•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  14 Januari 2025
Koordinator Program Studi  :  ACHMAD RIZANUL WAHYUDI
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi terdepan yang unggul dalam inovasi Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, melalui pelaksanaan kegiatan tridharma yang adaptif, kolaboratif dan berkelanjutan.
Misi
  1. Melaksanakan program pendidikan yang berstandar tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak positif, khususnya dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pelatih olahraga profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru olahraga yang kompeten, inovatif, dan mampu menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  6. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha di bidang keolahragaan dan industri olahraga.
  7. Membangun dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan unggul di bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, serta mampu bersaing di pasar kerja nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri olahraga dan kesehatan.
  3. Memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian yang inovatif dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga, guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kualitas dan jangkauan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  5. Menyiapkan mahasiswa menjadi pelatih olahraga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang tinggi, serta mampu mengembangkan prestasi olahraga di berbagai tingkat.
  6. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru olahraga yang mampu mengajar dengan metode yang inovatif, mendidik, dan menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha baru di bidang keolahragaan dan industri olahraga, serta mampu berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional.
  8. Mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Menjalankan kegiatan tridharma yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang keolahragaan, kesehatan, dan industri olahraga.

Nilai_dasar
  1. Integritas -Menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab, dan etika dalam pelatihan serta kompetisi olahraga. -Menjadi teladan dalam sikap dan perilaku sebagai pelatih yang berkarakter.
  2. Profesionalisme -Menguasai ilmu kepelatihan berbasis evidence-based dan teknologi terkini. -Mengembangkan kompetensi teknis, strategis, dan manajerial dalam melatih atlet
  3. Sportivitas -Menanamkan nilai fair play, menghargai lawan, dan menghormati aturan olahraga. -Membangun mental juara yang berlandaskan kerendahan hati dan respek.
  4. Kepemimpinan -Mampu memimpin, menginspirasi, dan memotivasi atlet untuk mencapai prestasi optimal. -Mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajemen tim yang efektif.
  5. Inovasi dan Kreativitas -Terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu kepelatihan dan metode pelatihan modern. -Mendorong eksperimen terukur dalam strategi pelatihan untuk meningkatkan performa atlet.
  6. Kesehatan dan Keselamatan -Memprioritaskan aspek kesehatan fisik dan mental atlet dalam setiap program latihan. -Mengutamakan prinsip-prinsip pencegahan cedera dan pemulihan yang tepat.
  7. Kebangsaan dan Kearifan Lokal -Membangun semangat nasionalisme melalui olahraga prestasi. -Menggali potensi olahraga tradisional dan mengintegrasikannya dalam pelatihan modern.
  8. Kolaborasi dan Sinergi -Bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan (atlet, akademisi, pemerintah, dan industri olahraga). -Membangun jaringan untuk pengembangan kepelatihan olahraga berkelanjutan
  9. Pengabdian Masyarakat -Berperan aktif dalam menyebarkan ilmu kepelatihan kepada masyarakat dan komunitas olahraga. -Mendorong gaya hidup aktif dan sehat melalui program pelatihan inklusif.
  10. Keseimbangan Hidup (Life Balance) -Menekankan pentingnya keseimbangan antara latihan, pendidikan, dan kehidupan sosial. -Membangun kesadaran akan pentingnya olahraga sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik , taktik dan mental secara individu sesuai pada kebutuhan cabang olahraga yang berdasarkan pada aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi dan pendampingan program latihan Fisik, teknik, taktik dan mental sesuai pada cabang olahraga prestasi, kebugaran yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mendesain progam latihan menggunakan perangkat penunjang yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan pada ilmu dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang kepelatihan dan keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Pelatih Olahraga Profesional
    1. Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menganalisis program latihan berbasis Sport Science & Coaching.
    2. Mampu menganalisis kinerja atlet dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
    3. Memahami prinsip Anatomi, fisiologi, biomekanika, motorik, dan psikologi olahraga untuk meningkatkan performa atlet.
    4. Menguasai ilmu fisik, teknik, taktik, strategi dan penyelenggaraan event dalam berbagai cabang olahraga.
    5. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan komunikasi yang baik untuk mengelola tim atlet.
  • Instruktur Kebugaran
    1. Mampu memberikan program latihan kebugaran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok.
    2. Memahami prinsip-prinsip nutrisi dan kebugaran
    3. Mampu memberikan motivasi dan dukungan kepada klien untuk mencapai tujuan kebugarannya.
  • Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan
    1. Memiliki kemampuan pedagogis dalam mengajar dan melatih di berbagai jenjang pendidikan (sekolah, klub, komunitas).
    2. Mampu memahami, mengembangkan kurikulum pendidikan Olahraga dan metode pembelajaran olahraga yang inovatif.
    3. Mampu menyampaikan materi pelajaran olahraga secara menarik dan efektif.
    4. Mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan keterampilan motorik dan kesehatan siswa.
  • Peneliti/Pengembang Ilmu Kepelatihan
    1. Mampu melakukan penelitian terkait ilmu kepelatihan dan olahraga, kinerja pada atlet, dan teknologi olahraga secara berdampak.
    2. Berpartisipasi dalam pengembangan inovasi metode latihan dan alat bantu kepelatihan.
    3. Memahami metodologi penelitian dan mampu menganalisis data penelitian.
    4. Mampu mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah.
  • Entrepreneur Olahraga

    Memiliki jiwa kewirausahaan untuk membuka peluang bisnis di bidang olahraga (klub fitness, penyedia jasa pelatihan).

  • Manajer/Administrator Olahraga
    1. Menguasai manajemen organisasi, event olahraga.
    2. Menguasai pengembangan bakat atlet.
    3. Memahami aspek hukum, etika, dan kebijakan dalam dunia kepelatihan.
  • Pengembangan Diri

    Program studi mendorong lulusan untuk:

    • Mengikuti sertifikasi kepelatihan nasional/internasional (PSSI, PBSI, PBVSI, PPFI, LANKOR,APKI, ASCA, NSCA, NASM, dll).
    • Terlibat dalam organisasi olahraga (KONI, PSSI, PBVSI, dll.).
    • Melanjutkan studi ke jenjang magister/doktor. 

Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PSDKU Kampus Unesa 5)

Semester ke 1

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Wirausaha (2 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
1000002048 DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN 2.00
8530402005 KETERAMPILAN DASAR ATLETIK 2.00
8530402004 KETERAMPILAN DASAR PENCAK SILAT 2.00
8530402002 KETERAMPILAN DASAR RENANG 2.00
8530402003 KETERAMPILAN DASAR SENAM 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8530402007 ANATOMI MANUSIA 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8530402006 FISIOLOGI 2.00
8530404073 KEPCABOR FUTSAL*** 4.00
8530404014 KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA BOLA VOLLY*** 4.00
8530404067 KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA GULAT*** 4.00
8530404012 KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT*** 4.00
8530404013 KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA*** 4.00
8530404015 KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA TENIS MEJA*** 4.00
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
8530402009 KONDISI FISIK 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8530402011 METODOLOGI KEPELATIHAN 2.00
8530402010 PROFESI KEPELATIHAN OLAHRAGA 2.00
8530402019 PSIKOLOGI KEPELATIHAN OLAHRAGA 2.00

Semester ke 3

Semester ke 4

Semester ke 5

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Matakuliah Magang
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8530404043 MPK-ADMINISTRASI PERKUMPULAN 4.00
8530404045 MPK-ANALISIS PERFORMA ATLET 4.00
8530404044 MPK-ANALISIS PERTANDINGAN 4.00
8530402047 MPK-EVALUASI PROGAM 2.00
8530404048 MPK-PEMANDUAN BAKAT 4.00
8530402046 MPK-PERENCANAAN PROGAM 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
1000004056 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 4.00

Semester ke 7

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004105 TUGAS AKHIR 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Anatomi Manusia 2 50% 50% 100 %
Keterampilan Dasar Atletik 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 27.27% 99.99 %
Keterampilan Dasar Pencak Silat 2 31.25% 18.75% 18.75% 12.5% 18.75% 100 %
Keterampilan Dasar Renang 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Keterampilan Dasar Senam 2 25% 50% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Kurikulum

Universitas Value

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki university value yang sangat penting bagi masyarakat, mahasiswa, dan dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa nilai yang ditawarkan oleh UNESA:

Pendidikan yang Berkualitas Tinggi.

UNESA menyediakan program pendidikan yang berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, termasuk pendidikan, bahasa dan sastra, sains dan teknologi, serta seni dan desain. Fakultas-fakultas di UNESA dilengkapi dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Penelitian yang Berkualitas dan Berdampak pada Masyarakat.

Selain fokus pada pendidikan, UNESA juga memiliki program penelitian yang aktif dan produktif. Para peneliti di UNESA terlibat dalam penelitian-penelitian yang berdampak pada masyarakat, seperti penelitian dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Dengan penelitian yang berkualitas, UNESA dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang Aktif.

Sebagai universitas negeri, UNESA juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat. UNESA menyediakan berbagai program pelayanan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelatihan dan kursus, serta bantuan hukum. Dengan program pelayanan masyarakat yang aktif, UNESA dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan citra positif universitas.

Landasan Filosofi

UNESA juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi di Indonesia dan luar negeri. Kolaborasi dengan industri ini memungkinkan UNESA untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa UNESA siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Dengan value yang dimilikinya, UNESA telah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional. UNESA terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakatnya, serta memperkuat kemitraannya dengan industri untuk mencapai tujuan-tujuan strategisnya.

Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan olahraga berdiri berdasarkan amanat undang – undang berkaitan dengan sistem Keolahragaan. Undang – undang nomor 3 tahun 2005 memberikan definisi terhadap keolahragaan, olahraga, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan. Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial. Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang konsisten dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani. Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Tiga definisi tersebut merupakan bagian dari filosofi prodi dalam mencetak lulusan, yaitu menjadi guru olahraga dan pelatih olahraga. Kedua kompetensi ini akan didapat oleh mahasiswa dengan menyelesaikan 144 SKS yang harus diprogram. Kebutuhan tenaga guru olahraga dan pelatih olahraga sangat tinggi karena saat ini masyarakat sudah menjadikan kebugaran merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tenaga olahraga guru dan pelatih olahraga merupakan profesi yang tidak dapat terpisahkan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul, guru olahraga dari tingkat SD dan SMP merupakan pondasi penting dalam memberikan pemahaman pentingnya berolahraga di usia dini yang nanti akan berdampak pada segala aktivitas dimasa dewasa baik sebagai masyarakat biasa dan menjadi atlet. Guru SMA dan Pelatih olahraga merupakan berperan penting dalam peningkatan pencapaian terbaik pada peforma dan kepercayaan diri kelompok masyarakat untuk tampil pada level yang lebih tinggi dalam bidang olahraga. Filosofi inilah yang menjadikan prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga berdiri yaitu menciptakan generasi yang unggul melalui kegiatan Olahraga.