Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Study Program | : | Elementary School Teachers Education |
Establishment Date | : | 1 September 2006 |
Study Program Coordinator | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602005
COMPUTER APPLICATIONS
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
8620603012
NUMBERS AND DATA PROCESSING
3.00
8620602015
BASIC BASICS OF EDUCATIONAL MANAGEMENT
2.00
8620603248
ETHNOSCIENCE IN
3.00
8620602205
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2.00
8620603025
LANGUAGE STUDIES AN
3.00
8620603042
KONSEP DASAR IPS
3.00
8620603195
BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE ELEMENTARY SCHOOL
3.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
8620602163
CHILDREN‘S LITERATURE
2.00
8620603166
SOCIO ANTHROPOLOGY EDUCATION
3.00
8620603049
BASIC CONCEPTS OF CIVICS
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620602006
LITERATURE APPRECIATION
2.00
8620602007
LOCAL LANGUAGE
2.00
8620602013
GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620602202
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8620603198
KONSEP DASAR IPA
3.00
8620603247
BALANCED LITERACY
3.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8620602097
INCLUSIVE EDUCATION
2.00
8620603199
FINE ARTS EDUCATION AND
3.00
8620602201
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8620602173
STATISTICS
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8620602086
PEMBELAJARAN TERPADU
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620603187
BASIC BASICS OF LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620602020
PHILOSOPHY OF EDUCATION
2.00
8620603063
LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL
3.00
8620602076
INDONESIAN LANGUAGE LEARNING ADVANCED CLASSES
2.00
8620602078
PHYSICAL EDUCATION LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL
2.00
8620604099
PENDIDIKAN IPA SD
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620603238
DEVELOPMENT OF DRAMATIC ARTS FOR CHILDREN
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620603183
COMMUNITY SERVICE PROGRAM
3.00
8620604125
ENGLISH LANGUAGE DEVELOPMENT FOR CHILDREN
4.00
8620602127
MORAL DEVELOPMENT RELIGION
2.00
8620604128
SPORTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN 1
4.00
8620604130
SPORTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN 2
4.00
8620604134
ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 1
4.00
8620604136
ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 2
4.00
8620604137
ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 3
4.00
8620604140
ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 4
4.00
8620604141
ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 5
4.00
8620602142
BHSSASTRA EDUCATION DEVELOPMENT IND ELEMENTARY
2.00
8620604204
INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS
4.00
8620606164
THESIS
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602005 | COMPUTER APPLICATIONS | 2.00 | |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8620603012 | NUMBERS AND DATA PROCESSING | 3.00 | |
8620602015 | BASIC BASICS OF EDUCATIONAL MANAGEMENT | 2.00 | |
8620603248 | ETHNOSCIENCE IN | 3.00 | |
8620602205 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
8620603025 | LANGUAGE STUDIES AN | 3.00 | |
8620603042 | KONSEP DASAR IPS | 3.00 | |
8620603195 | BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
8620602163 | CHILDREN‘S LITERATURE | 2.00 | |
8620603166 | SOCIO ANTHROPOLOGY EDUCATION | 3.00 | |
8620603049 | BASIC CONCEPTS OF CIVICS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620602006 | LITERATURE APPRECIATION | 2.00 | |
8620602007 | LOCAL LANGUAGE | 2.00 | |
8620602013 | GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620602202 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620603247 | BALANCED LITERACY | 3.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8620602097 | INCLUSIVE EDUCATION | 2.00 | |
8620603199 | FINE ARTS EDUCATION AND | 3.00 | |
8620602201 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8620602173 | STATISTICS | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8620602086 | PEMBELAJARAN TERPADU | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620603187 | BASIC BASICS OF LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620602020 | PHILOSOPHY OF EDUCATION | 2.00 | |
8620603063 | LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8620602076 | INDONESIAN LANGUAGE LEARNING ADVANCED CLASSES | 2.00 | |
8620602078 | PHYSICAL EDUCATION LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8620604099 | PENDIDIKAN IPA SD | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620603238 | DEVELOPMENT OF DRAMATIC ARTS FOR CHILDREN | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620603183 | COMMUNITY SERVICE PROGRAM | 3.00 | |
8620604125 | ENGLISH LANGUAGE DEVELOPMENT FOR CHILDREN | 4.00 | |
8620602127 | MORAL DEVELOPMENT RELIGION | 2.00 | |
8620604128 | SPORTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN 1 | 4.00 | |
8620604130 | SPORTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN 2 | 4.00 | |
8620604134 | ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 1 | 4.00 | |
8620604136 | ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 2 | 4.00 | |
8620604137 | ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 3 | 4.00 | |
8620604140 | ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 4 | 4.00 | |
8620604141 | ART DEVELOPMENT FOR CHILDREN 5 | 4.00 | |
8620602142 | BHSSASTRA EDUCATION DEVELOPMENT IND ELEMENTARY | 2.00 | |
8620604204 | INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS | 4.00 | |
8620606164 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Local language | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistics | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basicity Studies | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar Ipa | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Fine Arts Education and | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening And Speaking | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
English Language Development For Children | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Entrepreneurship | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Guidance in Elementary School | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Inclusive Education | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Literature Appreciation | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Civics Learning Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
School Curriculum for Primary Schools | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Steam Education in Elementary School | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Balanced Literacy | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Character building | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Development of Social Science Dimensions Elementary School | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research methodology | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Mathematics Learning in Elementary School | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Skills Improving Indonesian Language Skills | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Innovative Learning Planning in Elementary School | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Science Learning Innovation Elementary School | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Development of Music Arts for Children | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Ethnomathematics Based RME in Elementary School | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Fine Arts Development for Children | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran Ipa Sd | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Learning Evaluation | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading Writing and Dictation For Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Ethnoscience in | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Learning Media Innovation in Elementary School | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Mathematical Thinking Skills | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved