This course discusses disorders in the developmental stages of children and adolescents which are discussed according to DSM 5 and DSM 5 Revision including neurocognitive disorders, emotional-behavioral disorders, mental disorders,
Program Objectives (PO)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 3 September 2025
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 10 September 2025
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 17 September 2025
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 24 September 2025
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 1 Oktober 2025
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 8 Oktober 2025
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 15 Oktober 2025
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 22 Oktober 2025
Pertemuan 9
UTS
Date 29 Oktober 2025
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 5 November 2025
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 12 November 2025
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 19 November 2025
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 26 November 2025
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Mata Kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar dalam konseling, tahapan pelaksanaan proses konseling, pendekatan dalam konseling, penerapan teknik-teknik konseling, permasalahan-permasalahan dalam konseling, mengembangkan pribadi konselor,
This course discusses concepts, theories and psychological symptoms in sports performance and implements them in sports activities. This course also equips students with the ability
This course discusses understanding, paradigms, methods, data collection techniques, and analysis techniques in qualitative research. This course also discusses how to formulate problems in qualitative