Mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyajikan hasil penelitian secara sistematis dan jelas di depan audiens akademik.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-5 Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.
PLO-6 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
PLO-7 Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
PLO-8 Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
PLO-9 Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.
PLO-10 Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
Program Objectives (PO)
PO-1 Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.
PO-2 Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
PO-3 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
PO-4 Mampu menyusun laporan hasil penelitian secara tertulis yang komprehensif berdasarkan masukan dari seminar dan diskusi akademik.
PO-5 Mampu mendemonstrasikan kemampuan refleksi kritis terhadap proses dan hasil penelitian melalui diskusi seminar akademik.
PO-6 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan media presentasi untuk mendukung penyampaian hasil penelitian secara efektif dalam seminar akademik.
PO-7 Mampu mengorganisasi dan memfasilitasi diskusi ilmiah yang produktif selama seminar hasil penelitian.
PO-8 Mampu menyusun rencana tindak lanjut penelitian berdasarkan hasil diskusi dan evaluasi dalam seminar akademik
PO-9 Mampu menyusun dan menyajikan ringkasan eksekutif hasil penelitian yang jelas dan informatif untuk berbagai pihak terkait
PO-10 Mampu mengintegrasikan umpan balik dari seminar hasil penelitian ke dalam perbaikan dan penyempurnaan disertasi.
PO-11 Mampu menyusun dokumen akademik pendukung seminar yang memenuhi standar ilmiah dan etika penelitian