•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Psikologi Pendidikan

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the meaning, scope and contribution of educational psychology, student development, learning theories, personality aspects that influence learning, learning difficulties, counseling guidance in schools, and classroom management for effective learning. Lectures are carried out using direct learning, independent assignments, and group discussions.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teori belajar, dan aspek kepribadian yang memengaruhi proses belajar, serta aspek manajemen kelas non-formal yang memengaruhi proses belajar, dan manajemen kelas non-formal (C2).
  • Mampu menganalisis konsep dan teori dalam bidang psikologi pendidikan yang relevan untuk menyelesaikan kasus-kasus kesulitan belajar dalam konteks pendidikan non-formal (A3).
  • Bertanggung jawab atas kinerja belajar individu dan kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam melaksanakan tugas dan peran yang diberikan baik secara individu maupun dalam kelompok selama proses belajar (A5).
  • Siap dalam memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung implementasi pembelajaran (P2).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pendidikan dan peran psikologi pendidikan dalam bidang pendidikan
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 2
    Perkembangan siswa dan hukum-hukum perkembangan.
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 3
    Teori perkembangan kognitif (Jean Piaget) dan perkembangan bahasa (Vygotsky), serta penerapan teori-teori tersebut dalam proses pembelajaran.
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 4
    Teori perkembangan sosial emosional Erikson dan tahap-tahap perkembangan moral Kohlberg serta penerapan keduanya.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Behaviorisme Bandura dan teori belajar sosial, serta contoh-contoh penerapan keduanya.
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Teori belajar kognitif dan konstruktivis serta penerapan keduanya dalam proses belajar.
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Teori pembelajaran humanistik dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran.
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Konsep dasar kecerdasan dan perannya dalam proses pembelajaran.
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Konsep emosi siswa dan konsep diri mereka serta pengaruhnya terhadap proses belajar.
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Konsep motivasi dan perannya dalam proses belajar
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Konsep kecerdasan luar biasa, anak-anak berbakat, dan pendidikan mereka
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar akademik.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar yang disebabkan oleh gangguan perkembangan.
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Lingkungan positif yang mendukung proses belajar
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Lingkungan positif yang mendukung proses belajar
    • Date  17 Desember 2025

References

Lecturer

FAJAR ARIANTO
FAJAR ARIANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

LAMIJAN HADI SUSARNO
LAMIJAN HADI SUSARNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

CITRA FITRI KHOLIDYA
CITRA FITRI KHOLIDYA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10