•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Basic Theory Pnf

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

This course provides an understanding of the basic concepts of Non-Formal Education, history, thoughts on PNF and informal figures, principles, characteristics of PNF, the relationship between PNF and the national education system so that people like to learn through explanations, discussions and presentations. In this course, non-formal education is discussed as education that is carried out regularly, consciously, but not too strictly following fixed rules¸ as in formal education at school. Because non-formal education is generally carried out not in the physical school environment, non-formal education is identified with out-of-school education. Therefore, non-formal education is carried out outside of school, so the main targets are members of the community. For this reason, non-formal education programs must be created in such a way that they are flexible but straightforward, but still attract the interest of education consumers. An indicator of the success of this course is if students are able to implement theory into Non-Formal Education practice.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep Pendidikan Non-formal sebagai dasar pengembangan kurikulum (C2)
  • Analisis teori-teori Pendidikan Non-Formal secara kritis, kreatif, inovatif, dan analitis, memiliki etos kerja yang tinggi, bekerja sama, membangun hubungan, dan berkomunikasi secara efektif di bidang Pendidikan Non-Formal (C4).
  • Menanamkan nilai-nilai akademik, norma, dan etika, serta menunjukkan sikap mandiri dan bertanggung jawab dalam bekerja di bidang keahlian mereka (A5)
  • Mengorganisir teori, konsep, dan prinsip dalam menganalisis kebutuhan masyarakat sebagai dewasa, serta menguasai teknologi informasi dalam pelaksanaan program Pendidikan Non-formal (A4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Latar belakang dan dasar-dasar pendidikan non-formal.
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Definisi, sifat, dan pendekatan pendidikan non-formal.
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Perkembangan pendidikan non-formal
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Pemikiran para tokoh pendidikan informal dan non-formal (bagian 1)
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Pemikiran para tokoh pendidikan informal dan non-formal, (bagian 2)
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Pemikiran para tokoh pendidikan informal dan non-formal (Bagian 3)
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Latar belakang, konsep, dan definisi pendidikan informal.
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Karakteristik, komponen, dan poin-poin utama pendidikan informal.
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Ujian tengah semester
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Prinsip-prinsip model dan kegiatan pendidikan informal.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Definisi pembelajaran berbasis masyarakat
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    20 karakteristik pembelajaran komunitas.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Teknologi, masyarakat informasi, dan masyarakat pengetahuan.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Kebijakan dan praktik pembelajaran komunitas.
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Proses berkelanjutan pembelajaran seumur hidup sebagai proses komunitas pembelajaran.
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  18 Desember 2025

References

Lecturer

WIDODO
WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SHOBRI FIRMAN SUSANTO
SHOBRI FIRMAN SUSANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10