Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia Unesa
| Program Studi | : | S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia |
| Tanggal Berdiri | : | 28 Mei 2025 |
| Koordinator Program Studi | : | SYUNU TRIHANTOYO |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Multidisiplin yang Menghasilkan Lulusan Sebagai Pengembang Sumber Daya Manusia yang Tangguh, Adaptif, dan Inovatif Berbasis Digital CapitalMisi
- Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas, multidisiplin, dan berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, inovatif, serta memiliki kemampuan memanfaatkan dan mengembangkan digital capital dalam pengembangan sumber daya manusia.
- Mengembangkan penelitian yang unggul, inovatif, dan berorientasi pada solusi di bidang pengembangan sumber daya manusia, dengan menekankan pemanfaatan teknologi digital untuk menjawab tantangan global, mendukung pembangunan berkelanjutan, serta memberikan kontribusi pada penguatan kebijakan publik maupun praktik profesional.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif dan transformatif dengan mengintegrasikan ilmu multidisiplin dan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup, memberdayakan masyarakat, serta mendorong transformasi sosial-ekonomi di berbagai sektor.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan inovatif dalam pengembangan sumber daya manusia, dengan kemampuan mengintegrasikan nilai keberlanjutan (sustainability values) dan pemanfaatan digital capital untuk menghadapi tantangan era digital, meningkatkan daya saing, serta memberi kontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor.
- Mengembangkan penelitian multidisiplin yang inovatif dan berdampak pada penguatan kebijakan, strategi, dan praktik pengembangan sumber daya manusia, dengan fokus pada penerapan teknologi digital dan prinsip keberlanjutan untuk menjawab isu-isu global.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis pemberdayaan sumber daya manusia berkelanjutan, dengan mengintegrasikan teknologi digital sebagai instrumen transformasi sosial, peningkatan kualitas hidup, serta akselerasi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Nilai_dasar
- Diversity: Menghargai keberagaman ilmu dan menerapkan pendekatan multidisiplin dalam pengembangan SDM.
- Integrity: Menegakkan kejujuran, etika, dan akuntabilitas dalam seluruh aktivitas akademik dan profesional.
- Green Values: Mendorong pengembangan SDM dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan, green workplace, dan SDGs.
- Innovation: Membangun budaya inovasi dan adaptasi dalam menghadapi disrupsi digital dan tantangan global.
- Transformation: Mendorong terjadinya perubahan paradigma dan praktik dalam pengembangan SDM di berbagai sektor (pendidikan, pemerintahan, bisnis, dan pemberdayaan masyarakat).
- Academic Excellence: Mewujudkan mutu akademik unggul melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian berbasis riset.
- Leadership: Membentuk lulusan yang berjiwa kepemimpinan serta mampu membangun jejaring strategis di tingkat nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
| CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-5 | Mengidentifikasi, merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program PSDM sesuai kebutuhan organisasi
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-6 | Memimpin lembaga/organisasi dengan kepemimpinan visioner, transformasional, dan strategis
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-7 | Memberikan konsultasi profesional dalam manajemen talenta, kinerja, budaya organisasi, dan desain organisasi adaptif
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-8 | Memanfaatkan teknologi digital, analitik data, dan AI dalam perencanaan, pengembangan, dan evaluasi PSDM
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-9 | Melaksanakan penelitian interdisipliner berbasis metode ilmiah dan digital capital dalam bidang PSDM
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-10 | Menghasilkan karya ilmiah bermutu dan mempublikasikannya di forum akademik/jurnal bereputasi
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-11 | Mengembangkan kebijakan, model, dan inovasi program PSDM yang responsif terhadap dinamika sosial, budaya, teknologi, dan lingkungan strategis
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-12 | Berperan sebagai agen perubahan (change agent) dalam peningkatan kapasitas individu, kelompok, dan organisasi
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
- Profesional Bidang Perencana dan Pengembang Sumber Daya Manusia
Lulusan mampu mengidentifikasi, merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi, baik di sektor pendidikan, bisnis, pemberdayaan masyarakat, maupun pemerintahan. Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan mencakup pemahaman mendalam tentang kebutuhan organisasi, analisis kompetensi, serta penerapan strategi pengembangan yang efektif.
- Pemimpin Lembaga
Lulusan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di berbagai lembaga, baik itu institusi pendidikan, pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, atau bisnis. Kompetensi lulusan mencakup kemampuan dalam manajemen strategis, pengambilan keputusan, serta pengelolaan organisasi dengan pendekatan kepemimpinan yang visioner dan transformasional.
- Konsultan Sumber Daya Manusia
Lulusan diproyeksikan berkarir sebagai konsultan yang memberikan solusi terhadap masalah-masalah pengembangan SDM di berbagai organisasi. Lulusan memiliki kompetensi untuk memberikan analisis dan rekomendasi terkait manajemen talenta, manajemen kinerja, pengembangan budaya organisasi, serta desain organisasi yang efisien.
- Peneliti Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Lulusan mampu melakukan penelitian berbasis digital capital guna mendukung pengembangan sumber daya manusia di berbagai sektor. Lulusan memiliki kompetensi dalam melakukan kajian penelitian dengan berbagai metode penelitian serta mengintegrasikan teknologi digital dalam analisis data.
- Dosen
Lulusan dipersiapkan untuk menjadi dosen yang kompeten dalam mengajar dan mengembangkan kurikulum di bidang PSDM. Lulusan memiliki kemampuan merancang materi ajar berbasis teori dan praktik terkini, melaksanakan penelitian dan pengabdian, serta memfasilitasi kolaborasi antara akademisi, praktisi, dan institusi.
Struktur Kurikulum S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S2 PSDM
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9510602007
ETIKA DAN PERILAKU ORGANISASI
2.00
9510602002
FILSAFAT ILMU PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
2.00
9510603001
ISU-ISU KONTEMPORER PSDM
3.00
9510602008
SISTEM INFORMASI SDM DAN KINERJA ORGANISASI
2.00
9510602005
SISTEM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
2.00
9510603009
TEORI PENGEMBANGAN SDM
3.00
9510603006
KEPEMIMPINAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI
3.00
9510602003
KOMUNIKASI ORGANISASI DAN NEGOSIASI
2.00
9510602004
MANAJEMEN PERUBAHAN DAN INOVASI ORGANISASI
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9510602011
ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN TALENT MANAGEMENT
2.00
9510602013
DATA DRIVEN DECISION MAKING IN HRD
2.00
9510602015
EVALUASI KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR PENDIDIKAN
2.00
9510602012
HRD TECHNOLOGY AND DATA ANALYTICS
2.00
1000003185
PROPOSAL TUGAS AKHIR
3.00
9510602020
REFORMASI BIROKRASI DAN PENGEMBANGAN SDM PEMERINTAHAN
2.00
9510602016
PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM
2.00
9510602024
INOVASI BISNIS DIGITAL DAN PENGEMBANGAN SDM
2.00
9510602021
MANAJEMEN KESEJAHTERAAN PEGAWAI PEMERINTAHAN
2.00
1000003182
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
9510602014
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
2.00
9510602019
PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL DAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL
2.00
9510602025
HUBUNGAN INDUSTRIAL
2.00
9510602022
KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK
2.00
9510602018
KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL
2.00
9510602010
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
2.00
9510602023
NEGOSIASI DAN RESOLUSI KONFLIK
2.00
9510602017
PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DAN KEADILAN SOSIAL
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004186
PUBLIKASI
4.00
1000002166
SEMINAR HASIL PENELITIAN
3.00
9510602026
STUDI LAPANGAN/INTERNSHIP
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000007108
TUGAS AKHIR
7.00
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 9510602007 | ETIKA DAN PERILAKU ORGANISASI | 2.00 | |
| 9510602002 | FILSAFAT ILMU PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA | 2.00 | |
| 9510603001 | ISU-ISU KONTEMPORER PSDM | 3.00 | |
| 9510602008 | SISTEM INFORMASI SDM DAN KINERJA ORGANISASI | 2.00 | |
| 9510602005 | SISTEM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM | 2.00 | |
| 9510603009 | TEORI PENGEMBANGAN SDM | 3.00 | |
| 9510603006 | KEPEMIMPINAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI | 3.00 | |
| 9510602003 | KOMUNIKASI ORGANISASI DAN NEGOSIASI | 2.00 | |
| 9510602004 | MANAJEMEN PERUBAHAN DAN INOVASI ORGANISASI | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 9510602011 | ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN TALENT MANAGEMENT | 2.00 | |
| 9510602013 | DATA DRIVEN DECISION MAKING IN HRD | 2.00 | |
| 9510602015 | EVALUASI KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 9510602012 | HRD TECHNOLOGY AND DATA ANALYTICS | 2.00 | |
| 1000003185 | PROPOSAL TUGAS AKHIR | 3.00 | |
| 9510602020 | REFORMASI BIROKRASI DAN PENGEMBANGAN SDM PEMERINTAHAN | 2.00 | |
| 9510602016 | PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM | 2.00 | |
| 9510602024 | INOVASI BISNIS DIGITAL DAN PENGEMBANGAN SDM | 2.00 | |
| 9510602021 | MANAJEMEN KESEJAHTERAAN PEGAWAI PEMERINTAHAN | 2.00 | |
| 1000003182 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
| 9510602014 | PENDIDIKAN MULTIKULTURAL | 2.00 | |
| 9510602019 | PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL DAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL | 2.00 | |
| 9510602025 | HUBUNGAN INDUSTRIAL | 2.00 | |
| 9510602022 | KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK | 2.00 | |
| 9510602018 | KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL | 2.00 | |
| 9510602010 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN | 2.00 | |
| 9510602023 | NEGOSIASI DAN RESOLUSI KONFLIK | 2.00 | |
| 9510602017 | PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DAN KEADILAN SOSIAL | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000004186 | PUBLIKASI | 4.00 | |
| 1000002166 | SEMINAR HASIL PENELITIAN | 3.00 | |
| 9510602026 | STUDI LAPANGAN/INTERNSHIP | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000007108 | TUGAS AKHIR | 7.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) SPS UNESA dilaksanakan secara periodik dan berkesinambungan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan ketentuan dalam Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023. Evaluasi ini mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengendalian, serta perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) yang menjadi prinsip dasar penjaminan mutu internal.
A. Kesesuaian dengan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi
Kurikulum dievaluasi untuk memastikan seluruh capaian pembelajaran lulusan (CPL) selaras dengan visi prodi sebagai program studi multidisiplin pengembang SDM tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis digital capital. Misi dan tujuan prodi, yang menekankan digital capital, sustainability values, dan green HRD, menjadi pedoman dalam merumuskan struktur mata kuliah, profil lulusan, dan capaian pembelajaran yang relevan.
B. Kesesuaian dengan SN-Dikti dan Standar OBE
Evaluasi kurikulum berorientasi pada Outcome Based Education (OBE), dengan memperhatikan:
- Profil lulusan yang diturunkan menjadi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.
- Matriks keterkaitan CPL–CPMK–Mata Kuliah dalam memastikan adanya constructive alignment antara tujuan pembelajaran, materi, metode, dan asesmen.
- Beban studi dan struktur kurikulum disusun sesuai ketentuan SN-Dikti, yakni 56 SKS untuk program magister, dengan keseimbangan antara teori, riset, dan praktik berbasis lapangan.
C. Relevansi dengan Isu Global dan Kebutuhan Stakeholders
Kurikulum secara periodik dikaji untuk memastikan relevansi dengan:
- Perkembangan digital capital dan transformasi digital dalam dunia kerja dan pendidikan.
- Agenda Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada aspek quality education, decent work and economic growth, industry–innovation–infrastructure, dan climate action.
- Kebutuhan stakeholders (pendidikan, pemerintah, bisnis, dan pemberdayaan masyarakat) terhadap lulusan yang mampu menjadi pengembang SDM dengan orientasi green, digital, dan global competitiveness.
D. Mekanisme Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan
Mengacu pada Pasal 15–20 Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, evaluasi kurikulum dilakukan melalui siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan), yang meliputi:
- Tracer study dan survei kepuasan dalam menilai relevansi kurikulum dengan kebutuhan pengguna lulusan.
- Evaluasi internal prodi dan SPS UNESA dalam menilai ketercapaian CPL, keterhubungan antar mata kuliah, efektivitas pembelajaran, serta kesesuaian dengan standar mutu.
- Umpan balik stakeholders dengan melibatkan alumni, dosen, mahasiswa, mitra kerja sama, dan pengguna lulusan.
- Rapat tinjauan kurikulum yang dilaksanakan minimal setiap tahun atau sesuai kebutuhan ketika terdapat perubahan regulasi nasional maupun dinamika global.
E. Integrasi Digital dan Sustainability
Evaluasi kurikulum menekankan integrasi prinsip:
- Digitalisasi pembelajaran dan riset dalam pemanfaatan digital tools dalam proses belajar, penelitian, dan pengabdian.
- Green HRD & sustainability dalam penerapan konsep green workplace, green leadership, dan green economy sebagai konten utama maupun pendekatan dalam mata kuliah.
Rekap CPL Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
| Isu-Isu Kontemporer PSDM | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Manajemen Perubahan dan Inovasi Organisasi | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
| Komunikasi Organisasi dan Negosiasi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Kepemimpinan Strategis dalam Pengembangan Organisasi | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Sistem Informasi SDM dan Kinerja Organisasi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Teori Pengembangan SDM | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
| Etika dan Perilaku Organisasi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Universitas Negeri Surabaya
A. Landasan Hukum
Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Prodi S2 PSDM SPS UNESA disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi:
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
B. Landasan Filosofis
Landasan filosofis kurikulum Prodi S2 PSDM berangkat dari pandangan bahwa pendidikan tinggi merupakan wahana pengembangan manusia seutuhnya yang tidak hanya diarahkan pada penguasaan pengetahuan, tetapi juga pembentukan sikap, nilai, dan kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan. Filsafat pendidikan memberikan kerangka dasar tentang apa yang dianggap sebagai tujuan utama pendidikan, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan, dan nilai-nilai apa yang hendak ditanamkan pada peserta didik. Dalam konteks ini, kurikulum Prodi S2 PSDM mengadopsi paradigma humanisme dan progresivisme yang menekankan pengembangan potensi manusia, kemandirian, dan keberlanjutan.
Selain itu, landasan filosofis juga menekankan pentingnya integrasi antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai kemanusiaan. Hal ini selaras dengan semangat pembangunan berkelanjutan dan pemanfaatan digital capital dalam pengembangan sumber daya manusia. Kurikulum tidak hanya diarahkan untuk mencetak lulusan yang kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki kesadaran etis, tanggung jawab sosial, serta kepekaan terhadap isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan (green human resources development). Dengan demikian, landasan filosofis ini memastikan bahwa Prodi S2 PSDM melahirkan lulusan yang berkarakter, visioner, dan berdaya saing tinggi.
C. Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis kurikulum Prodi S2 PSDM berpijak pada kebutuhan masyarakat akan sumber daya manusia yang adaptif terhadap perubahan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Perkembangan era digital dan tantangan globalisasi menuntut adanya tenaga ahli di bidang pengembangan SDM yang mampu mengelola transformasi sosial secara inklusif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, kurikulum dirancang untuk melahirkan lulusan yang peka terhadap dinamika masyarakat, mampu memberdayakan komunitas, serta berperan sebagai agen perubahan dalam pembangunan nasional maupun internasional.
Dalam konteks Indonesia, landasan sosiologis juga memperhatikan keanekaragaman budaya, potensi masyarakat lokal, dan tantangan ketimpangan sosial. Prodi S2 PSDM harus mampu merespons isu-isu aktual seperti disrupsi digital, sustainability, dan kebutuhan akan green economy yang berbasis pengelolaan SDM ramah lingkungan. Dengan demikian, kurikulum bukan hanya menyiapkan lulusan untuk menjawab kebutuhan pasar kerja, tetapi juga membekali mereka dengan kemampuan untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang adil, inklusif, dan berkelanjutan.
D. Landasan Historis
Landasan historis kurikulum Prodi S2 PSDM berakar pada perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam membangun pendidikan sebagai instrumen strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejarah menunjukkan bahwa keberhasilan pembangunan nasional selalu ditopang oleh kualitas sumber daya manusia. Dari era pasca-kemerdekaan hingga era reformasi dan digitalisasi saat ini, kebutuhan akan pengembangan SDM senantiasa menjadi prioritas utama dalam kebijakan pendidikan dan pembangunan. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum PSDM perlu disusun dengan mempertimbangkan pengalaman historis tersebut agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman.
Lebih lanjut, secara institusional Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki rekam jejak dalam mengembangkan program pendidikan tinggi yang responsif terhadap tuntutan perubahan sosial dan pembangunan bangsa. Prodi S2 PSDM lahir sebagai kelanjutan dari tradisi akademik UNESA yang menekankan penguatan kapasitas manusia melalui pendidikan yang berkualitas, riset yang berorientasi solusi, serta pengabdian masyarakat yang transformatif. Landasan historis ini memastikan bahwa kurikulum yang dirancang tidak terlepas dari konteks perjalanan pendidikan Indonesia, tetapi sekaligus memberikan arah baru dalam menjawab tantangan kontemporer, khususnya terkait digitalisasi dan keberlanjutan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
