Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Sastra Inggris Unesa
Program Studi | : | S1 Sastra Inggris |
Tanggal Berdiri | : | 16 September 1998 |
Koordinator Program Studi | : | ALI MUSTOFA |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris yang adaptif, inovatif, berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah;
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam ilmu bahasa, dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah untuk kesejahteraan masyarakat;
- Menyelenggarakan tata kelola program studi Sastra Inggris yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris di bidang penulisan kreatif dan penerjemah
Tujuan
- Mampu mengembangkan pengetahuan Bahasa dan Sastra Inggris dengan baik untuk memasuki karir dalam dunia kepenulisan kreatif dan penerjemahan;
- Memiliki kualitas kepemimpinan dan pembelajaran yang beragam dengan jalan mengolah keterampilan bekerja dalam kelompok, komunikasi, analitis, dan interpretative dan berlandaskan moralitas dan etika;
- Mengembangkan semangat untuk terus belajar sepanjang hayat untuk memenuhi kebutuhan personal dan professional, dan mengembangkan jejaring dalam komunitas professional untuk merespon tuntutan nasional dan global.
Visi
- Visi Umum: Pada akhir tahun 2035 Program Studi Sastra Inggris FBS Unesa menjadi program studi yang tangguh, adaptif, inovatif dalam ilmu bahasa, dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah.
- Visi Keilmuan: Menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris yang Inovatif serta Berorientasi Kewirausahaan dalam Penulisan Kreatif dan Penerjemahan untuk Kontribusi Global
Capaian Lulusan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
- Editor
Mampu menyunting karya sastra dan non-sastra sesuai dengan prinsip dan kaidah pengetahuan dan disiplin ilmu sastra dengan tetap mempertahankan perspektif budaya lokal yang kuat dan merangkul perkembangan teori sastra dan budaya terkini baik lokal maupun global. Profesi yang dituju antara lain copy editor, editor berita, editor jurnal, dan editor buku.
- Spesialis Komunikasi
Mampu mengelola hubungan masyarakat, output informasi, dan permintaan media; merencanakan kampanye media sosial dan upaya periklanan untuk berbagai industri; dan memastikan periklanan perusahaan yang efektif. Profesi yang ditargetkan meliputi pembuat konten, vlogger, podcaster, serta perencana dan analis media dan pariwisata.
- Penulis
Mampu menulis karya sastra dan non sastra serta mempublikasikannya. Profesi yang ditargetkan meliputi blogger, penulis konten, penulis lepas, jurnalis, penulis naskah, penulis kreatif, penulis UI/UX, dan penulis perjalanan.
- Penerjemah
Mampu menerjemahkan teks secara akurat dari bahasa sumber ke bahasa sasaran, dan menulis/menyampaikan, mengedit, serta mengoreksi teks terjemahan agar mudah dibaca (Inggris-Indonesia dan sebaliknya). Profesi yang dituju adalah penerjemah umum, penerjemah khusus, juru bahasa, pengisi suara, pengisi suara, dan penyunting teks film.
Struktur Kurikulum S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Sastra Inggris 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920204312
BASIC PHONETICS
4.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
7920204310
INTENSIVE READING AND WRITING SKILLS
4.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
7920204311
EXTENSIVE READING AND LISTENING
4.00
7920204309
ESSENTIAL COMMUNICATION SKILLS
4.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920202061
ENTREPRENEURSHIP
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
7920204313
CRITICAL ORACY
4.00
7920204314
CRITICAL LITERACY
4.00
7920203095
INTRODUCTION TO LINGUISTICS
3.00
7920203096
INTRODUCTION TO LITERATURE
3.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
1000002018
PANCASILA
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920203315
GLOBAL AND INTERCULTURAL COMMUNICATION
3.00
7920203167
PROSE APPRECIATION
3.00
7920203272
ENGLISH MORPHOLOGY AND SYNTAX
3.00
7920202278
ARGUMENTATIVE WRITING
2.00
7920202258
SPEAKING FOR DEBATING
2.00
7920203152
POETRY APPRECIATION
3.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
7920203337
FUNCTIONAL GRAMMAR IN USE
3.00
7920203350
ENGLISH PHONOLOGY
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920203182
RESEARCH METHODOLOGY IN LINGUISTICS
3.00
7920203302
RESEARCH METHODOLOGY IN LITERATURE
3.00
7920202343
BAHASA JEPANG
2.00
7920202342
BAHASA MANDARIN
2.00
7920202344
BAHASA JERMAN
2.00
7920203059
ENGLISH SEMANTICS AND PRAGMATICS
3.00
7920204348
ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LINGUISTIC
4.00
7920204347
ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LITERATURE
4.00
7920203320
CRITICAL APPROACHES TO LITERATURE
3.00
7920202321
DIGITAL HUMANITIES
2.00
7920204113
LANGUAGE IN SOCIETY
3.00
7920202282
STATISTICS FOR LANGUAGE STUDIES
2.00
7920202318
TRANSLATION: THEORY AND PRACTICE
2.00
7920203317
ENGLISH FOR MEDIA COMMUNICATION
3.00
7920203319
DRAMA AND PERFORMANCE
3.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920202329
DISCOURSE THEORY AND PRACTICE
2.00
7920202070
FILM APPRECIATION
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920209087
ANALISIS PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
4.00
7920209105
IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
4.00
7920209093
DESAIN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
4.00
1000020113
EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
1000020171
PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR
2.00
7920209111
PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
4.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920204340
IMPLEMENTASI DESA WISATA
4.00
7920204339
ANALISIS KEBUTUHAN DESA WISATA
4.00
7920204338
PENGEMBANGAN WEB DESA WISATA
4.00
7920204341
PENYUSUNAN LAPORAN DESA WISATA
4.00
1000020168
PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA
2.00
1000020175
EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920209108
IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
7920209090
ANALISIS PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
1000020118
EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
2.00
7920209096
DESAIN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
7920209114
PENGEMBANGAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
4.00
1000020166
PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920209088
ANALISIS PROGRAM PENELITIAN DAN RISET
4.00
1000020172
PERENCANAAN PROGRAM RISET
2.00
7920209094
DESAIN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET
4.00
7920209106
IMPLEMENTASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET
4.00
1000020133
EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET
2.00
7920209112
PENGEMBANGAN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET
4.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920209097
DESAIN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
4.00
7920209109
IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
4.00
7920209091
ANALISIS PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
4.00
1000020173
PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN
2.00
1000020123
EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
2.00
7920209115
PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN
4.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Magang (18 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920202336
RESEARCH PROPOSAL DEVELOPMENT
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920209104
IMPLEMENTASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
7920209086
ANALISIS PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
7920209110
PENGEMBANGAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
1000020108
EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
2.00
7920209092
DESAIN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI
4.00
Semester ke 7
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 7 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Riset (4 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920202226
WORLD LITERATURE
2.00
7920202136
LITERARY TRANSLATION
2.00
7920202075
GENDER STUDIES
2.00
1000020155
SEMINAR TUGAS AKHIR
2.00
7920202328
KEY CONCEPTS IN PSYCHOLINGUISTICS
2.00
7920202346
COMPARATIVE LITERATURE
2.00
7920202025
CHILDRENS LITERATURE
2.00
7920202324
ENGLISH FOR TOURISM AND HOSPITALITY
2.00
7920203268
EXTRINSIC APPROACHES TO LITERATURE
3.00
7920202325
FIELD IN TRANSLATIONS
2.00
7920204301
ENGLISH FOR BUSINESS COMMUNICATION
3.00
7920202351
INTERPRETATING PRACTICE
2.00
7920202331
STYLISTICS IN USE
2.00
7920202332
APPRAISAL THEORY IN USE
2.00
7920202156
POPULAR CULTURE STUDIES
2.00
7920202323
DIGITAL STORYTELLING
2.00
7920202327
LITERATURE IN THE SCHOOL CURRICULUM
2.00
7920202326
AUDIO VISUAL TRANSLATION
2.00
7920204297
CREATIVE WRITING
3.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7920202345
GREEN READINGS: LITERATURE AND THE ENVIRONMENT
2.00
7920202300
MEMORY AND NARRATIVES
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920204312 | BASIC PHONETICS | 4.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
7920204310 | INTENSIVE READING AND WRITING SKILLS | 4.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
7920204311 | EXTENSIVE READING AND LISTENING | 4.00 | |
7920204309 | ESSENTIAL COMMUNICATION SKILLS | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202061 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
7920204313 | CRITICAL ORACY | 4.00 | |
7920204314 | CRITICAL LITERACY | 4.00 | |
7920203095 | INTRODUCTION TO LINGUISTICS | 3.00 | |
7920203096 | INTRODUCTION TO LITERATURE | 3.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920203315 | GLOBAL AND INTERCULTURAL COMMUNICATION | 3.00 | |
7920203167 | PROSE APPRECIATION | 3.00 | |
7920203272 | ENGLISH MORPHOLOGY AND SYNTAX | 3.00 | |
7920202278 | ARGUMENTATIVE WRITING | 2.00 | |
7920202258 | SPEAKING FOR DEBATING | 2.00 | |
7920203152 | POETRY APPRECIATION | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
7920203337 | FUNCTIONAL GRAMMAR IN USE | 3.00 | |
7920203350 | ENGLISH PHONOLOGY | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920203182 | RESEARCH METHODOLOGY IN LINGUISTICS | 3.00 | |
7920203302 | RESEARCH METHODOLOGY IN LITERATURE | 3.00 | |
7920202343 | BAHASA JEPANG | 2.00 | |
7920202342 | BAHASA MANDARIN | 2.00 | |
7920202344 | BAHASA JERMAN | 2.00 | |
7920203059 | ENGLISH SEMANTICS AND PRAGMATICS | 3.00 | |
7920204348 | ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LINGUISTIC | 4.00 | |
7920204347 | ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LITERATURE | 4.00 | |
7920203320 | CRITICAL APPROACHES TO LITERATURE | 3.00 | |
7920202321 | DIGITAL HUMANITIES | 2.00 | |
7920204113 | LANGUAGE IN SOCIETY | 3.00 | |
7920202282 | STATISTICS FOR LANGUAGE STUDIES | 2.00 | |
7920202318 | TRANSLATION: THEORY AND PRACTICE | 2.00 | |
7920203317 | ENGLISH FOR MEDIA COMMUNICATION | 3.00 | |
7920203319 | DRAMA AND PERFORMANCE | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202329 | DISCOURSE THEORY AND PRACTICE | 2.00 | |
7920202070 | FILM APPRECIATION | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209087 | ANALISIS PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
7920209105 | IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
7920209093 | DESAIN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
1000020171 | PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR | 2.00 | |
7920209111 | PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920204340 | IMPLEMENTASI DESA WISATA | 4.00 | |
7920204339 | ANALISIS KEBUTUHAN DESA WISATA | 4.00 | |
7920204338 | PENGEMBANGAN WEB DESA WISATA | 4.00 | |
7920204341 | PENYUSUNAN LAPORAN DESA WISATA | 4.00 | |
1000020168 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 | |
1000020175 | EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209108 | IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
7920209090 | ANALISIS PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020118 | EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
7920209096 | DESAIN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
7920209114 | PENGEMBANGAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209088 | ANALISIS PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
1000020172 | PERENCANAAN PROGRAM RISET | 2.00 | |
7920209094 | DESAIN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
7920209106 | IMPLEMENTASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
1000020133 | EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 2.00 | |
7920209112 | PENGEMBANGAN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209097 | DESAIN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
7920209109 | IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
7920209091 | ANALISIS PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 | |
1000020123 | EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 2.00 | |
7920209115 | PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202336 | RESEARCH PROPOSAL DEVELOPMENT | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209104 | IMPLEMENTASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
7920209086 | ANALISIS PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
7920209110 | PENGEMBANGAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
1000020108 | EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 2.00 | |
7920209092 | DESAIN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202226 | WORLD LITERATURE | 2.00 | |
7920202136 | LITERARY TRANSLATION | 2.00 | |
7920202075 | GENDER STUDIES | 2.00 | |
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 | |
7920202328 | KEY CONCEPTS IN PSYCHOLINGUISTICS | 2.00 | |
7920202346 | COMPARATIVE LITERATURE | 2.00 | |
7920202025 | CHILDRENS LITERATURE | 2.00 | |
7920202324 | ENGLISH FOR TOURISM AND HOSPITALITY | 2.00 | |
7920203268 | EXTRINSIC APPROACHES TO LITERATURE | 3.00 | |
7920202325 | FIELD IN TRANSLATIONS | 2.00 | |
7920204301 | ENGLISH FOR BUSINESS COMMUNICATION | 3.00 | |
7920202351 | INTERPRETATING PRACTICE | 2.00 | |
7920202331 | STYLISTICS IN USE | 2.00 | |
7920202332 | APPRAISAL THEORY IN USE | 2.00 | |
7920202156 | POPULAR CULTURE STUDIES | 2.00 | |
7920202323 | DIGITAL STORYTELLING | 2.00 | |
7920202327 | LITERATURE IN THE SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
7920202326 | AUDIO VISUAL TRANSLATION | 2.00 | |
7920204297 | CREATIVE WRITING | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202345 | GREEN READINGS: LITERATURE AND THE ENVIRONMENT | 2.00 | |
7920202300 | MEMORY AND NARRATIVES | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris beserta kelengkapannya ditinjau secara periodik untuk menjaga kesesuaian dengan visi dan misi prodi, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang linguistik, sastra, dan budaya, serta harapan dari stakeholder. Mekanisme pelaksanaan peninjauan kurikulum di Prodi S1 Sastra Inggris mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA. Kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris beserta kelengkapannya ditinjau secara periodik untuk menjaga kesesuaian dengan visi dan misi prodi, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang linguistik, sastra, dan budaya, serta harapan dari stakeholder. Mekanisme pelaksanaan peninjauan kurikulum di Prodi S1 Sastra Inggris mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA. Berikut ini adalah mekanisme peninjauan kurikulum:
- Koorprodi membentuk tim pengembang kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris untuk melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum yang beranggotakan dosen-dosen yang memiliki pengetahuan di bidang kurikulum dan keahlian ilmu sastra dan bahasa Inggris.
- Tim pengembang kurikulum melakukan identifikasi awal dengan menelaah beberapa mata kuliah dan melakukan analisis kebutuhan dan kondisi dunia industri.
- Tim pengembang kurikulum mengundang pihak-pihak terkait untuk melakukan FGD (forum group discussion) yang melibatkan pihak industri, alumni, praktisi, dan pakar sejawat untuk mendapatkan masukan tentang trend perkembangan ilmu pengetahuan dan trend dunia industri.
- Selanjutnya tim pengembang kurikulum mereview kurikulum lama dan menyusun draf kurikulum baru dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang tersebut pada butir (b). Di dalam rancangan kurikulum ditetapkan trend competency dan mapping sifat mata kuliah serta kemungkinan perubahan struktur pada mata kuliah dan banyaknya mata kuliah baru.
- Draf kurikulum dibahas oleh tim pengembang kurikulum bersama para dosen dalam rapat Prodi. Pembahasan dan revisi draf kurikulum dilakukan beberapa kali untuk menjamin kualitas kurikulum.
- Tim pengembang kurikulum selanjutnya akan melakukan sanctioning terhadap draf akhir kurikulum. Draf akhir kurikulum kemudian direvisi oleh tim pengembang kurikulum berdasarkan hasil sanctioning. Setelah draf akhir kurikulum disempurnakan dan kurikulum baru tersusun dengan baik, maka tim pengembang kurikulum melakukan finalisasi.
- Kurikulum final diserahkan ke Ketua Prodi dan Jurusan untuk diberikan persetujuan serta diberikan ke Dekan untuk disahkan dan dianggap layak untuk diimplementasikan.
Kurikulum baru diimplementasikan pada semester gasal setiap periodenya.
Tracer Study
Hasil tracer study yang dilakukan pada tahun 2021 untuk lulusan tahun 2020 menunjukkan bahwa sekitar 20% lulusan bekerja pada bidang yang sama sekali tidak relevan dengan bidang kajian yang dikembangkan di Prodi. Meskipun 80% lulusan yang mengisi survei tracer study menunjukkan tingkat relevansi pekerjaan dengan bidang studi saat kuliah, tentunya Prodi S1 Sastra Inggris tidak boleh lengah. Perlu dipikirkan keterampilan kreatif yang dikembangkan di perkuliahan yang sudah ada atau menghapus mata kuliah yang dinilai tidak relevan dengan kebutuhan di lapangan. Berdasarkan hasil tracer study, Prodi S1 Sastra Inggris menetapkan profil lulusan untuk diarahkan pada bidang-bidang yang terkait dengan writerpreneurship.
Rekap CPL Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
PKL | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Critical Listening | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Pronunciation Practice | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Kewirausahaan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Australian Society and Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English Semantics and Pragmatics | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
World Literature** | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Language in Society | 3 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Critical Reading | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Speaking for Debating | 2 | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||
Intepreting Practice | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Active Reading | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Prose Appreciation | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Intrinsic Approaches to Literature | 2 | 27.27% | 45.45% | 27.27% | 99.99 % | ||||||||
Drama Appreciation | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Expository and Analytical Writing | 2 | 34.15% | 34.15% | 31.71% | 100 % | ||||||||
Creative Writing | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research Methodology in Literature | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Introduction To Linguistics | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Skripsi | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Western Society and Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Thesis Proposal Writing | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Introduction To Literature | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Gender Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Film Appreciation | 2 | 5.56% | 50% | 44.44% | 100 % | ||||||||
Subtitling | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Essential Writing Skills | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Essential Speaking Skills | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Intensive Reading Skills | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Intercultural Communication | 2 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
English Phonology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Public Speaking | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Childrens Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Indonesian Society and Culture | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Extrinsic Approaches to Literature | 2 | 35.29% | 41.18% | 23.53% | 100 % | ||||||||
Literary Translation | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
World Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English For Tourism | 2 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Entrepreneurship | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Reading For Research | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Psycholinguistics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Stylistics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Popular Culture Studies | 2 | 21.43% | 21.43% | 35.71% | 21.43% | 100 % | |||||||
Research Methodology In Linguistics | 3 | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||||
World Englishes | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
English for Business Communication | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Essential English Grammar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Poetry Appreciation | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Argumentative Writing | 2 | 37.5% | 50% | 12.5% | 100 % | ||||||||
Listening for General Communication | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
English Morphology and Syntax | 3 | 19.05% | 38.1% | 23.81% | 19.05% | 100 % | |||||||
Introduction to Translation | 2 | 50% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Functional Grammar | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Statistics for Language Studies | 2 | 40% | 30% | 30% | 100 % | ||||||||
Language and Media | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Discourse and Multimodality | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
American Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing For Research Purpose In Literature | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing For Research Purpose In Linguistic | 4 | 40% | 30% | 30% | 100 % | ||||||||
Intensive Listening Skills | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Western Society and Culture | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Active Listening | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
English Correspondence | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Western Society and Culture | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Theory Of Literature | 3 | 5.88% | 47.06% | 41.18% | 5.88% | 100 % | |||||||
Extrinsic Approaches to Literature | 3 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Filsafat Ilmu (Bahasa dan Sastra) | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Written Integrated English | 6 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Sociolinguistics & English Language History | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
English for Media Industry | 6 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Extensive Reading | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Creative Writing | 6 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English for Business Communication | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Language Training Industry | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Theatre and Scriptwriting | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Journalism In English | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Introduction to Asian Studies | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Critical reading | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Prose Appreciation & Criticism | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research Methodology In Literature | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Basic English Grammar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Prose Appreciation | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Poetry Appreciation | 3 | 22.22% | 22.22% | 27.78% | 27.78% | 100 % | |||||||
Language at Workplace | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Corpus Linguistics | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Apprenticeship | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Literature and Memory | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Writerpreneurship | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Citizen Journalism | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Englishh for Business Communication | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Critical Thinking | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Language and the Internet | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Professional Ethics | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic Phonetics | 4 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Essential Communication Skills | 4 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | |||||||
Extensive Reading and Listening | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Global and Intercultural Communication | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Intensive Reading and Writing Skills | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Stylistics in Use | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Translation: Theory and Practice | 2 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Appraisal Theory in Use | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Critical Approaches to Literature | 3 | 31.58% | 36.84% | 31.58% | 100 % | ||||||||
Critical Literacy | 4 | 30% | 40% | 20% | 10% | 100 % | |||||||
Critical Oracy | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Digital Humanities | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Discourse Theory and Practice | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Drama and Performance | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English for Media Communication | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Key Concepts in Psycholinguistics | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Literature in the School Curriculum | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Research Proposal Development | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Functional Grammar in Use | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Analisis Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Mengajar di Sekolah | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Penelitian dan Riset | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Mengajar di Sekolah | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Desain Program Penelitian dan Riset | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Implementasi Program Mengajar di Sekolah | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Penelitian dan Riset | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pengembangan Program Magang Praktik Industri | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Pengembangan Program Mengajar di Sekolah | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Penelitian dan Riset | 4 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Kebutuhan Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Pengembangan Web Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Penyusunan Laporan Desa Wisata | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic Chinese | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Bahasa Jepang | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Bahasa Jerman | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Literature and Environment | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Comparative Literature | 2 | 20% | 50% | 30% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Program Studi S1 Sastra Inggris didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Pendirian program S1 Sastra Inggris ini sendiri merupakan bagian dari pemberian mandat IKIP Surabaya untuk mmenyelenggarakan program studi berbasis non-kependidikan. IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah beroperasi sejak tahun 1964 berubah menjadi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang menjalankan dua program studi, yakni S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Sastra Inggris. Sejak didirikan pada tahun 1997 dan kelas perdana dibuka pada tahun akademik 1998/1999, kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris telah mengalami beberapa kali perubahan. Sejak tahun 2015, Prodi S1 Sastra Inggris menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengembengkan kurikulum berbasis outcome (Outcome-based Education, OBE). Kurikulum ini kemudian direstrukturisasi ketika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan demikian, Prodi S1 Sastra Inggris secara resmi menjalankan kurikulum MBKM sejak tahun akademik 2020/2021. Dokumen kurikulum yang dilaporkan di sini merupakan rincian dari kruikulum MBKM yang telah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama maksimal 3 semester untuk menjalankan program-program MBKM antara lain: pertukaran mahasiswa, magang kerja, magang riset, asistensi mengajar, kewirausahaan, studi independen, KKN di desa, dan program kemanusiaan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved