•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Innovative Learning

Program Studi S1 Pendidikan Kimia UNESA

 
Card image

Course Description

Study of learning models: cooperative learning, scientific approach-oriented learning such as: problem-based learning, inquiry-discovery learning and contextual learning and project-based learning. The assessment is carried out through the presentation of concepts, presentation of operational examples of each learning model in the form of learning tools, workshops on developing learning tools by students oriented towards each learning model and strategy. The assessment activity ends with an exercise in implementing a particular learning model by each student in a peer teaching forum. followed by discussion and reflection activities.

Program Objectives (PO)

  • CPKM P: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip berbagai model pembelajaran inovatif (cooperative learning, problem-based learning, inkuiri-discovery, kontekstual, project-based learning) serta implikasinya dalam pembelajaran kimia.
  • CPMK-S: Mahasiswa menunjukkan sikap profesional, kreatif, kolaboratif, dan terbuka terhadap inovasi dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran kimia berbasis model inovatif.
  • CPMK-K: Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran kimia (RPP, media, asesmen) sesuai karakteristik model pembelajaran inovatif dan kebutuhan peserta didik abad 21.
  • CPMK-U: Mahasiswa mampu mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif dalam peer teaching, memanfaatkan media berbasis TIK, serta melakukan evaluasi dan refleksi kritis terhadap praktik pembelajaran.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis prinsip, tujuan, dan sintaks Cooperative Learning serta mengaitkannya pada pembelajaran kimia secara kritis.
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Perangkat pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Learning dan menilai kesesuaiannya dengan sintaks model tersebut.
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Merancang draft perangkat pembelajaran berbasis Cooperative Learning yang sesuai dengan sintaks dan karakteristik peserta didik.
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis prinsip, tujuan, dan langkah sintaks Problem Based Learning serta mengaitkannya pada pembelajaran kimia.
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning dan menilai kesesuaiannya dengan sintaks model tersebut.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Merancang draft perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang sesuai dengan sintaks dan kebutuhan peserta didik.
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Prinsip, langkah, dan keunggulan model Inkuiri–Discovery serta mengaitkannya dengan pembelajaran kimia.
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri–Discovery dan menilai kesesuaiannya dengan tujuan dan sintaks model tersebut.
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Merancang draft perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri–Discovery yang sesuai dengan sintaks, topik kimia, dan karakteristik peserta didik.
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menganalisis prinsip, sintaks, dan keunggulan Project Based Learning serta mengaitkannya dengan pembelajaran kimia abad 21.
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Perangkat pembelajaran berbasis Project Based Learning dan menilai kesesuaiannya dengan sintaks dan tujuan pembelajaran.
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Merancang produk final perangkat pembelajaran berbasis Project Based Learning yang inovatif, lengkap, dan sesuai kebutuhan peserta didik.
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Model Cooperative Learning dalam peer teaching serta melakukan refleksi kritis terhadap praktik pembelajaran.
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Model Problem Based Learning dalam peer teaching serta melakukan refleksi kritis terhadap praktik pembelajaran.
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Model Inkuiri–Discovery dalam peer teaching serta melakukan refleksi kritis terhadap praktik pembelajaran.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Model Project Based Learning dalam peer teaching serta melakukan refleksi kritis terhadap hasil proyek.
    • Date  20 Mei 2024

Lecturer

RINANINGSIH
RINANINGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KUSUMAWATI DWININGSIH
KUSUMAWATI DWININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MITARLIS
MITARLIS
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

UTIYA AZIZAH
UTIYA AZIZAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Kimia
  • Semester4
  • Lectures4
Difficult Things About Education.
$75$10