•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Study Program  :  Elementary School Teachers Education
Establishment Date  :  1 September 2006
Study Program Coordinator  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.
Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

PLO-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

PLO-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.

Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602161 PSIKOLOGI UMUM 2.00
8620603169 SOCIOLOGY ANTHROPOLOGY EDUCATION 3.00
8620603052 FOUNDATIONS OF EDUCATION 3.00
8620602010 ENGLISH I 2.00
8620603026 LINGUISTIC STUDIES 3.00
8620603042 KONSEP DASAR IPS 3.00
8620602027 BASICITY STUDIES 2.00
8620602028 LITERARY STUDIES 2.00
8620603047 BASIC CONCEPTS OF CIVICS 1 3.00
8620603043 BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCES 1 SCIENCE 3.00
8620602060 MATHEMATICS I 2.00
8620604122 INTRODUCTION TO EDUCATIONAL SCIENCE 4.00
8620602149 ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION AND STUDENT LEARNING 2.00
8620602124 INTRODUCTION TO COMPUTERS 2.00
8620603154 PPKN 3.00
1000002003 INDONESIAN 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8620604035 KONSEP DASAR IPA 1 4.00
8620602061 MATHEMATICS II 2.00
8620603048 BASIC CONCEPTS OF CIVICS 2 3.00
8620602011 ENGLISH II 2.00
8620602005 COMPUTER APPLICATIONS 2.00
8620603044 BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE 2 3.00
8620603096 ENGLISH LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION EARLY KLS ELEMENTARY SCHOOL 3.00
8620602174 STRATEGI PEMBELAJARAN 2.00
8620603198 KONSEP DASAR IPA 3.00
8620606164 THESIS 6.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000003040 PSYCHOLOGY ADVANCED 3.00
8620602064 LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL 2.00
8620602062 MATEMATIKA III 2.00
8620602058 MANAJEMEN PENDIDIKAN 2.00
8620602017 LEARNING EVALUATION 2.00
8620604036 KONSEP DASAR IPA 2 4.00
8620603092 PENDBHSSASTRA IND KLS HIGHER 3.00
8620603157 ELEMENTARY SCHOOL EARLY KLS 3.00
8620602177 LEARNING THEORY 2.00
8620602165 SOCIAL ANTHROPOLOGY EDUCATION EDUCATION 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602037 BASIC CONCEPTS OF SCIENCE 3 2.00
8620603018 EVALUASI PENDIDIKAN 3.00
8620602013 GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL 2.00
8620603109 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 3.00
8620602120 PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA 2.00
8620603156 PPKN ADVANCED CLASS 3.00
8620602116 MUSIC ARTS EDUCATION 1 2.00
8620603104 SOCIAL SCIENCES EDUCATION ELEMENTARY SCHOOL 3.00
8620603171 STATISTICS 3.00
8620603083 PEMBELAJARAN PKN SD 3.00
8620602121 INTRODUCTION TO EDUCATIONAL PHILOSOPHY 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602178 TOEFL PREPARATION 2.00
8620602007 LOCAL LANGUAGE 2.00
8620604065 RESEARCH METHODOLOGY 4.00
8620602069 SCIENCE LEARNING MODEL 2.00
8620604099 PENDIDIKAN IPA SD 4.00
8620603110 MATHEMATICS EDUCATION 2 3.00
8620602118 FINE ARTS EDUCATION 2.00
8620603102 SOCIAL SCIENCES EDUCATION EARLY GRADE 3.00
8620603081 PEMBELAJARAN IPS SD 3.00
8620602072 ORTHOPEDAGOGIC 2.00
8620602150 PLANNING LEARNING 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602067 MICROTEACHING 2.00
8620602108 SKILLS EDUCATION CRAFTS 2.00
8620602068 ENGLISH LANGUAGE LEARNING MODELS IN ELEMENTARY SCHOOL SCHOOL 2.00
8620603103 SOCIAL SCIENCES EDUCATION ADVANCED CLASSES 3.00
8620602086 PEMBELAJARAN TERPADU 2.00
8620602097 INCLUSIVE EDUCATION 2.00
8620603160 LEARNING MANAGEMENT PROGRAMS 3.00
8620602151 PERSPEKTIF GLOBAL 2.00
8620602106 HANDICRAFT EDUCATION 2.00
8620603111 MATHEMATICS EDUCATION 3 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602022 ILMU KEALAMAN DASAR 2.00
8620602180 PHILOSOPHY OF SCIENCE 2.00
8620602031 LITERARY SKILLS 2.00
8620602003 MUSIC ENSEMBLE 2.00
8620602029 CAPITA SELECTA RELIGION 2.00
8620603186 ADVANCED CLASSES ELEMENTARY SCHOOLS 3.00
8620602159 PPL II 2.00
8620602126 DRAMA DEVELOPMENT IN ELEMENTARY SCHOOL 2.00
8620604204 INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS 4.00
1000002176 ENTREPRENEURSHIP 2.00
1000002177 ENGLISH 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620603183 COMMUNITY SERVICE PROGRAM 3.00
1000002033 CITIZENSHIP 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.

Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:

  1. Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
    Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah.
  2. Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
    Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal.
  3. Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
    Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan.
  4. Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
    FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar.
  5. Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
    Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD.
  6. Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
    Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.

Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan

Pada pengisian tracer study kali  ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/

Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki  ketercapaian prodi yang sangat baik. 

2. Gold Standart

Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan  72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni. 

3. Masa tunggu alumni

Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak  40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni

4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja

Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat  6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%,  lainnya 34,48% 

5. Jenis Tempat Kerja Alumni

Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23% 

Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.

Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Local language 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistics 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Basicity Studies 2 25% 50% 25% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar Ipa 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Numbers and Data Processing 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Evaluation of Learning and Learning 2 50% 50% 100 %
Fine Arts Education and 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening And Speaking 3 40% 20% 20% 20% 100 %
English Language Development For Children 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary 4 60% 40% 100 %
Pendidikan Seni Musik 2 100% 100 %
Entrepreneurship 2 50% 50% 100 %
Guidance in Elementary School 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Inclusive Education 2 75% 25% 100 %
Literature Appreciation 2 33.33% 66.67% 100 %
Civics Learning Elementary School 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
School Curriculum for Primary Schools 2 50% 50% 100 %
Steam Education in Elementary School 3 100% 100 %
Balanced Literacy 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Basic Concepts of Social Science Elementary School 3 8.33% 91.67% 100 %
Character building 2 54.55% 18.18% 27.27% 100 %
Language Studies 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Development of Social Science Dimensions Elementary School 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Research methodology 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Mathematics Learning in Elementary School 3 22.22% 22.22% 33.33% 22.22% 99.99 %
Teaching Skills and Microlearning 2 100% 100 %
Skills Improving Indonesian Language Skills 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Innovative Learning Planning in Elementary School 2 100% 100 %
Science Learning Innovation Elementary School 3 14.29% 28.57% 42.86% 14.29% 100 %
Development of Music Arts for Children 3 100% 100 %
Ethnomathematics Based RME in Elementary School 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Fine Arts Development for Children 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Ipa Sd 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Learning Evaluation 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading Writing and Dictation For Primary School 3 66.67% 33.33% 100 %
Ethnoscience in 3 66.67% 16.67% 16.67% 100 %
Learning Media Innovation in Elementary School 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Mathematical Thinking Skills 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA