•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  14 Januari 2025
Koordinator Program Studi  :  Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menyelenggarakan transmisi keilmuan bimbingan dan konseling melalui pendidikan dan penguasaan teori dan praktik ilmu bimbingan dan konseling yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus berjiwa kewirausahaan
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan bimbingan dan konseling yang unggul dan inovatif berbasis teori dan praktik yang adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal, budaya nasional, dan relevan dengan isu global serta populasi khusus.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang aplikatif dalam bidang bimbingan dan konseling untuk mendukung penguatan karakter dan kesejahteraan individu di berbagai setting pendidikan.
  4. Menanamkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bimbingan dan konseling melalui pengembangan kompetensi kreatif, solutif, dan mandiri bagi mahasiswa dan lulusan.
  5. Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, komunitas profesi, dan dunia usaha di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperluas dampak dan daya saing lulusan.

Nilai_dasar
  1. A — Adaptivitas Kemampuan untuk menyesuaikan diri secara responsif terhadap dinamika zaman, perkembangan ilmu, teknologi, dan layanan bimbingan dan konseling
  2. K — Kreativitas Mendorong inovasi dan ide-ide segar dalam teori maupun praktik bimbingan dan konseling untuk menciptakan layanan yang solutif dan kontekstual.
  3. S — Spirit Lokal Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, norma, dan budaya lokal sebagai dasar pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang berakar pada identitas bangsa.
  4. I — Inovasi Berkomitmen untuk terus mengembangkan metode, strategi, dan praktik keilmuan bimbingan dan konseling secara berkelanjutan dalam menghadapi tantangan pendidikan.
  5. G — Global Mindset Memiliki wawasan internasional, terbuka terhadap perkembangan dunia, dan mampu berkontribusi secara kompetitif dalam ranah bimbingan dan konseling secara global.
  6. E — Empati Kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi psikososial individu, khususnya populasi khusus, sebagai inti dari layanan bimbingan dan konseling.
  7. M — Mandiri (Kewirausahaan) Menumbuhkan semangat kemandirian, keberdayaan, dan jiwa kewirausahaan dalam menghadapi tantangan profesi bimbingan dan konseling secara proaktif.
  8. P — Profesionalisme Menjaga standar etika, integritas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
  9. A — Akuntabilitas Transparansi dan tanggung jawab dalam setiap tindakan akademik maupun praktik layanan bimbingan dan konseling, baik kepada individu maupun masyarakat.
  10. R — Relasional Menjunjung kerja sama, komunikasi yang harmonis, dan jejaring yang kuat dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, maupun internasional dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Tujuan
  1. 1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional di bidang Bimbingan dan Konseling.
  2. 2. Menghasilkan riset ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta berwawasan global di bidang Bimbingan dan Konseling
  3. 3. Menjadi fasilitator pemberdayaan masyarakat yang mampu memberdayakan masyarakat pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.
  4. 4. Mendukung mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik baik tingkat lokal maupun internasional.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru Bimbingan dan Konseling

    1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai guru bimbingan dan konseling penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan

    2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. menjadi role model bagi siswa 

    3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di sekolah dan Masyarakat 

    4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)

  • Praktisi Bimbingan dan Konseling

    1. Memiliki kompetensi pedagogik sebagai konselor masyarakat. Penguasaan teori dan praktik dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang didasarkan pada ilmu psikologis terapan dalam konteks kemasyarakatan 

    2. Memiliki kompetensi kepribadian dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling di masyarakat. menjadi role model dan memiliki kewibawaan dalam masyarakat. 3. Memiliki Kompetensi sosial. memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam konteks pelayanan dan kehidupan sosial di masyarakat 

    4. Memiliki Kompetensi profesional. pelayanan bimbingan dan konseling didasarkan pada kegiatan profesional yang menjunjung tinggi kode etik sebagai konselor yang telah diatur dalam organisasi profesi (ABKIN dan ASCA)


Struktur Kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Bimbingan dan Konseling 2024-2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
86201102223 ASESMEN PSIKOLOGIS: TEKNIK NON TES 3.00
86201102223 DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
86201102223 ILMU PENDIDIKAN 2.00
86201102221 KETERAMPILAN DASAR KONSELING 2.00
86201102223 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
86201102201 PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00

Semester ke 2

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
86201104445 KONSELING CATUR MURTI 2.00
86201104445 KONSELING INTENSIF PROGRESIF ADAPTIF STRUKTUR 2.00
86201102334 MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
86201102334 PENDIDIKAN INKLUSIF 2.00
86201102334 PENGEMBANGAN PROGRAM DAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 2.00
86201102334 STATISTIK 2.00
86201102334 TEORI DAN PRAKTIK KONSELING HUMANISTIK 3.00
86201103334 TEORI DAN PRAKTIK KONSELING KOGNITIF-PERILAKU 3.00

Semester ke 4

Semester ke 5

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (4 SKS)
  • Paket Matakuliah Studi Independen (2 SKS)
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020113 EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH 2.00
1000020171 PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR 2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020173 PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020101 KKNT 20.00
MBKM0031 PLP EVALUASI PROGRAM 2.00
86201104445 PLP -IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 4.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
86201102445 PLP -PENGEMBANGAN MEDIA AJAR 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
MBKM0032 PLP PERENCANAAN PROGRAM 2.00
1000003185 PROPOSAL TUGAS AKHIR 3.00
1000020155 SEMINAR TUGAS AKHIR 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
86201104445 SKRIPSI/TUGAS AKHIR 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA melakukan evaluasi kurikulum secara berkala berdasarkan kebutuhan program studi. 

Adapun untuk tracer study belum dapat dilakukan karena Prodi Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 baru menerima mahasiswa di tahun 2025.

Rekap CPL Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

A. Filosofis 

Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. 

Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi, landasan filosofi pengembangan kurikulum S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 yang adaptif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai luhur lokal dan budaya nasional serta berwawasan global pada lingkup pendidikan dan populasi khusus.

B. Sosiologis 

Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat tersebut.  Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi penetapan isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. 

Pengembangan kurikulum Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 harus memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budayanya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Unesa harus berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. 

 E. Historis

Kurikulum Prodi S1 Bimbingan dan Konseling Kampus UNESA 5 disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan pemerintah yang berlaku saat pengembangan kurikulum. Berdasarkan landasan historis tersebut maka proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku. 

F. Hukum 

Pengembangan kurikulum Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa dilakukan dengan dasar: 

a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

b. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

c. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. 

d. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran 

e. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen 

f. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

g. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; 

h. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan 

i. Peraturan pemerintah Nomor 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya 

j. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia 

k. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifiksi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.