•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga Unesa

 
Program Studi  :  S2 Kepelatihan Olahraga
Tanggal Berdiri  : 
Koordinator Program Studi  :  NURKHOLIS
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi magister unggulan di bidang kepelatihan olahraga yang religius, humanis, dan inovatif dalam menghasilkan tenaga profesional dan ilmuwan kepelatihan olahraga yang berdaya saing global untuk mendukung terwujudnya prestasi olahraga Indonesia Emas 2045.
Misi
  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan magister kepelatihan olahraga yang unggul dan integratif, berlandaskan sport science dan nilai-nilai religius, humanis, serta inovatif
  2. 2. Mengembangkan penelitian aplikatif dan interdisipliner dalam bidang kepelatihan olahraga untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data dan ilmu dalam pembinaan atlet.
  3. 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program pelatihan dan pengembangan sumber daya pelatih olahraga yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan dunia olahraga prestasi.
  4. 4. Menjalin kerja sama strategis dengan pemangku kepentingan olahraga seperti KONI, DISPORA, institusi pendidikan, komunitas pelatih, dan pusat keunggulan sport science, baik di tingkat nasional maupun internasional
  5. 5. Mencetak lulusan profesional dan berdaya saing global yang mampu menjadi pelatih utama, konsultan, dosen, dan peneliti dalam bidang kepelatihan olahraga untuk mendukung sistem pembinaan prestasi nasional.

Tujuan
  1. 1. Menghasilkan Lulusan Berkualitas: Menghasilkan tenaga profesional dalam bidang kepelatihan olahraga yang memiliki kompetensi tinggi, pemahaman mendalam, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam olahraga
  2. 2. Pengembangan Riset dan Inovasi: Memfasilitasi dan mengembangkan penelitian aplikatif yang mendukung pengambilan keputusan berbasis data dalam pembinaan atlet serta mendorong inovasi dalam praktik kepelatihan.
  3. 3. Peningkatan Kapasitas Pelatih: Menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan dunia olahraga prestasi, termasuk pelatihan bagi pelatih di tingkat akar rumput.
  4. 4. Kerja Sama Strategis: Membangun kemitraan dengan stakeholder olahraga seperti KONI, DISPORA, institusi pendidikan, dan organisasi pelatih untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan program kepelatihan olahraga di Indonesia.
  5. 5. Mendukung Prestasi Olahraga Nasional: Berkontribusi terhadap pembangunan sistem pembinaan prestasi olahraga nasional yang lebih baik guna mendukung mencapai visi Indonesia Emas 2045, dengan lulusan yang dapat berperan sebagai pelatih utama, konsultan, dosen, dan peneliti di bidang kepelatihan olahraga
  6. 6. Pengembangan Etika dan Integritas: Menanamkan nilai-nilai religius, humanis, dan inovatif dalam setiap proses pendidikan, menjadikan lulusan sebagai individu yang beretika dan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah):
  2. 1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  3. 2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. 3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. 4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. 5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. 6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. 7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah
  9. 8. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. 9. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  11. 10. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Etika dan Tanggung Jawab Sosial : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, dan etika dengan menunjukkan sikap religius, menghargai keanekaragaman budaya, serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di bidang keahlian.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Kemandirian dan Nasionalisme: Menginternalisasi semangat kemandirian, kewirausahaan, dan cinta tanah air, serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat dan peradaban berdasarkan Pancasila dengan taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Penguasaan Ilmu Olahraga dan Kepelatihan: Menguasai pengetahuan mendalam tentang anatomi, fisiologi, psikologi, dan biomekanika, serta metodologi kepelatihan olahraga, dan mampu menyimpulkan teori serta konsep dalam ilmu kepelatihan. Selain itu, menguasai konsep IPTEKOR dan metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran yang berbasis pada Revolusi Industri 4.0 untuk pengembangan dan pembinaan atlet.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Pengembangan Pemikiran Ilmiah : Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui kajian penelitian ilmiah, dengan memperhatikan nilai fisiologis, psikologis, anatomis, dan biomekanika olahraga.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Penyusunan dan Publikasi Tesis: Menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian yang sesuai dengan kaidah dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, serta mempublikasikan tulisan di jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2 dan mendapatkan pengakuan internasional melalui presentasi ilmiah.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Komunikasi dan Etika Akademik: Mampu menyusun ide, argumen saintifik, dan hasil pemikiran secara bertanggung jawab berdasar pada etika akademik, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas lewat berbagai media
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Identifikasi Bidang Keilmuan: Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian dan menempatkannya dalam peta penelitian dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Pengelolaan Data Penelitian: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kepelatihan olahraga berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi, data dan fakta yang akan menghasilkan karya yang teruji dan inovatif.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 Mampu memecahkan permasalahan kepelatihan olahraga dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner ilmu melalui penelitian
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 Mampu menghasilkan riset dan karya ilmiah yang berkontribusi bagi masyarakat olahraga prestasi serta mempublikasikannya di jurnal terakreditasi sinta 2 dan jurnal internasional bereputasi
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S2 Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum Transformasi

    Semester ke 1

    Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah
    • Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (4 SKS)
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8530204005 ANALISIS PERFORMA CABANG OLAHRAGA 4.00
    8530203001 ETIKA DAN KARIR KEPELATIHAN OLAHRAGA 3.00
    8530203003 FISIOLOGI OLAHRAGA 3.00
    8530203004 PSIKOLOGI KEPELATIHAN OLAHRAGA 3.00
    Matakuliah Proyek Kemanusiaan
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8530204002 METODOLOGI PENELITIAN 4.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8530204009 ANATOMI DAN KINESIOLOGI 4.00
    8530212007 BIOMEKANIKA OLAHRAGA 3.00
    8530204008 PENERAPAN TEKNOLOGI OLAHRAGA PRESTASI 4.00
    8530203006 STATISTIK DAN PENGOLAHAN DATA PENELITIAN 3.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8530204011 EVALUASI DAN ASSESSMENT OLAHRAGA 4.00
    8530203010 FILSAFAT ILMU 3.00
    8530204012 IDENTIFIKASI DAN PENGEMBANGAN BAKAT OLAHRAGA 4.00
    8530203013 INOVASI KEPELATIHAN OLAHRAGA 3.00
    8530203016 SPECIAL COACH 3.00
    8530203017 SPECIAL PERSONAL TRAINER 3.00
    8530203018 SPECIAL PHYSICAL CONDITIONING 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8530204014 PUBLIKASI 4.00
    8530233015 TESIS 6.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    Paradigma: Kepemimpinan Riset dan Inovasi Global dalam Ilmu Keolahragaan

    1. Penelitian Lanjutan dalam Ilmu Keolahragaan Berbasis Teknologi Canggih: perkembangan olahraga baik untuk kesehatan, kebugaran dan peningkatan performa atlet sudah memadukan SDM dan teknologi. Teknologi disini dikembangkan dan digunakan sebagai bagian dalam memperkuat hasil analisis, penentuan Keputusan, monitoring, evaluasi dan aplikasi yang tepat dalam penyusunan program olahraga untuk kelompok Masyarakat. Selanjutnya penerapan teknologi seperti AI dalam analisis biomekanika gerak, analisis genetic, serta otomatisasi monitoring akan memberikan kemudahan dan daya analisis yang sangat optimal dalam berbagai permasalahan dibidang olahraga.

    2. Olahraga Berkelanjutan (Sustainability in Sport): Perubahan gaya hidup Masyarakat hingga kebutuhan peningkatan performa mengharuskan penyusunan program olahraga dan pengembangan olahraga yang menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat dan atlet. Sehingga olahraga mampu memberikan dampak yang optimal dalam mendukung aktivitas Masyarakat dan Atlet. 

    3. Riset Translasi (Translational Research): Penekanan pada penerjemahan hasil riset laboratorium menjadi aplikasi nyata yang dapat diterapkan dalam latihan atlet, rehabilitasi cedera, dan pengelolaan kesehatan masyarakat. Program ini menekankan dampak luas dari penelitian ilmiah terhadap kebijakan publik, industri olahraga, dan pengembangan komunitas.

     4. Kepemimpinan Akademik dan Profesional: Mahasiswa S-3 diharapkan menjadi pemimpin di bidangnya, tidak hanya dalam hal riset, tetapi juga dalam pengembangan kebijakan olahraga nasional dan internasional. Penguatan jejaring dan kolaborasi internasional menjadi kunci.

    5. Multidisiplin dan Kolaboratif Global: Doktoral dalam ilmu keolahragaan harus mengembangkan kerja sama riset lintas negara dan lintas disiplin, seperti antara ilmu olahraga, bioteknologi, kedokteran olahraga, dan neurofisiologi untuk memecahkan masalah-masalah kompleks di bidang olahraga dan kesehatan global.

     6. Mengacu pada Standar AECT terbaru tahun 2012, yang mencakup lima aspek utama yaitu pengetahuan konten, pedagogi konten, lingkungan belajar, pengetahuan dan keterampilan profesional, serta penelitian. Menyelaraskan dengan tuntutan kurikulum 2013, terutama terkait dengan keterampilan abad 21 yang dikenal sebagai 4C, yakni Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, Kreativitas, Kemampuan Komunikasi, dan Kemampuan Bekerja Sama. Selain itu, menyesuaikan dengan konteks kehidupan dalam era Revolusi Industri 4.0, di mana seluruh komponen dapat berkomunikasi secara real-time kapan saja dengan memanfaatkan teknologi internet dan CPS untuk menciptakan nilai baru.

    Rekap CPL Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13CPL14CPL15
    Metodologi penelitian 4 50% 50% 100 %
    Analisis performa cabang Olahraga 4 46.67% 33.33% 20% 100 %
    Penerapan Teknologi Olahraga Prestasi 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Etika dan Karir Kepelatihan Olahraga 3 25% 37.5% 37.5% 100 %
    Psikologi kepelatihan Olahraga 3 57.14% 42.86% 100 %
    Biomekanika Olahraga 3 100% 100 %
    Anatomi dan Kinesiologi 4 100% 100 %
    Statistik dan Pengolahan data penelitian 3 33.33% 66.67% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    a) Landasan Hukum

      1. Pancasila dan UUD 1945;

     2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

     3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586)

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; 

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi; 

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya; 

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain; 

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan; 

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta; 13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 

    13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024; 

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; 

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya; 

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020 2024; 

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

     19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya2022 2045; 

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.