman capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah agar distribusi beban belajar lebih proporsional.
Lesson Study masih sebagai mata kuliahLesson Study sebaiknya tidak dijadikan mata kuliah tersendiri, tetapi diintegrasikan sebagai pendekatan pedagogis dalam mata kuliah PLP atau PPL untuk meningkatkan refleksi praktik mengajar.
Edupreuner belum terinternalisasi dalam kurikulumEdupreuner sebagai bagian dari visi keilmuan perlu diwujudkan melalui pengembangan mata kuliah khusus atau integrasi tema edupreunership dalam tugas proyek, riset, dan program MBKM.

 

Tracer Study

Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Konsep Dasar IPA 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Bilangan dan Pengolahan Data 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Konsep Dasar IPS SD 3 14.29% 42.86% 28.57% 14.29% 100 %
Kajian Kebahasaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pengembangan Dimensi IPS SD 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2 20% 40% 20% 20% 100 %
Apresiasi Sastra 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Kurikulum Sekolah Dasar 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Pendidikan Karakter 2 50% 16.67% 33.33% 100 %
INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD 2 20% 40% 40% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). 

Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD): 

1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional; 

2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi; 

3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI; 

6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; 

7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020; 

8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016; 

9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020; 

10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum; 

11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020; 

12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020; 

13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka; 

14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya; 

15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014; 

16. Renstra PSDKU Kampus Unesa 5 Tahun 2024-2028