•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Manajemen Olahraga Unesa

 
Program Studi  :  S2 Manajemen Olahraga
Tanggal Berdiri  :  27 Mei 2024
Koordinator Program Studi  :  CATUR SUPRIYANTO
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi magister yang unggul dalam pengembangan ilmu manajemen olahraga yang berbasis riset, teknologi, dan kewirausahaan di tingkat nasional dan internasional tahun 2035.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis bertaraf global
  2. Menyelenggarakan penelitian transformatif di bidang manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis olahraga
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen olahraga yang berbasis teknologi dan etika bisnis

Tujuan
  1. 1. Menghasilkan lulusan magister manajemen olahraga yang kompeten, adaptif, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. 2. Mendorong pengembangan inovasi dan kewirausahaan (sportpreneurship) berbasis riset dan teknologi.
  3. 3. Meningkatkan kapasitas penelitian terapan di bidang manajemen olahraga yang relevan dengan kebijakan nasional.
  4. 4. Menjalin kemitraan strategis dengan institusi olahraga nasional dan internasional.
  5. 5. Meningkatkan tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada mutu.

Capaian Lulusan Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu memahami dan mengaktualisasikan konsep teoritis tentang inovasi bidang olahraga untuk menganalisis permasalahan bidang olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu memahami konsep teoritis management strategy, leadership dan integritas di lingkup manajemen olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu menguasai konsep dan metode untuk memahami, mengidentifikasi, dan menganalisis masalah bidang kewirausahaan olahraga secara kontekstual
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu menguasai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian bidang manajemen olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah konteks sport tourism, dan sport events
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, serta memonitoring dan evaluasi contoh sport edupreneurship di Indonesia
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu memilih media untuk proses pemasaran, sponsorship dan branding kegiatan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
  • Prodi S2 Manajemen Olahraga akan mencetak lulusan dengan profil sebagai berikut:
  • 1. Manajer Profesional Olahraga: Mengelola organisasi olahraga dengan prinsip efisiensi, etika, dan inovasi.
  • 2. Konsultan dan Analis Kebijakan Olahraga: Mampu merumuskan dan mengevaluasi kebijakan publik dan strategi pengembangan olahraga.
  • 3. Sportpreneur: Wirausahawan di sektor olahraga berbasis kreativitas, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
  • 4. Akademisi dan Peneliti: Mengembangkan ilmu manajemen olahraga berbasis pendekatan ilmiah dan teknologi mutakhir.
2024 |

Struktur Kurikulum S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

2024

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8530303003 EKONOMI OLAHRAGA 3.00
1000002181 FILSAFAT ILMU 2.00
8530302018 HUKUM OLAHRAGA 2.00
8530304002 METODE PENELITIAN 4.00
8530303005 PEMASARAN OLAHRAGA 3.00
8530303001 STRATEGI MANAJEMEN OLAHRAGA 3.00
8530303004 SUMBER DAYA MANUSIA INDUSTRI OLAHRAGA 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8530303009 MANAJEMEN FASILITAS OLAHRAGA 3.00
8530303012 MANAJEMEN EVENT OLAHRAGA 3.00
8530304010 MANAJEMEN OLAHRAGA REKREASI 4.00
8530303011 MANAJEMEN PENDIDIKAN OLAHRAGA 3.00
8530303007 PEMBELAJARAN EKONOMI DIGITAL 3.00
8530303006 STATISTIK 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004187 INTERNSHIP 4.00
1000003185 PROPOSAL TUGAS AKHIR 3.00
1000004186 PUBLIKASI 4.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8530307016 TESIS 7.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

Dilakukan setiap 2 tahun melalui forum evaluasi akademik, tracer study alumni, Focus Group Discussion, dan review kurikulum.

Rekap CPL Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12
Sumber Daya Manusia Industri Olahraga 3 15% 30% 40% 15% 100 %
Ekonomi Olahraga 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Pemasaran Olahraga 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Strategi Manajemen Olahraga 3 50% 50% 100 %
Filsafat Ilmu 2 22.22% 33.33% 22.22% 22.22% 99.99 %
Hukum Olahraga 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Pembelajaran Ekonomi Digital 3 60% 20% 20% 100 %
Statistik 3 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Manajemen Olahraga Rekreasi 4 44.44% 55.56% 100 %
Manajemen Pendidikan Olahraga 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Manajemen Event Olahraga 3 21.43% 42.86% 35.71% 100 %
Internship 4 25% 50% 25% 100 %
Manajemen Fasilitas Olahraga 3 8.33% 16.67% 41.67% 33.33% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Manajemen Olahraga
Universitas Negeri Surabaya