•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  14 Januari 2025
Koordinator Program Studi  :  BAKHRUDIN ALL HABSY
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menyelenggarakan transmisi keilmuan bimbingan dan konseling melalui pendidikan dan penguasaan teori dan praktik ilmu bimbingan dan konseling yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus berjiwa kewirausahaan
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan bimbingan dan konseling yang unggul dan inovatif berbasis teori dan praktik yang adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal, budaya nasional, dan relevan dengan isu global serta populasi khusus.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang aplikatif dalam bidang bimbingan dan konseling untuk mendukung penguatan karakter dan kesejahteraan individu di berbagai setting pendidikan.
  4. Menanamkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bimbingan dan konseling melalui pengembangan kompetensi kreatif, solutif, dan mandiri bagi mahasiswa dan lulusan.
  5. Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, komunitas profesi, dan dunia usaha di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperluas dampak dan daya saing lulusan.

Nilai_dasar
  1. A — Adaptivitas Kemampuan untuk menyesuaikan diri secara responsif terhadap dinamika zaman, perkembangan ilmu, teknologi, dan layanan bimbingan dan konseling
  2. K — Kreativitas Mendorong inovasi dan ide-ide segar dalam teori maupun praktik bimbingan dan konseling untuk menciptakan layanan yang solutif dan kontekstual.
  3. S — Spirit Lokal Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, norma, dan budaya lokal sebagai dasar pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang berakar pada identitas bangsa.
  4. I — Inovasi Berkomitmen untuk terus mengembangkan metode, strategi, dan praktik keilmuan bimbingan dan konseling secara berkelanjutan dalam menghadapi tantangan pendidikan.
  5. G — Global Mindset Memiliki wawasan internasional, terbuka terhadap perkembangan dunia, dan mampu berkontribusi secara kompetitif dalam ranah bimbingan dan konseling secara global.
  6. E — Empati Kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi psikososial individu, khususnya populasi khusus, sebagai inti dari layanan bimbingan dan konseling.
  7. M — Mandiri (Kewirausahaan) Menumbuhkan semangat kemandirian, keberdayaan, dan jiwa kewirausahaan dalam menghadapi tantangan profesi bimbingan dan konseling secara proaktif.
  8. P — Profesionalisme Menjaga standar etika, integritas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
  9. A — Akuntabilitas Transparansi dan tanggung jawab dalam setiap tindakan akademik maupun praktik layanan bimbingan dan konseling, baik kepada individu maupun masyarakat.
  10. R — Relasional Menjunjung kerja sama, komunikasi yang harmonis, dan jejaring yang kuat dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, maupun internasional dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Tujuan
  1. 1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional di bidang Bimbingan dan Konseling.
  2. 2. Menghasilkan riset ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta berwawasan global di bidang Bimbingan dan Konseling
  3. 3. Menjadi fasilitator pemberdayaan masyarakat yang mampu memberdayakan masyarakat pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.
  4. 4. Mendukung mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik baik tingkat lokal maupun internasional.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Menguasai konsep pendidikan, psikologi, sosiologi, antropologi, psikologi pendidikan dan psikologi konseling untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling

CPL-10 Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

CPL-11 Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru Bimbingan dan Konseling

    1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai guru bimbingan dan konseling penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan

    2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. menjadi role model bagi siswa 

    3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di sekolah dan Masyarakat 

    4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)

  • Praktisi Bimbingan dan Konseling

    1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai konselor masyarakat. Penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan dalam konteks kemasyarakatan 

    2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di masyarakat. menjadi role model dan memiliki kewibawaan dalam masyarakat. 3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di masyarakat 

    4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)


Struktur Kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Bimbingan dan Konseling 2024-2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
86201102445 ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK NON TES 2.00
86201102223 DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
1000002181 FILSAFAT ILMU 2.00
86201102223 ILMU PENDIDIKAN 2.00
86201102221 KETERAMPILAN DASAR KONSELING 2.00
86201102223 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
86201102201 PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00

Semester ke 2

Semester ke 3

Semester ke 4

Semester ke 5

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Bela Negara (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Magang (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Riset (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Studi Independen (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Wirausaha (2 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0016 PROYEK DI DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0017 PROYEK DI DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0018 PROYEK DI DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
86201104334 ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH 4.00
MBKM0033 ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0002 ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0003 ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0004 ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0005 ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0006 ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0034 ASISTENSI MENGAJAR PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0043 BELA NEGARA EVALUASI PROGRAM 3.00
MBKM0044 BELA NEGARA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0045 BELA NEGARA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0046 BELA NEGARA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0047 BELA NEGARA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0048 BELA NEGARA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
86201104434 DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH 4.00
86201104445 DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI 4.00
86201104444 DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH 4.00
86201104445 DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM STUDI 4.00
86201102445 EVALUASI PROGRAM DAN PROYEK STUDI MANDIRI 2.00
86201102445 EVALUASI PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH 2.00
86201104445 IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH 4.00
86201104445 IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI 4.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000020101 KKNT 20.00
1000020103 MAGANG 20.00
MBKM0051 MAGANG EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0052 MAGANG PERENCANAAN PROGRAM 2.00
1000004098 MAGANG RISET-PENGANALISISAN DATA 4.00
1000004096 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
1000003095 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN 3.00
1000004097 MAGANG RISET-PENGUMPULAN DATA 4.00
1000002099 MAGANG RISET-PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN 2.00
1000003100 MAGANG RISET-PUBLIKASI 3.00
1000003060 MPK-DESAIN PROGRAM 3.00
1000008190 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN/PRAPENELITIAN/DESAIN PROTOTIPE 8.00
86201102445 PERENCANAAN PROGRAM ASISTEN MENGAJAR/MEMBIMBING 2.00
1000002180 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 2.00
MBKM0037 PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0038 PROYEK DESA PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0013 PROYEK DI DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
MBKM0014 PROYEK DI DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0015 PROYEK DI DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0039 PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0026 PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0027 PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0028 PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0029 PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0030 PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0040 PROYEK KEMANUSIAAN PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0049 RISET EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0050 RISET PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0019 STUDI INDEPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
MBKM0020 STUDI INDEPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0021 STUDI INDEPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0022 STUDI INDEPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0023 STUDI INDEPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0024 STUDI INDEPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0042 STUDI INDEPENDEN PERENCANAAN PROGRAM 2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020113 EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH 2.00
1000020171 PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR 2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020148 EVALUASI PROGRAM BELA NEGARA 2.00
1000020169 PERENCANAAN PROGRAM BELA NEGARA 2.00
Matakuliah Magang
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020108 EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI 2.00
1000020174 PERENCANAAN PROGRAM MAGANG 2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020175 EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA 2.00
1000020168 PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA 2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020118 EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN 2.00
1000020166 PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN 2.00
Matakuliah Riset
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020133 EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET 2.00
1000020172 PERENCANAAN PROGRAM RISET 2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020123 EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN 2.00
1000020173 PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN 2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020128 EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
MBKM0031 PLP EVALUASI PROGRAM 2.00
86201104445 PLP -IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 4.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
86201102445 PLP -PENGEMBANGAN MEDIA AJAR 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
MBKM0032 PLP PERENCANAAN PROGRAM 2.00
1000020155 SEMINAR TUGAS AKHIR 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
86201102334 BIMBINGAN DAN KONSELING POPULASI KHUSUS 2.00
86201102445 BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH DASAR 2.00
86201102445 ANALISIS DAN MODIFIKASI PERILAKU 2.00
1000020158 BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF 2.00
86201102445 BIMBINGAN DAN KONSELING ANAK USIA DINI 2.00
86201102445 BIMBINGAN DAN KONSELING PERGURUAN TINGGI 2.00
86201102445 BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK SEKOLAH MENENGAH 2.00
1000020163 COMMUNICATION SKILLS 2.00
1000020160 EMPATI DAN KECERDASAN EMOSIONAL 2.00
1000020164 INTERNASIONAL CONFERENCE 3.00
1000020159 KEPEMIMPINAN INKLUSI 2.00
1000020161 KOMUNIKASI DAN KERJA TIM 2.00
86201102445 KONSELING KRISIS DI BIDANG ADIKSI 2.00
86201102445 KONSELING TRAUMATIS 2.00
1000020165 NATIONAL CONFERENCE 2.00
1000020156 PEMBELAJARAN EMOSI DAN SOSIAL 2.00
86201102445 PERENCANAAN KARIER 2.00
86201102445 PROBLEMATIK ANAK DAN REMAJA 2.00
86201102445 PSIKOEDUKASI 2.00
86201102445 RESOLUSI KONFLIK 2.00
86201104445 SKRIPSI/TUGAS AKHIR 6.00
1000020162 SOFTSKILLS 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA melakukan evaluasi kurikulum secara berkala berdasarkan kebutuhan program studi. 

Adapun untuk tracer study belum dapat dilakukan karena Prodi Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 baru menerima mahasiswa di tahun 2025.

Rekap CPL Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Ilmu Pendidikan 2 33.33% 66.67% 100 %
Keterampilan Dasar Konseling 2 50% 50% 100 %
Komunikasi Antar Pribadi 2 50% 50% 100 %
Profesi Bimbingan dan Konseling 2 50% 50% 100 %
Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling 2 55.56% 44.44% 100 %
Asesmen Psikologis: Teknik Non Tes 2 50% 50% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

A. Filosofis 

Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. 

Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi, landasan filosofi pengembangan kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.

B. Sosiologis 

Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat tersebut.  Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi penetapan isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. 

Pengembangan kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 harus memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budayanya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Unesa harus berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. 

 E. Historis

Kurikulum Prodi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan pemerintah yang berlaku saat pengembangan kurikulum. Berdasarkan landasan historis tersebut maka proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku. 

F. Hukum 

Pengembangan kurikulum Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa dilakukan dengan dasar: 

a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

b. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

c. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. 

d. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran 

e. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen 

f. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

g. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; 

h. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan 

i. Peraturan pemerintah Nomor 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya 

j. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia 

k. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifiksi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.