Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Study Program | : | Elementary School Teachers Education |
Establishment Date | : | 1 September 2006 |
Study Program Coordinator | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602161
PSIKOLOGI UMUM
2.00
8620603169
SOCIOLOGY ANTHROPOLOGY EDUCATION
3.00
8620603052
FOUNDATIONS OF EDUCATION
3.00
8620602010
ENGLISH I
2.00
8620603026
LINGUISTIC STUDIES
3.00
8620603042
KONSEP DASAR IPS
3.00
8620602027
BASICITY STUDIES
2.00
8620602028
LITERARY STUDIES
2.00
8620603047
BASIC CONCEPTS OF CIVICS 1
3.00
8620603043
BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCES 1 SCIENCE
3.00
8620602060
MATHEMATICS I
2.00
8620604122
INTRODUCTION TO EDUCATIONAL SCIENCE
4.00
8620602149
ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION AND STUDENT LEARNING
2.00
8620602124
INTRODUCTION TO COMPUTERS
2.00
8620603154
PPKN
3.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8620604035
KONSEP DASAR IPA 1
4.00
8620602061
MATHEMATICS II
2.00
8620603048
BASIC CONCEPTS OF CIVICS 2
3.00
8620602011
ENGLISH II
2.00
8620602005
COMPUTER APPLICATIONS
2.00
8620603044
BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE 2
3.00
8620603096
ENGLISH LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION EARLY KLS ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620602174
STRATEGI PEMBELAJARAN
2.00
8620603198
KONSEP DASAR IPA
3.00
8620606164
THESIS
6.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003040
PSYCHOLOGY ADVANCED
3.00
8620602064
LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602062
MATEMATIKA III
2.00
8620602058
MANAJEMEN PENDIDIKAN
2.00
8620602017
LEARNING EVALUATION
2.00
8620604036
KONSEP DASAR IPA 2
4.00
8620603092
PENDBHSSASTRA IND KLS HIGHER
3.00
8620603157
ELEMENTARY SCHOOL EARLY KLS
3.00
8620602177
LEARNING THEORY
2.00
8620602165
SOCIAL ANTHROPOLOGY EDUCATION EDUCATION
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602037
BASIC CONCEPTS OF SCIENCE 3
2.00
8620603018
EVALUASI PENDIDIKAN
3.00
8620602013
GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620603109
PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
3.00
8620602120
PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA
2.00
8620603156
PPKN ADVANCED CLASS
3.00
8620602116
MUSIC ARTS EDUCATION 1
2.00
8620603104
SOCIAL SCIENCES EDUCATION ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620603171
STATISTICS
3.00
8620603083
PEMBELAJARAN PKN SD
3.00
8620602121
INTRODUCTION TO EDUCATIONAL PHILOSOPHY
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602178
TOEFL PREPARATION
2.00
8620602007
LOCAL LANGUAGE
2.00
8620604065
RESEARCH METHODOLOGY
4.00
8620602069
SCIENCE LEARNING MODEL
2.00
8620604099
PENDIDIKAN IPA SD
4.00
8620603110
MATHEMATICS EDUCATION 2
3.00
8620602118
FINE ARTS EDUCATION
2.00
8620603102
SOCIAL SCIENCES EDUCATION EARLY GRADE
3.00
8620603081
PEMBELAJARAN IPS SD
3.00
8620602072
ORTHOPEDAGOGIC
2.00
8620602150
PLANNING LEARNING
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602067
MICROTEACHING
2.00
8620602108
SKILLS EDUCATION CRAFTS
2.00
8620602068
ENGLISH LANGUAGE LEARNING MODELS IN ELEMENTARY SCHOOL SCHOOL
2.00
8620603103
SOCIAL SCIENCES EDUCATION ADVANCED CLASSES
3.00
8620602086
PEMBELAJARAN TERPADU
2.00
8620602097
INCLUSIVE EDUCATION
2.00
8620603160
LEARNING MANAGEMENT PROGRAMS
3.00
8620602151
PERSPEKTIF GLOBAL
2.00
8620602106
HANDICRAFT EDUCATION
2.00
8620603111
MATHEMATICS EDUCATION 3
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602022
ILMU KEALAMAN DASAR
2.00
8620602180
PHILOSOPHY OF SCIENCE
2.00
8620602031
LITERARY SKILLS
2.00
8620602003
MUSIC ENSEMBLE
2.00
8620602029
CAPITA SELECTA RELIGION
2.00
8620603186
ADVANCED CLASSES ELEMENTARY SCHOOLS
3.00
8620602159
PPL II
2.00
8620602126
DRAMA DEVELOPMENT IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620604204
INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS
4.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620603183
COMMUNITY SERVICE PROGRAM
3.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602161 | PSIKOLOGI UMUM | 2.00 | |
8620603169 | SOCIOLOGY ANTHROPOLOGY EDUCATION | 3.00 | |
8620603052 | FOUNDATIONS OF EDUCATION | 3.00 | |
8620602010 | ENGLISH I | 2.00 | |
8620603026 | LINGUISTIC STUDIES | 3.00 | |
8620603042 | KONSEP DASAR IPS | 3.00 | |
8620602027 | BASICITY STUDIES | 2.00 | |
8620602028 | LITERARY STUDIES | 2.00 | |
8620603047 | BASIC CONCEPTS OF CIVICS 1 | 3.00 | |
8620603043 | BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCES 1 SCIENCE | 3.00 | |
8620602060 | MATHEMATICS I | 2.00 | |
8620604122 | INTRODUCTION TO EDUCATIONAL SCIENCE | 4.00 | |
8620602149 | ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION AND STUDENT LEARNING | 2.00 | |
8620602124 | INTRODUCTION TO COMPUTERS | 2.00 | |
8620603154 | PPKN | 3.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8620604035 | KONSEP DASAR IPA 1 | 4.00 | |
8620602061 | MATHEMATICS II | 2.00 | |
8620603048 | BASIC CONCEPTS OF CIVICS 2 | 3.00 | |
8620602011 | ENGLISH II | 2.00 | |
8620602005 | COMPUTER APPLICATIONS | 2.00 | |
8620603044 | BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE 2 | 3.00 | |
8620603096 | ENGLISH LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION EARLY KLS ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620602174 | STRATEGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620606164 | THESIS | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003040 | PSYCHOLOGY ADVANCED | 3.00 | |
8620602064 | LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602062 | MATEMATIKA III | 2.00 | |
8620602058 | MANAJEMEN PENDIDIKAN | 2.00 | |
8620602017 | LEARNING EVALUATION | 2.00 | |
8620604036 | KONSEP DASAR IPA 2 | 4.00 | |
8620603092 | PENDBHSSASTRA IND KLS HIGHER | 3.00 | |
8620603157 | ELEMENTARY SCHOOL EARLY KLS | 3.00 | |
8620602177 | LEARNING THEORY | 2.00 | |
8620602165 | SOCIAL ANTHROPOLOGY EDUCATION EDUCATION | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602037 | BASIC CONCEPTS OF SCIENCE 3 | 2.00 | |
8620603018 | EVALUASI PENDIDIKAN | 3.00 | |
8620602013 | GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620603109 | PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 | 3.00 | |
8620602120 | PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA | 2.00 | |
8620603156 | PPKN ADVANCED CLASS | 3.00 | |
8620602116 | MUSIC ARTS EDUCATION 1 | 2.00 | |
8620603104 | SOCIAL SCIENCES EDUCATION ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620603171 | STATISTICS | 3.00 | |
8620603083 | PEMBELAJARAN PKN SD | 3.00 | |
8620602121 | INTRODUCTION TO EDUCATIONAL PHILOSOPHY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602178 | TOEFL PREPARATION | 2.00 | |
8620602007 | LOCAL LANGUAGE | 2.00 | |
8620604065 | RESEARCH METHODOLOGY | 4.00 | |
8620602069 | SCIENCE LEARNING MODEL | 2.00 | |
8620604099 | PENDIDIKAN IPA SD | 4.00 | |
8620603110 | MATHEMATICS EDUCATION 2 | 3.00 | |
8620602118 | FINE ARTS EDUCATION | 2.00 | |
8620603102 | SOCIAL SCIENCES EDUCATION EARLY GRADE | 3.00 | |
8620603081 | PEMBELAJARAN IPS SD | 3.00 | |
8620602072 | ORTHOPEDAGOGIC | 2.00 | |
8620602150 | PLANNING LEARNING | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602067 | MICROTEACHING | 2.00 | |
8620602108 | SKILLS EDUCATION CRAFTS | 2.00 | |
8620602068 | ENGLISH LANGUAGE LEARNING MODELS IN ELEMENTARY SCHOOL SCHOOL | 2.00 | |
8620603103 | SOCIAL SCIENCES EDUCATION ADVANCED CLASSES | 3.00 | |
8620602086 | PEMBELAJARAN TERPADU | 2.00 | |
8620602097 | INCLUSIVE EDUCATION | 2.00 | |
8620603160 | LEARNING MANAGEMENT PROGRAMS | 3.00 | |
8620602151 | PERSPEKTIF GLOBAL | 2.00 | |
8620602106 | HANDICRAFT EDUCATION | 2.00 | |
8620603111 | MATHEMATICS EDUCATION 3 | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602022 | ILMU KEALAMAN DASAR | 2.00 | |
8620602180 | PHILOSOPHY OF SCIENCE | 2.00 | |
8620602031 | LITERARY SKILLS | 2.00 | |
8620602003 | MUSIC ENSEMBLE | 2.00 | |
8620602029 | CAPITA SELECTA RELIGION | 2.00 | |
8620603186 | ADVANCED CLASSES ELEMENTARY SCHOOLS | 3.00 | |
8620602159 | PPL II | 2.00 | |
8620602126 | DRAMA DEVELOPMENT IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620604204 | INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS | 4.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620603183 | COMMUNITY SERVICE PROGRAM | 3.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Local language | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistics | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basicity Studies | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar Ipa | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Fine Arts Education and | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening And Speaking | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
English Language Development For Children | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Entrepreneurship | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Guidance in Elementary School | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Inclusive Education | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Literature Appreciation | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Civics Learning Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
School Curriculum for Primary Schools | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Steam Education in Elementary School | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Balanced Literacy | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Character building | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Development of Social Science Dimensions Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research methodology | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Mathematics Learning in Elementary School | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Skills Improving Indonesian Language Skills | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Innovative Learning Planning in Elementary School | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Science Learning Innovation Elementary School | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Development of Music Arts for Children | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Ethnomathematics Based RME in Elementary School | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Fine Arts Development for Children | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran Ipa Sd | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Learning Evaluation | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading Writing and Dictation For Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Ethnoscience in | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Learning Media Innovation in Elementary School | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Mathematical Thinking Skills | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved