Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Program Studi | : | S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan) |
Tanggal Berdiri | : | 15 Januari 2025 |
Koordinator Program Studi | : | KHUSNUL KHOTIMAH |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Teknologi Pendidikan berbasis AI, kearifan lokal, dan digital yang berkualitas, inovatif, dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan riset dan inovasi teknologi pendidikan yang memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk menghasilkan produk pembelajaran adaptif, interaktif, dan personal, serta mendukung pelestarian nilai-nilai budaya lokal.
- Menghasilkan lulusan yang berjiwa edutechnopreneur, kreatif, adaptif, dan mampu menciptakan produk teknologi pendidikan berbasis AI yang memiliki nilai edukatif sekaligus nilai ekonomi, baik untuk sektor pendidikan formal maupun industri kreatif daerah.
- Mengimplementasikan teknologi pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan, melalui pengembangan media dan sumber belajar yang dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas dan kelompok marginal, dengan prinsip ramah lingkungan (Green Edutechnopreneurship).
- Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, industri, pemerintah daerah, dan organisasi masyarakat di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan pengembangan ekosistem inovasi teknologi pendidikan berbasis AI.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan keterampilan praktis di bidang teknologi pendidikan berbasis AI, kearifan lokal, dan digital, yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menghasilkan karya riset dan inovasi teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi pengembangan pembelajaran, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
- Menghasilkan lulusan yang berjiwa edutechnopreneur, kreatif, dan mandiri dalam menciptakan produk teknologi pendidikan berbasis AI yang memiliki nilai edukatif sekaligus nilai ekonomi.
- Menghasilkan produk dan layanan teknologi pendidikan yang inklusif, mudah diakses, serta mendukung keberlanjutan lingkungan (Green Edutechnopreneurship).
- Mewujudkan jejaring kemitraan dengan pemangku kepentingan strategis untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan pengembangan ekosistem inovasi teknologi pendidikan.
Nilai_dasar
- Akademik Unggul – Mengutamakan kualitas akademik yang berbasis riset, inovasi, dan perkembangan teknologi pendidikan mutakhir.
- Inovasi Berbasis AI dan Kearifan Lokal – Mengintegrasikan kecerdasan buatan dengan potensi budaya, seni, dan tradisi lokal dalam pengembangan media dan pembelajaran digital.
- Edutechnopreneurship – Mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa dalam menciptakan produk teknologi pendidikan yang bernilai edukatif dan ekonomis.
- Inklusivitas dan Keberlanjutan – Menjamin akses pembelajaran bagi semua kalangan termasuk kelompok marginal dan penyandang disabilitas, dengan prinsip Green Edutechnopreneurship.
- Kolaborasi Global – Menjalin kemitraan strategis di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Menguasai konsep teoritis, strategis, dan etis untuk merencanakan, memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan efektif dalam konteks pendidikan melalui desain, pengembangan pengalaman belajar, dan evaluasi yang memanfaatkan metode dan sumber daya berbasis teknologi pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Menguasai konsep dasar Informatika, Multimedia, Animasi, Broadcasting, pengetahuan terhadap prinsip desain instruksional, pedagogi, bahan pembelajaran, serta kemampuan berperan, memfungsikan keilmuan teknologi pendidikan dalam proses perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian pembelajaran di berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Menguasai konsep teoritis, praktis, dan etis berdasarkan kaidah ilmiah (kerangka riset) untuk menghasilkan produk pembelajaran dan peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia yang berorientasi berbasis teknologi pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | Memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam penguasaan konsep baik secara teoritis, praktis dan etis untuk merancang, mengembangkan, menerapkan produk teknologi pendidikan yang edukatif dan disruptif yang berorientasi pada entrepreuneurship.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI), kearifan lokal, dan prinsip edutechnopreneurship secara kreatif, inklusif, dan berkelanjutan dalam merancang, mengembangkan, serta mengimplementasikan inovasi teknologi pendidikan yang adaptif dan berdaya saing global.
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi 2025
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
86203103001
DASAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
3.00
86203103301
DESAIN PESAN DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN
3.00
86203102434
ILMU PENDIDIKAN
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
86203104331
MEDIA PEMBELAJARAN
4.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
86203102434
TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
86203104434
DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
4.00
86203104444
KAJIAN KURIKULUM
4.00
86203102445
LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN
2.00
86203102445
LITERASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN
2.00
1000002018
PANCASILA
2.00
86203103444
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO
3.00
86203103444
PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
86203104445
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
4.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
1000003182
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
86203102445
PENDIDIKAN INKLUSIF
2.00
86203104445
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
4.00
86203102445
STATISTIK PENDIDIKAN
2.00
86203103445
TEKNOLOGI KINERJA
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86203102445
ETIKA DIGITAL
2.00
86203103445
INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL
3.00
86203102445
KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
2.00
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
86203103445
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI/AR/VR
3.00
86203102445
PENGEMBANGAN MEDIA FOTO
2.00
86203104445
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO/TELEVISI
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020150
ANALISIS KURIKULUM SMK
3.00
1000020154
EVALUASI PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN
2.00
1000020153
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SMK
3.00
1000020152
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMK
4.00
1000020149
PERANCANGAN PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP)
4.00
1000020151
PERENCANAAN PEMBELAJARAN SMK
3.00
1000020155
SEMINAR TUGAS AKHIR
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86203102445
ANALITIK PEMBELAJARAN DAN BIG DATA PENDIDIKAN
2.00
1000020158
BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
2.00
1000020163
COMMUNICATION SKILLS
2.00
86203102445
DESAIN GAME EDUKATIF DENGAN ROBLOX STUDIO
2.00
86203102445
EDUTECH STARTUP & GREEN EDUTECHNOPRENEURSHIP
2.00
1000020160
EMPATI DAN KECERDASAN EMOSIONAL
2.00
86203102445
EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
86203102445
INKUBASI DAN KOMERSIALIASI PRODUK EDUTECH
2.00
86203102445
INOVASI DAN DIFUSI PENDIDIKAN
2.00
1000020164
INTERNASIONAL CONFERENCE
3.00
1000020159
KEPEMIMPINAN INKLUSI
2.00
1000020161
KOMUNIKASI DAN KERJA TIM
2.00
1000020157
MANAJEMEN EVENT REGIONAL
2.00
1000020165
NATIONAL CONFERENCE
2.00
86203102445
PEMASARAN DIGITAL PRODUK EDUTECH
2.00
1000020156
PEMBELAJARAN EMOSI DAN SOSIAL
2.00
1000020162
SOFTSKILLS
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
86203103001 | DASAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN | 3.00 | |
86203103301 | DESAIN PESAN DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN | 3.00 | |
86203102434 | ILMU PENDIDIKAN | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
86203104331 | MEDIA PEMBELAJARAN | 4.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
86203102434 | TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
86203104434 | DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN | 4.00 | |
86203104444 | KAJIAN KURIKULUM | 4.00 | |
86203102445 | LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN | 2.00 | |
86203102445 | LITERASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
86203103444 | PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO | 3.00 | |
86203103444 | PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
86203104445 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 4.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
1000003182 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
86203102445 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
86203104445 | PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF | 4.00 | |
86203102445 | STATISTIK PENDIDIKAN | 2.00 | |
86203103445 | TEKNOLOGI KINERJA | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86203102445 | ETIKA DIGITAL | 2.00 | |
86203103445 | INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL | 3.00 | |
86203102445 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
86203103445 | PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI/AR/VR | 3.00 | |
86203102445 | PENGEMBANGAN MEDIA FOTO | 2.00 | |
86203104445 | PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO/TELEVISI | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020150 | ANALISIS KURIKULUM SMK | 3.00 | |
1000020154 | EVALUASI PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN | 2.00 | |
1000020153 | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SMK | 3.00 | |
1000020152 | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMK | 4.00 | |
1000020149 | PERANCANGAN PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) | 4.00 | |
1000020151 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN SMK | 3.00 | |
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86203102445 | ANALITIK PEMBELAJARAN DAN BIG DATA PENDIDIKAN | 2.00 | |
1000020158 | BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF | 2.00 | |
1000020163 | COMMUNICATION SKILLS | 2.00 | |
86203102445 | DESAIN GAME EDUKATIF DENGAN ROBLOX STUDIO | 2.00 | |
86203102445 | EDUTECH STARTUP & GREEN EDUTECHNOPRENEURSHIP | 2.00 | |
1000020160 | EMPATI DAN KECERDASAN EMOSIONAL | 2.00 | |
86203102445 | EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
86203102445 | INKUBASI DAN KOMERSIALIASI PRODUK EDUTECH | 2.00 | |
86203102445 | INOVASI DAN DIFUSI PENDIDIKAN | 2.00 | |
1000020164 | INTERNASIONAL CONFERENCE | 3.00 | |
1000020159 | KEPEMIMPINAN INKLUSI | 2.00 | |
1000020161 | KOMUNIKASI DAN KERJA TIM | 2.00 | |
1000020157 | MANAJEMEN EVENT REGIONAL | 2.00 | |
1000020165 | NATIONAL CONFERENCE | 2.00 | |
86203102445 | PEMASARAN DIGITAL PRODUK EDUTECH | 2.00 | |
1000020156 | PEMBELAJARAN EMOSI DAN SOSIAL | 2.00 | |
1000020162 | SOFTSKILLS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala setiap 4 tahun atau sesuai kebutuhan berdasarkan perkembangan IPTEKS, kebijakan pemerintah, kebutuhan industri, dan masukan dari asosiasi profesi yaitu IPTPI, APSTPI dan AECT.
Metode Evaluasi dilakukan dengan melakukan Rapat tinjauan kurikulum, survei pengguna lulusan, FGD dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan mitra industri.
Tracer Study dilaksanakan setiap tahun untuk melacak keterserapan lulusan di dunia kerja, relevansi kompetensi, serta peluang pengembangan karier. Data tracer study digunakan sebagai dasar penyempurnaan kurikulum dan pengembangan mata kuliah baru berbasis tren teknologi pendidikan.
Rekap CPL Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | |||
Dasar Teknologi Pendidikan | 3 | 50% | 31.25% | 6.25% | 12.5% | 100 % | |||||
Desain Pesan dan Komunikasi Pembelajaran | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||
Media Pembelajaran | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Ilmu Pendidikan | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Teori Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Perancangan dan Pengembangan kurikulum mengacu pada hal-hal sebagai berikut:
- Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No. 53 Tahun 2023)
- Deskripsi KKNI Level 6
- Kerangka MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka)
- Hasil tracer study dan analisis kebutuhan industri
- Rencana Strategis (Renstra) Unesa
- Capaian Profil Lulusan dan Kompetensi Edutechnopreneurship berbasis AI
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved