•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Manajemen Olahraga Unesa

 
Program Studi  :  S1 Manajemen Olahraga
Tanggal Berdiri  :  2 November 2022
Koordinator Program Studi  :  EVA FERDITA YUHANTINI
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

“Menjadi prodi yang unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu manajemen olahraga di tahun 2035”


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis bertaraf global
  2. Menyelenggarakan penelitian transformatif di bidang manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis olahraga.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis.

Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana di bidang manajemen olahraga yang memiliki keterampilan managerial, teknologi, kepemimpinan, kewirausahaan serta beretika bisnis.
  2. Menghasilkan penelitian yang transformatif di bidang manajemen yang berbasis teknologi dan etika bisnis untuk pengembangan Ipteks.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen olahraga yang berbasis Ipteks untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat

Capaian Lulusan Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menguasai konsep teoritis dan praktis dalam bidang pengetahuan manajemen olahraga secara mendalam.

CPL-6 Menerapkan IPTEKS dalam pengembangan keilmuan manajemen olahraga.

CPL-7 Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga.

CPL-8 Mampu melakukan manajemen setiap event olahraga dengan penganggaran dan pemasaran yang efektif berdasarkan teori manajemen olahraga

CPL-9 Mampu membuat proposal program wirausaha dalam konteks produk dan jasa di bidang olahraga.

CPL-10 Mampu mengaplikasikan keterampilan riset dasar penelitian bidang manajemen olahraga

CPL-11 Mampu mengidentifikasi permasalahan bidang manajemen olahraga di Indonesia dan global

Profil Lulusan Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
  • Profil Lulusan

    Kompetensi  Utama:

    1. Sport Event Manager

    Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian,  penganggaran, pemasaran, serta memonitoring dan  evaluasi setiap event olahraga dengan menerapkan teori manajemen olahraga dalam konteks sport  tourism, dan sport events.

    2. Sport Marketing 

    Sport Marketing yang mampu menerapkan  ketrampilan berkomunikasi dalam proses pemasaran,  sponsorship  dan branding kegiatan olahraga.

    3. Enterpreneur 

    Entrepeneur yang mampu membuat dan menerapkan  proposal program wirausaha dalam konteks produk  dan jasa di bidang olahraga.

    4. Perencana Olahraga

    Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian,  penganggaran, serta memonitoring dan evaluasi  sistem informasi manajemen di Indonesia .

    Kompetensi  Penunjang:

    1. Peneliti Olahraga

    Mampu mengaplikasikan keterampilan riset dasar  penelitian bidang manajemen olahraga.

    2. Content Creator 

    Memiliki kemampuan membuat content  tentang  materi dan iklan olahraga.


Struktur Kurikulum S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Manajemen Olahraga 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8930103028 PENGANTAR ILMU OLAHRAGA DAN ORGANISASI 3.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8930103014 PENGANTAR EKONOMI MIKRO OLAHRAGA 3.00
8930103027 PENGANTAR INDUSTRI OLAHRAGA 3.00
8930103015 SARANA DAN FASILITAS KEGIATAN MANAJEMEN OLAHRAGA 3.00
8930102007 SOSIOLOGI OLAHRAGA 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8930103029 KOMUNIKASI BISNIS OLAHRAGA 3.00
8930102024 MANAJEMEN OLAHRAGA AIR 2.00
8930102025 MANAJEMEN OLAHRAGA INDIVIDU 2.00
8930103041 MANAJEMEN OLAHRAGA REKREASI 3.00
8930103043 MANAJEMEN SDM DAN KEPEMIMPINAN OLAHRAGA 3.00
1000002018 PANCASILA 2.00
8930103037 PENGANTAR EKONOMI MAKRO OLAHRAGA 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8930103021 BRANDING DAN SPONSORSHIP OLAHRAGA 3.00
8930102054 MANAJEMEN E-SPORT 2.00
8930102053 MANAJEMEN OLAHRAGA BELADIRI 2.00
8930102051 MANAJEMEN OLAHRAGA MASYARAKAT 2.00
8930102023 MANAJEMEN OLAHRAGA PERMAINAN 2.00
8930103022 PENGANTAR PERENCANAAN BISNIS KEOLAHRAGAAN 3.00
8930102055 PERILAKU KONSUMEN OLAHRAGA 2.00
8930102052 SPONSHORSHIP DAN REVENUE DEVELOPMENT 2.00
8930103013 TATAKELOLA KEUANGAN MANAJEMEN OLAHRAGA 3.00
8930102008 TEKNOLOGI OLAHRAGA 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8930103020 GLOBAL SPORT AND TOURISM MARKETING 3.00
8930104046 RISET PEMASARAN OLAHRAGA 3.00
8930103050 SISTEM ORGANISASI PERTANDINGAN 3.00
8930103031 SPORTS EVENT & RISK MANAGEMENT 3.00
8930102048 SPORTS LAW 2.00
8930103001 STATISTIK 3.00
8930104045 STRATEGIK BISNIS OLAHRAGA 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8930102040 ETIKA LAYANAN OLAHRAGA 2.00
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
8930104002 METODOLOGI PENELITIAN 3.00
8930103018 PEMASARAN DAN KARAKTERISTIK PASAR OLAHRAGA 3.00
8930104010 PENULISAN KARYA ILMIAH DAN SEMINAR OLAHRAGA 4.00
8930103017 PUBLIC RELATION DAN MEDIA PENYIARAN OLAHRAGA 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020101 KKNT 20.00
8930102049 PROPOSAL SKRIPSI 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020103 MAGANG 20.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8930106038 SKRIPSI 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
  1. Hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum

Evaluasi Kurikulum dan Tracer Study pada program studi Manajemen Olahraga S1 merupakan aspek krusial dalam memastikan relevansi dan efektivitas pendidikan yang disediakan bagi mahasiswa. Dalam era di mana teknologi modern berkembang pesat dan minat terhadap olahraga meningkat, kebutuhan akan adaptasi dan inovasi dalam kurikulum menjadi sangat penting. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi modern telah merevolusi industri olahraga, mulai dari analisis data, penggunaan alat olahraga canggih, hingga strategi pemasaran digital. Program studi Manajemen Olahraga S1 UNESA harus secara proaktif mengevaluasi dan memperbarui kurikulumnya untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan terkait teknologi ini. Hal ini meliputi penambahan mata kuliah baru yang fokus pada digital marketing, analisis data olahraga, dan manajemen event olahraga menggunakan teknologi terkini. 

Evaluasi kurikulum juga harus memastikan bahwa mahasiswa memperoleh kompetensi dalam menggunakan software analisis statistik, platform media sosial untuk promosi, dan teknologi wearable dalam olahraga. Adaptasi ini tidak hanya menyiapkan mahasiswa untuk tren saat ini tetapi juga untuk inovasi masa depan dalam industri olahraga. Berdasarkan hasil survey terhadap dosen dan stakeholder, diperoleh gambaran bahwa saat ini kurikulum prodi Manajemen Olahraga S1 telah memenuhi sebagian besar harapan stakeholder. Namun demikian masih ada masukan untuk melakukan perubahan.

 

  1. Dasar – Dasar Perubahan

analisis kebutuhan perubahan kurikulum ditinjau dari berbagai masukan kebutuhan pemangku kepentingan dari hasil tracer study dan atau perubahan kebijakan internal dan eksternal, dan atau perubahan IPTEKS. Di UNESA, perubahan terjadi karena saat ini UNESA menjadi prodi pertama di Indonesia yang memiliki Prodi Manajemen Olahraga S1 dimana kebutuhan lulusan sangat tinggi. Tracer Study, atau studi penelusuran alumni, menjadi alat penting dalam mengukur efektivitas kurikulum dan relevansinya dengan kebutuhan pasar kerja. Melalui Tracer Study, program studi Manajemen Olahraga dapat mengidentifikasi kesuksesan alumni dalam karir mereka dan sejauh mana pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh selama kuliah relevan dengan tuntutan profesional mereka. Feedback dari alumni yang bekerja di berbagai sektor industri olahraga, baik di organisasi olahraga, perusahaan start-up teknologi olahraga, hingga lembaga pemasaran olahraga, memberikan insight tentang kebutuhan untuk memperbaharui kurikulum. Informasi ini membantu dalam menyesuaikan materi kursus dan metode pengajaran untuk lebih menekankan pada kemampuan analitis, kreativitas, dan penggunaan teknologi terbaru. Meskipun belum memiliki lulusan karena baru berdiri di tahun 2023, Prodi Manajemen Olahraga berusaha mencari masukan dari stakeholder terkait dengan memberikan kesempatan mahasiswa melakukan magang sedini mungkin. Hasil masukan stakeholder memberikan dasar bahwa reposisi matakuliah perlu dilakukan sesuai saran stakeholder dan readiness mahasiswa.

 

  1. Rumusan Perubahan

Tingginya minat terhadap olahraga, baik sebagai kegiatan rekreasi maupun kompetitif, menuntut lulusan Manajemen Olahraga untuk memiliki pemahaman yang luas tentang manajemen event olahraga, sponsorship, dan promosi. Kurikulum harus disesuaikan untuk mencakup studi kasus terkini dari event olahraga sukses, strategi pemasaran inovatif, dan pengelolaan fasilitas olahraga yang efisien. Pelatihan praktik juga menjadi semakin penting, dengan mahasiswa yang diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek manajemen olahraga, kerjasama dengan organisasi olahraga, dan partisipasi dalam event olahraga nyata. Rumusan Perubahan yang terjadi yaitu reposisi mata kuliah di semester awal menjadi semester lima. 

Rekap CPL Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Branding dan sponsorship Olahraga 3 50% 50% 100 %
Pengantar Ekonomi Makro Olahraga 3 50% 50% 100 %
manajemen olahraga individu 2 22.22% 33.33% 33.33% 11.11% 99.99 %
Pengantar Ekonomi Mikro Olahraga 3 10% 30% 10% 50% 100 %
Tatakelola SDM dalam kepemimpinan Manajemen Olahraga 3 18.18% 45.45% 36.36% 99.99 %
Sports Event, Law & Risk Management 3 12.5% 25% 37.5% 25% 100 %
Pengantar Industri Olahraga 3 24.24% 25.76% 25.76% 24.24% 100 %
Statistik 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Pengantar Perencanaan Bisnis Keolahragaan 3 25.49% 25.49% 25.49% 23.53% 100 %
Teknologi Olahraga 2 50% 50% 100 %
Tatakelola Keuangan Manajemen Olahraga 3 50% 50% 100 %
Pengantar Ilmu Olahraga Dan Organisasi 3 26.67% 20% 26.67% 26.67% 100 %
Metodologi Penelitian 4 100% 100 %
Perilaku Konsumen Olahraga 3 50% 50% 100 %
Manejemen Olahraga Beladiri 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Sarana dan Fasilitas Kegiatan Manajemen Olahraga 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sosiologi Olahraga 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
manajemen olahraga air 2 24.62% 24.62% 24.62% 26.15% 100 %
Business and Professional Communication 3 33.33% 50% 16.67% 100 %
Global Sport and Tourism Marketing 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Manajemen Olahraga Rekreasi 3 33.33% 22.22% 44.44% 99.99 %
Manajemen E-sport 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Manajemen SDM dan Kepemimpinan Olahraga 3 22.22% 55.56% 22.22% 100 %
Sistem Organisasi Pertandingan 3 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Sports Law 2 11.11% 33.33% 22.22% 33.33% 99.99 %
Riset Pemasaran Olahraga 4 12.5% 12.5% 12.5% 37.5% 25% 100 %
Strategik Bisnis Olahraga 4 40% 20% 20% 20% 100 %
SPONSHORSHIP DAN REVENUE DEVELOPMENT 2 26.32% 21.05% 26.32% 26.32% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum
Kebutuhan Masyarakat dan Industri
Analisis Kebutuhan Pasar: Memahami kebutuhan dan tren terkini dalam industri olahraga serta persyaratan kompetensi yang diharapkan oleh pemberi kerja.
Responsivitas terhadap Perubahan Sosial: Mengintegrasikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan yang mempengaruhi industri olahraga dan masyarakat luas.
Landasan Filosofis
Filosofi Pendidikan: Menyusun kurikulum yang mencerminkan nilai dan misi institusi pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang beretika, inovatif, dan berkontribusi positif terhadap masyarakat.
Pengembangan Holistik Mahasiswa: Fokus pada pengembangan intelektual, fisik, emosional, dan sosial mahasiswa.
Landasan Teoritis
Teori Pembelajaran: Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dewasa dan teori pendidikan yang relevan untuk merancang strategi pembelajaran dan penilaian yang efektif.
Kajian Interdisipliner: Mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu yang mendukung kompetensi di bidang manajemen olahraga.
Landasan Teknologis
Integrasi Teknologi: Menggunakan teknologi pendidikan terkini untuk mendukung proses pembelajaran dan pengajaran yang efisien dan menarik.
Kesiapan Menghadapi Perkembangan Masa Depan: Mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan digital dan literasi teknologi yang diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan dan inovasi industri.
Landasan Psikologis
Pemahaman tentang Pembelajar: Menerapkan teori psikologi pembelajaran untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar dan kebutuhan individu mahasiswa.
Motivasi dan Pengembangan Diri: Mendesain kurikulum yang memotivasi mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mengembangkan diri mereka secara berkelanjutan.
Regulasi dan Standar Pendidikan
Kepatuhan terhadap Standar: Mematuhi standar pendidikan nasional dan internasional serta akreditasi program studi.
Etika dan Hukum: Memasukkan prinsip etika dan hukum yang berlaku dalam pembelajaran dan praktik profesional di bidang olahraga.
Landasan perancangan dan pengembangan kurikulum harus secara terus-menerus dievaluasi dan diperbarui untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini dalam pendidikan, teknologi, dan industri olahraga. Ini memastikan bahwa program studi tetap relevan, kompetitif, dan mampu memenuhi ekspektasi mahasiswa, industri, dan masyarakat.