•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Sosiologi Pendidikan

Program Studi S1 Sosiologi UNESA

 
Card image

Course Description

This course explains the history and development, foundations, paradigms, theories and methods in educational sociology. Furthermore, students are expected to be able to analyze educational realities from an educational sociology perspective. So apart from the theoretical and methodological aspects, students are also expected to be able to contextualize and apply them in reading the problems of the contemporary world of education, such as; relations between society and education, socialization and educational interactions, curriculum and ideological hegemony, education and social change, globalization and capitalism, education, gender and education, violence in educational institutions, homo academicus in higher education and others.

Program Objectives (PO)

  • Menganalisis konsep dasar, teori klasik (Marx, Durkheim, Weber), dan paradigma pendidikan untuk menafsirkan secara kritis hubungan antara pendidikan dan masyarakat
  • Mengevaluasi proses sosialisasi, ideologi kurikulum, peran guru, dan isu-isu kunci seperti globalisasi, ketidaksetaraan gender, kekerasan, dan marginalisasi untuk mengusulkan solusi pendidikan yang inklusif dan adil.
  • Membuat laporan ilmiah berbasis studi kasus yang mengintegrasikan teori-teori sosiologi, data empiris, dan analisis kritis untuk menjawab permasalahan pendidikan kontemporer.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Ruang lingkup, definisi, dan urgensi sosiologi kurikulum
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Hubungan kurikulum dengan masyarakat
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis hubungan antara masyarakat dan pendidikan dengan menggunakan teori sosiologi pendidikan dalam konteks dinamika sosial masyarakat.
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Membandingkan teori klasik dan teori kontemporer dalam kajian kurikulum
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Ideologi kurikulum dan proses sosialisasi pendidikan
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Peran guru, sekolah, dan masyarakat dalam implementasi kurikulum
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Isu globalisasi, ketidaksetaraan gender, kekerasan, dan marginalisasi dalam kurikulum
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  13 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Kurikulum dengan teori inklusi sosial
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Kebijakan kurikulum dalam konteks masyarakat
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Merancang kerangka analisis kurikulum berbasis teori sosiologi
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 12
    Teori dengan kasus kontemporer pendidikan
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 13
    Menyusun laporan awal penelitian/kajian kurikulum
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 14
    Memberi kritik konstruktif terhadap laporan penelitian teman
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 15
    Mempresentasikan hasil penelitian kasus kurikulum
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester, laporan penelitian
    • Date  8 Desember 2025

Lecturer

MOH. MUDZAKKIR
MOH. MUDZAKKIR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

PUTRI DWI PERMATA INDAH
PUTRI DWI PERMATA INDAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Sosiologi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10