Course Description
Mata kuliah ini berfokus pada pengkajian mendalam terhadap pengetahuan teoritis dan praktis mengenai berbagai konsep asesmen dan penilaian yang mencakup macam-macam jenis asesmen, teknik pelaksanaan, serta langkah-langkah sistematis dalam melakukan asesmen terhadap seluruh aspek perkembangan anak usia dini, baik aspek kognitif, bahasa, sosial-emosional, fisik-motorik, maupun moral dan spiritual. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, mata kuliah ini menggunakan beragam strategi pembelajaran aktif dan kolaboratif seperti ceramah interaktif untuk memberikan landasan teori, studi kasus guna menganalisis penerapan asesmen dalam konteks nyata, diskusi kelompok untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan reflektif, simulasi sebagai media latihan keterampilan asesmen secara langsung, serta pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) untuk mendorong mahasiswa mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai tantangan asesmen di lapangan secara kreatif dan solutif.
Program Objectives (PO)
- Menguasai konsep teori perkembangan anak dan stimulasinya
- Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan di lembaga PAUD
- Mengaplikasikan teori dan konsep PAUD dalam mengembangkan pembelajaran