Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif mengenai konsep, prinsip, kebijakan, dan praktik pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Fokus utama meliputi analisis kebutuhan perkembangan anak, perencanaan kurikulum berbasis perkembangan, desain pembelajaran yang holistik, integratif, serta kontekstual, dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran berbasis asesmen autentik. Selain itu, mata kuliah ini juga mengintegrasikan kebijakan kurikulum terkini yang menekankan pentingnya pembelajaran mendalam (deep learning) untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif sejak dini, serta pengenalan berpikir komputasional (computational thinking) melalui kegiatan bermain dan eksplorasi berbasis proyek yang relevan dengan dunia anak. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengadaptasi prinsip-prinsip inovasi kurikulum agar mampu menumbuhkan kompetensi literasi dasar, literasi digital, literasi budaya, serta kecakapan abad ke-21. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum serta pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan anak usia dini, berpijak pada teori perkembangan, kajian pedagogis, serta tuntutan kebijakan pendidikan nasional dan global. Mahasiswa juga didorong untuk mengembangkan inovasi praktik pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada penguatan resiliensi anak, pembelajaran yang bermakna, serta pengembangan potensi sesuai konteks sosial-budaya. Ruang lingkup mencakup kajian teoritis dan praktis tentang pendekatan kurikulum PAUD, model dan strategi pembelajaran, pengembangan materi, asesmen autentik, integrasi teknologi pendidikan anak usia dini, serta isu-isu kontemporer seperti kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran mendalam, berpikir komputasional, dan inovasi kurikulum berbasis penelitian.