•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Artificial intelligence

Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Course Description

Membahas konsep dan implementasi AI mulai dari problem solving agent, knowledge-based reasoning, fuzzy logic, machine learning (supervised, unsupervised, reinforcement), hingga deep learning.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar Artificial Intelligence serta peranannya dalam menyelesaikan masalah nyata.
  • Mahasiswa mampu membedakan dan mengimplementasikan problem solving agent dengan pendekatan brute force dan greedy (contoh TSP).
  • Mahasiswa mampu merancang knowledge-based agent untuk menyelesaikan permasalahan Wumpus World.
  • Mahasiswa mampu menerapkan fuzzy logic untuk menangani ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik-teknik kecerdasan buatan dalam pengembangan sistem yang dapat beradaptasidengan kebutuhan pengguna dan kondisi lingkungan yang berubah-ubah
  • Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma regresi (linear regression, decision tree) pada permasalahan terapan.
  • Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma klasifikasi (logistic regression, decision tree dan KNN) pada data nyata.
  • Mahasiswa mampu menerapkan metode clustering (K-Means, hierarchical clustering) dan dimensionality reduction (PCA) untuk analisis data.
  • Mahasiswa mampu merancang solusi berbasis reinforcement learning, deep learning, dan deep reinforcement learning untuk kasus tertentu.
  • Mahasiswa mampu berkolaborasi dalam proyek berbasis AI serta mengomunikasikan hasil implementasi dan evaluasi solusi multi-platform sesuai kebutuhan dunia industri.
  • Mengevaluasi pemahaman, penerapan, dan integrasi konsep Artificial Intelligence melalui ujian tertulis berbasis kasus nyata.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar AI serta mengoperasikan Python di Google Colab.
    • Date  26 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis problem solving agent dengan strategi brute force dan greedy.
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 3
    Merancang dan mengimplementasikan knowledge-based agent pada kasus Wumpus World.
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 4
    Fuzzy logic untuk menyelesaikan masalah dengan ketidakpastian.
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep dasar machine learning dan teknik pembagian data.
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 6
    Algoritma regresi untuk memecahkan kasus terapan.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Berbagai algoritma klasifikasi pada data nyata.
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Pemahaman mahasiswa melalui ujian tengah semester (UTS).
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Metode clustering dan dimensionality reduction untuk analisis data.
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang solusi berbasis reinforcement learning pada kasus tertentu.
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Deep learning dan deep reinforcement learning pada kasus terapan.
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang Proyek Kolaboratif Berbasis AI sesuai Kebutuhan Nyata
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Solusi AI dalam Proyek Kolaboratif Tim.
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Melakukan Pengujian, Validasi, dan Penyempurnaan Solusi AI.
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Dan Mempresentasikan Hasil Proyek AI
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Capaian pembelajaran mahasiswa melalui ujian akhir semester.
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

DURROTUN NASHIHIN
DURROTUN NASHIHIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ERVIN YOHANNES
ERVIN YOHANNES
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10