•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Education and Gender Studies

Program Studi S1 Sosiologi UNESA

 
Card image

Course Description

Study and understanding of gender concepts, principles and theories related to education, gender bias in education, gender socialization, education with a gender perspective, the role of education in creating a gender-just life order through learning activities presented through theoretical studies, discussions, as well as product and project tasks.

Program Objectives (PO)

  • Memanfaatkan sumber belajar dan media berbasis teknologi dalam mengkaji persoalan gender dan pendidikan.
  • Evaluate educational policies, practices, and socio-cultural factors that influence gender inequalities, and present their findings through critical reports or presentations.
  • Menciptakan strategi inovatif, model pengajaran, atau program berbasis komunitas yang menyediakan solusi alternatif untuk mempromosikan kesetaraan gender dan memberdayakan pendidikan inklusif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar gender, seks, dan isu-isu sentral dalam konteks pendidikan.
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis teori-teori gender fundamental dan implikasinya pada pendidikan.
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis interseksionalitas gender dengan kategori sosial lain dalam membentuk pengalaman pendidikan.
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis representasi gender dalam kurikulum, buku teks, dan praktik pengajaran.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis akses pendidikan dan hasil belajar melalui data terpilah gender dan perspektif sosiologis
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Kerangka sosio-kultural yang berkontribusi pada ketidaksetaraan atau ekuitas dalam sistem pendidikan.
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Kebijakan global dan nasional terkait disparitas gender (SDG 4 & 5).
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    EVALUASI TENGAH SEMESTER (ETS): Mengintegrasikan teori dan analisis kesenjangan gender.
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Efektivitas pedagogi responsif gender dan program pelatihan guru
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Strategi kelas inovatif yang mempromosikan lingkungan belajar sensitif gender.
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Inisiatif berbasis komunitas untuk mendukung ekuitas pendidikan.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Model/laporan berbasis riset untuk mengatasi tantangan gender di Perguruan Tinggi (PT).
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Rekomendasi praktis bagi pembuat kebijakan untuk mengurangi kesenjangan gender.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Revisi dan Konsultasi Laporan/Model Proyek Akhir.
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Presentasi Hasil Proyek dan mempertahankan solusi yang diusulkan.
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    EVALUASI AKHIR SEMESTER (EAS): Ujian komprehensif.
    • Date  17 Desember 2025

References

Lecturer

AHMAD RIDWAN
AHMAD RIDWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

REFTI HANDINI LISTYANI
REFTI HANDINI LISTYANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Sosiologi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10