Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Program Studi | : | S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan) |
Tanggal Berdiri | : | 14 Januari 2025 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menyelenggarakan transmisi keilmuan bimbingan dan konseling melalui pendidikan dan penguasaan teori dan praktik ilmu bimbingan dan konseling yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus berjiwa kewirausahaanMisi
- Menyelenggarakan pendidikan bimbingan dan konseling yang unggul dan inovatif berbasis teori dan praktik yang adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal, budaya nasional, dan relevan dengan isu global serta populasi khusus.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang aplikatif dalam bidang bimbingan dan konseling untuk mendukung penguatan karakter dan kesejahteraan individu di berbagai setting pendidikan.
- Menanamkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bimbingan dan konseling melalui pengembangan kompetensi kreatif, solutif, dan mandiri bagi mahasiswa dan lulusan.
- Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, komunitas profesi, dan dunia usaha di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperluas dampak dan daya saing lulusan.
Nilai_dasar
- A — Adaptivitas Kemampuan untuk menyesuaikan diri secara responsif terhadap dinamika zaman, perkembangan ilmu, teknologi, dan layanan bimbingan dan konseling
- K — Kreativitas Mendorong inovasi dan ide-ide segar dalam teori maupun praktik bimbingan dan konseling untuk menciptakan layanan yang solutif dan kontekstual.
- S — Spirit Lokal Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, norma, dan budaya lokal sebagai dasar pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang berakar pada identitas bangsa.
- I — Inovasi Berkomitmen untuk terus mengembangkan metode, strategi, dan praktik keilmuan bimbingan dan konseling secara berkelanjutan dalam menghadapi tantangan pendidikan.
- G — Global Mindset Memiliki wawasan internasional, terbuka terhadap perkembangan dunia, dan mampu berkontribusi secara kompetitif dalam ranah bimbingan dan konseling secara global.
- E — Empati Kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi psikososial individu, khususnya populasi khusus, sebagai inti dari layanan bimbingan dan konseling.
- M — Mandiri (Kewirausahaan) Menumbuhkan semangat kemandirian, keberdayaan, dan jiwa kewirausahaan dalam menghadapi tantangan profesi bimbingan dan konseling secara proaktif.
- P — Profesionalisme Menjaga standar etika, integritas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
- A — Akuntabilitas Transparansi dan tanggung jawab dalam setiap tindakan akademik maupun praktik layanan bimbingan dan konseling, baik kepada individu maupun masyarakat.
- R — Relasional Menjunjung kerja sama, komunikasi yang harmonis, dan jejaring yang kuat dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, maupun internasional dalam pelayanan bimbingan dan konseling
Tujuan
- 1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional di bidang Bimbingan dan Konseling.
- 2. Menghasilkan riset ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta berwawasan global di bidang Bimbingan dan Konseling
- 3. Menjadi fasilitator pemberdayaan masyarakat yang mampu memberdayakan masyarakat pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.
- 4. Mendukung mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik baik tingkat lokal maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-11 | Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
- Guru Bimbingan dan Konseling
1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai guru bimbingan dan konseling penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan
2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. menjadi role model bagi siswa
3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di sekolah dan Masyarakat
4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)
- Praktisi Bimbingan dan Konseling
1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai konselor masyarakat. Penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan dalam konteks kemasyarakatan
2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di masyarakat. menjadi role model dan memiliki kewibawaan dalam masyarakat. 3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di masyarakat
4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)
Struktur Kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Bimbingan dan Konseling 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
86201102223
ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK NON TES
3.00
86201102223
DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
86201102223
ILMU PENDIDIKAN
2.00
86201102221
KETERAMPILAN DASAR KONSELING
2.00
86201102223
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
86201102201
PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86201103323
ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK TES
3.00
86201102323
BIMBINGAN DAN KONSELING PERKEMBANGAN
2.00
1000002020
PANCASILA EDUCATION
2.00
86201103333
PENDEKATAN KELOMPOK DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
3.00
1000002030
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
2.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
86201102333
TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
86201103223
TEORI DAN PRAKTIK KONSELING PSIKODINAMIKA
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
86201104445
KONSELING CATUR MURTI
2.00
86201104445
KONSELING INTENSIF PROGRESIF ADAPTIF STRUKTUR
2.00
86201102334
MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
86201102334
PENDIDIKAN INKLUSIF
2.00
86201102334
PENGEMBANGAN PROGRAM DAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
86201102334
STATISTIK
2.00
86201102334
TEORI DAN PRAKTIK KONSELING HUMANISTIK
3.00
86201103334
TEORI DAN PRAKTIK KONSELING KOGNITIF-PERILAKU
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86201102334
EVALUASI & SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING
2.00
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
86201102334
KURIKULUM SEKOLAH
2.00
86201102334
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK ADIKSI
2.00
1000004184
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
4.00
86201102334
MIKRO BIMBINGAN DAN KONSELING (MICRO TEACHING)
2.00
86201102334
PENGEMBANGAN ALAT UKUR
2.00
86201102334
TEORI DAN PRAKTEK KONSELING MULTIBUDAYA
2.00
86201103334
TEORI DAN PRAKTIK KONSELING POST-MODERN
3.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (4 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86201104334
ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH
4.00
86201104434
DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH
4.00
86201104445
DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI
4.00
86201104444
DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH
4.00
86201104445
DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM STUDI
4.00
86201102445
EVALUASI PROGRAM DAN PROYEK STUDI MANDIRI
2.00
86201104445
IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH
4.00
86201104445
IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI
4.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020113
EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH
2.00
1000020171
PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020173
PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020101
KKNT
20.00
MBKM0031
PLP EVALUASI PROGRAM
2.00
86201104445
PLP -IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
4.00
1000002049
PLP-MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
86201102445
PLP -PENGEMBANGAN MEDIA AJAR
2.00
1000002050
PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
MBKM0032
PLP PERENCANAAN PROGRAM
2.00
1000003185
PROPOSAL TUGAS AKHIR
3.00
1000020155
SEMINAR TUGAS AKHIR
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
86201104445
SKRIPSI/TUGAS AKHIR
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
86201102223 | ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK NON TES | 3.00 | |
86201102223 | DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
86201102223 | ILMU PENDIDIKAN | 2.00 | |
86201102221 | KETERAMPILAN DASAR KONSELING | 2.00 | |
86201102223 | KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
86201102201 | PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86201103323 | ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK TES | 3.00 | |
86201102323 | BIMBINGAN DAN KONSELING PERKEMBANGAN | 2.00 | |
1000002020 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
86201103333 | PENDEKATAN KELOMPOK DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING | 3.00 | |
1000002030 | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
86201102333 | TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
86201103223 | TEORI DAN PRAKTIK KONSELING PSIKODINAMIKA | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
86201104445 | KONSELING CATUR MURTI | 2.00 | |
86201104445 | KONSELING INTENSIF PROGRESIF ADAPTIF STRUKTUR | 2.00 | |
86201102334 | MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
86201102334 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
86201102334 | PENGEMBANGAN PROGRAM DAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
86201102334 | STATISTIK | 2.00 | |
86201102334 | TEORI DAN PRAKTIK KONSELING HUMANISTIK | 3.00 | |
86201103334 | TEORI DAN PRAKTIK KONSELING KOGNITIF-PERILAKU | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86201102334 | EVALUASI & SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
86201102334 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
86201102334 | LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK ADIKSI | 2.00 | |
1000004184 | METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF | 4.00 | |
86201102334 | MIKRO BIMBINGAN DAN KONSELING (MICRO TEACHING) | 2.00 | |
86201102334 | PENGEMBANGAN ALAT UKUR | 2.00 | |
86201102334 | TEORI DAN PRAKTEK KONSELING MULTIBUDAYA | 2.00 | |
86201103334 | TEORI DAN PRAKTIK KONSELING POST-MODERN | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86201104334 | ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH | 4.00 | |
86201104434 | DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH | 4.00 | |
86201104445 | DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI | 4.00 | |
86201104444 | DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH | 4.00 | |
86201104445 | DISEMINASI DAN PELAPORAN PROGRAM STUDI | 4.00 | |
86201102445 | EVALUASI PROGRAM DAN PROYEK STUDI MANDIRI | 2.00 | |
86201104445 | IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR/MEMBIMBING DI SEKOLAH | 4.00 | |
86201104445 | IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
1000020171 | PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020101 | KKNT | 20.00 | |
MBKM0031 | PLP EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
86201104445 | PLP -IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING | 4.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
86201102445 | PLP -PENGEMBANGAN MEDIA AJAR | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
1000003185 | PROPOSAL TUGAS AKHIR | 3.00 | |
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
86201104445 | SKRIPSI/TUGAS AKHIR | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA melakukan evaluasi kurikulum secara berkala berdasarkan kebutuhan program studi.
Adapun untuk tracer study belum dapat dilakukan karena Prodi Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 baru menerima mahasiswa di tahun 2025.
Rekap CPL Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
A. Filosofis
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi.
Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi, landasan filosofi pengembangan kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.
B. Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat tersebut. Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi penetapan isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula.
Pengembangan kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 harus memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budayanya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Unesa harus berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan.
E. Historis
Kurikulum Prodi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan pemerintah yang berlaku saat pengembangan kurikulum. Berdasarkan landasan historis tersebut maka proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
F. Hukum
Pengembangan kurikulum Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa dilakukan dengan dasar:
a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
c. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
d. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran
e. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen
f. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
g. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
h. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan
i. Peraturan pemerintah Nomor 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya
j. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
k. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifiksi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved