•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Teknik Elektro Unesa

 
Study Program  :  Electrical Engineering
Establishment Date  :  5 Juni 2012
Study Program Coordinator  :  Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Menjadi Program Studi unggul dan berskala global yang tangguh dan adaptif di Bidang Ilmu Teknik Elektro, berorientasi pada inovasi berbasis kewirausahaan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan
  2. Visi Keilmuan: Menjadi pusat pengembangan keilmuan Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Komputasi Cerdas, Teknik Elektronika, dan Teknik Pengaturan yang unggul, inovatif, berdaya saing global, dan berlandaskan nilai-nilai kewirausahaan dalam mendukung transformasi digital dan pembangunan berkelanjutan

Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknik elektro dengan mengadopsi standar nasional dan internasional dalam kurikulum, metode pengajaran, dan penilaian, sehingga lulusan memiliki kompetensi yang relevan dan mendunia
  2. Menciptakan dan menghasilkan penelitian yang inovatif dan berdampak positif dalam pengembangan teknologi elektro yang mendukung pembangunan berkelanjutan, serta mendorong lahirnya usaha baru yang berorientasi pada solusi berkelanjutan
  3. Mengaplikasikan teknologi elektro dalam memberdayakan masyarakat dan industri dengan pendekatan berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, serta pengembangan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan lingkungan

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar nasional dan internasional dalam bidang teknik elektro yang tangguh dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, dengan mengintegrasikan kurikulum yang komprehensif, metode pengajaran inovatif, dan pengalaman praktis untuk menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi di skala global.
  2. Mengembangkan penelitian dasar, pengembangan, dan inovasi yang berpotensi mendorong lahirnya usaha baru, dengan fokus pada pengembangan teknologi elektro yang dapat mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan.
  3. Menerapkan teknologi elektro untuk memberdayakan masyarakat dan industri secara berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, dan solusi teknologi yang adaptif.

Nilai_dasar
Unesa Satu Langkah di Depan Untuk Indonesia Maju
Capaian Lulusan Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik elektro modern yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan, khususnya memiliki pengetahuan lanjut pada salah satu bidang keahlian Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Komputasi Cerdas, Teknik Elektronika, dan Teknik Pengatutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu menyampaikan ide dan/atau gagasan hasil kerja dan inovasi dibidang teknik elektro secara efektif baik lisan maupun tulisan

PLO-11 Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada dibidang teknik elektro

Occupational Profiles Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
  • Praktisi Teknik Elektro

    Bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara sistem listrik dan elektronik. 

  • Peneliti di Bidang Teknik Elektro

    Mengembangkan pengetahuan baru dan inovasi teknologi melalui penelitian mendalam untuk memecahkan masalah teknik elektro yang kompleks, mengembangkan teknologi baru, dan mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal ilmiah dan konferensi

  • Wirausahawan Teknik

    Individu yang menggabungkan pengetahuan teknis dengan keterampilan bisnis untuk memulai, mengembangkan, dan mengelola usaha berbasis teknologi, berfokus pada inovasi dan penerapan teknologi baru untuk menciptakan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan solusi teknis yang efisien


Struktur Kurikulum Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Teknik Elektro

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002177 ENGLISH 2.00
2020102130 ALGORITHM AND COMPUTER PROGRAMMING PRACTICE 2.00
2020103120 ELECTRICITY MEASUREMENT 3.00
2020103076 MATEMATIKA TEKNIK I 3.00
2020102107 INTRODUCTION TO ELECTRICAL ENGINEERING 2.00
2020103039 ENGINEERING PHYSICS 3.00
2020103163 ELECTRICAL CIRCUITS I 3.00
1000002003 INDONESIAN 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
2020102015 ENGLISH II 2.00
2020102065 ELECTRICAL ENERGY CONVERSION 2.00
2020103078 MATHEMATICS ENGINEERING II 3.00
2020102098 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER 2.00
1000002033 CITIZENSHIP 2.00
1000002018 PANCASILA EDUCATION 2.00
2020102156 DIGITAL CIRCUIT POWER SYSTEMS I 2.00
2020102160 ELECTRONIC CIRCUITS I PRACTICUM 2.00
2020103165 ELECTRICAL CIRCUITS II 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020103080 MEDAN ELEKTROMAGNETIK 3.00
2020103161 FIELDS ELECTRONIC CIRCUITS II 3.00
2020102157 DIGITAL CIRCUITS II 2.00
2020103158 ANALOG ELECTRONIC CIRCUITS 3.00
2020103063 KOMUNIKASI DATA 3.00
2020103001 ALGORITHMS AND COMPUTER PROGRAMMING 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020103115 DIGITAL IMAGE PROCESSING 3.00
2020103019 BASIC CONTROL SYSTEMS 3.00
2020103087 NUMERICAL METHODS 3.00
2020103152 STOCHASTIC PROCESSES 3.00
2020103021 BASIC 3.00
2020103090 MICROPROCESSORS AND MICROCONTROLLERS 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020102188 ELECTRONIC INSTRUMENTATION SYSTEMS 2.00
2020101139 PRACTICAL DIGITAL CIRCUITS 1.00
2020102205 PROCESS CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102195 OPTICAL COMMUNICATION SYSTEMS 2.00
2020102192 DIGITAL COMMUNICATION SYSTEMS 2.00
2020102239 VARIABLE STATE 2.00
2020103153 POWER SYSTEM PROTECTION 3.00
2020102027 INDUSTRIAL ELECTRICAL SYSTEM DESIGN I 2.00
2020103011 COMPUTER APPLICATIONS IN ELECTRONICS 3.00
2020103125 DESIGN OF ANALOG ELECTRONIC SYSTEMS 3.00
2020103117 SIGNAL PROCESSING CONTROL 3.00
2020103209 DATABASE MANAGEMENT SYSTEMS 3.00
2020102023 DATA MINING 2.00
2020102210 ADVANCED MICROCONTROLLER SYSTEMS 2.00
2020102176 SEMICONDUCTORS AND INTEGRATED CIRCUITS 2.00
2020101278 PRACTICUM DIGITAL CONTROL SYSTEMS AND AUTOMATION 1.00
2020103198 DIGITAL CONTROL SYSTEMS 3.00
2020103226 SOFTCOMPUTING 3.00
2020102121 ELECTRICAL POWER SYSTEM EQUIPMENT 2.00
2020102167 PULSE CIRCUITS NETWORK 2.00
2020103154 ELECTRONICS PROJECT 3.00
2020103033 ELEKTRONIKA DAYA 3.00
2020102177 SENSORS AND ACTUATORS 2.00
2020103062 ELECTROMAGNETIC COMPUTING 3.00
2020102102 ELECTRICAL ENERGY GENERATION 2.00
2020102095 OPTIMUM OPERATION AND RELIABILITY OF 2.00
2020103214 OPERATING SYSTEMS 3.00
2020102084 ELECTRICAL MACHINES I 2.00
2020103150 PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL 3.00
2020103215 SYSTEMS 3.00
2020102009 POWER SYSTEM ANALYSIS I 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002054 PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002051 PLP ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002057 PERENCANAAN 2.00
1000002049 PLP MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000002099 MAGANG RISET PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN 2.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003058 KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA 3.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003081 KKN PROYEK INDPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003060 DESAIN PROGRAM 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004056 PLP PRAKTIK MENGAJAR 4.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003095 MAGANG RISET PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN 3.00
1000003100 MAGANG RISET PUBLIKASI 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
2020103232 DATA ACQUISITION TECHNIQUES 3.00
2020102237 HIGH VOLTAGE ENGINEERING 2.00
2020102238 TELEMEDICINE ENGINEERING 2.00
2020103244 TELEMETRY AND CONTROL 3.00
2020102249 SPECIAL TOPICS SYSTEM ENGINEERING CONTROL SYSTEM 2.00
2020103252 COMPUTER VISION 3.00
2020102030 OPTOELECTRONIC DEVICES 2.00
2020102123 PROGRAMMED COMPONENT DESIGN 2.00
2020102135 CONTROL SYSTEM INSTRUMENTATION PRACTICUM KKN 2.00
2020101137 MICROCONTROLLER PRACTICUM 1.00
2020102071 SYSTEMS SIMULATION LABS ENERGY 2.00
2020103180 SIGNALS AND MULTIMEDIA SYSTEMS 3.00
2020102184 INTELLIGENT ELECTRONIC SYSTEMS 2.00
2020103197 INTELLIGENT CONTROL SYSTEMS 3.00
2020102005 POWER SYSTEM ANALYSIS II 2.00
2020102183 DYNAMIC SYSTEMS 2.00
2020102114 USE AND ARRANGEMENT OF ELECTRIC MOTORS 2.00
2020102172 ROBOTICS 2.00
2020102186 DISCRETE EVENT SYSTEMS 2.00
2020102193 SYSTEMS WIRELESS COMMUNICATION SYSTEMS 2.00
2020102131 INDUSTRIAL PRACTICES 2.00
2020103017 BIOMETRIC CONTROL SYSTEMS 3.00
2020102041 COMPUTER GRAPHICS 2.00
2020102058 ELECTRIC POWER SYSTEM CONTROL 2.00
2020102134 INDUSTRIAL ELECTRICAL SYSTEM DESIGN PRACTICUM 2.00
1000003052 PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
1000003080 KKN PROYEK INDPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000003053 PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000004096 MAGANG RISET PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
1000004098 MAGANG RISET PENGANALISISAN DATA 4.00
1000002064 PELAPORAN PROGRAM 2.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003077 KKN PROYEK INDPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003082 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004079 KKN PROYEK INDPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004097 MAGANG RISET PENGUMPULAN DATA 4.00
1000004061 PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
2020101138 MICROPROCESSOR PRACTICUM 1.00
1000002063 PENDESIMINASIAN PROGRAM 2.00
1000002062 PENILAIAN PROGRAM 2.00
1000002059 MANAJEMEN OPERASIONAL 2.00
1000002055 PLP ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000020103 APPRENTICESHIP 20.00
1000020101 KKN T 20.00
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004078 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
2020103048 COMPUTER NETWORKS AND MOBILE COMPUTING 3.00
2020103070 KULIAH KERJA NYATA 3.00
2020102086 OF ELECTRICAL MACHINES II 2.00
2020103196 ADAPTIVE CONTROL SYSTEMS 3.00
2020103199 ELECTRONIC CONTROL SYSTEMS ELECTRICAL 3.00
2020102207 REAL TIME CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102003 MULTIMEDIA CONTENT ANALYSIS 2.00
2020103035 INDUSTRIAL ELECTRONICS AND ARTIFICIAL INTELLIGENCE AUTOMATION IN 3.00
2020102037 EMBEDDED SYSTEMS 2.00
2020103224 TRANSMISSION AND DISTRIBUTION SYSTEMS 3.00

Semester ke 7

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020102056 POWER SYSTEMS 2.00
2020106225 THESIS 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dan Tracer Study merupakan dua komponen penting dalam pengembangan dan pemantauan program pendidikan, termasuk program studi Teknik Elektro. Evaluasi kurikulum membantu memastikan bahwa isi kurikulum tetap relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan industri. Sementara itu, Tracer Study merupakan alat yang sangat berharga dalam mengevaluasi kesuksesan lulusan program studi, termasuk pemahaman mereka tentang materi pelajaran, kesiapan untuk dunia kerja, dan kontribusi mereka dalam karier mereka. Hasil tracer studi sudah terangkum dalam lampiran.

Perubahan mendasar dari Kurikulum Prodi TE 2023terletak pada penyesuaian status UNESA sebagai PTNBH, mata kuliah basic science, capstonedesign, muatan teknologi informasi, dan MBKM Teknik Elektro

Tabel  2. Evaluasi kurikulum 2020 dan tindak lanjutnya pada Kurikulum 2023

NoTopik Evaluasi

Kurikulum  

2020

TinjauanRencana Tindak Lanjut

Kurikulum

2023

1

MK matematika dan basic scince(%)

 

Bahan kajian matematika dan basicscence ada yang sudah dalambentuk mata kuliah tersendiri namun adasebagianmasih menjadibahankajian pada mata kuliah dasar Teknik elektro,

 

Mata kulih matematika dan basic scienceyang secara eksplisitterpisah ada 25SKS (17,36%) terdiri: 

  1. Matematika

Teknik I (3 SKS)

  1. Matematika

Teknik II (3 SKS)

  1. Fisika Teknik I (2 SKS)
  2. Fisika Teknik II (2 SKS)
  3. Praktikum Fisika Teknik I (1 SKS)
  4. Praktikum Fisika Teknik II (1 SKS)
  5. Medan Elektromagnetik (3 SKS)
  6. Metode Numerik (3 sks)
  7. Probabilitas dan Statistik (3 SKS)
  8. Kalkulus I (2 SKS)
  9. Kalkulus II (2 SKS) 

Persyaratan LAM TEKNIK: Mata kuliah basicscience minimal 25 SKS

 

Persyaratan IABEE: Minimal 20% dariSKS total(29SKS)

 

Hasil FGD Pengguna:Penguasaanbasic sciencesangat penting untuk bekal bekerja

 

Bahan kajian matematika dan basicscience dikelompokan menjadi matakuliah khusus basic science mencapai 33 SKS(23,61%)

 

Dibentuk MK matematikadan basic science dengan total33 SKS, meliputi MK:

  1.  Aljabar Linier (3 SKS)

Matematika Diskrit (3 SKS)

  1. Fisika I (2 SKS)
  2. Fisika II (2 SKS)
  3. Praktikum Fisika I (1 SKS)
  4. Praktikum Fisika II (1 SKS)
  5. Kimia Dasar (3 SKS)
  6. Analisis vektor (3 sks)
  7. Statistika (3 SKS)
  8. Kalkulus I (3 SKS)
  9. Kalkulus II (3 SKS) 
  10. Persamaan Diferensial ( 3 SKS)
  11. Probabilitas dan Variabel Acak(3 SKS)
  12. Matematika Diskrit(3 SKS)

 

2

Capstone design


 

 

Capstone design pada Kurikulum 2020 belum memenuhisyarat karena belum melibatkanpihak industri dalam pelaksanaannya. Mata kuliah pada

Kurikulum 2020 yang menjadicikal bakal capstone design adalah: 

Mikroprosesor dan Mikrokontroler (3 SKS) 

Proyek Teknik Elektro (2 SKS) Sensor dan Aktuator (2 SKS)

 

Total: 7 SKS

 

 

Persyaratan IABEE/LAM TEKNIKCapstone design merupakanhilirisasi matakuliah (ada di semester akhir), dan mencakuphighorder thinking, dan melibatkanpihak eksternaldalam pelaksanaanya

 

Hasil FGD Pengguna,mahasiswa,dan alumni: perlu ditambahkan pengalamanproyek

 

Menyusun Buku panduan 

Capstone Design Prodi dengan MK proyek Teknik elektro yang dibuat menjadi 3 SKS, yang memenuhi persyaratan IABEE/ LAMTEKNIK, dan sesuai masukandaripengguna, mahasiswa,

alumni, pengguna dan pihak industri 

 

 

MK: Capstone Designberupa:

- Proyek Teknik Elektro (P), dengan bobot 3 SKS pada semester 7

merupakan MK Praktikum.

- berupa praktek mengerjakan proyek riil dikampus

kerjasama dengan praktisi, industri konstruksi dan atau alumni

- teori dansoftware sudah diberikan dalamMK sebelumya

- soal diberikan oleh praktisi

- praktisi memberikan tutorial, dan pengawasan, serta evaluasidi dalam kelas

- makasiswa dapat memilih salah satu jenis proyekyangditawarkan: Teknik system tenaga, Teknik elektronika, Telekomunikasi dan Komputasi cerdas, Teknik Pengaturan.

 

3MK TIK (TeknologiInformasi dan Komunikasi ), dan literasi

MK Komunikasi sudah ada, tapi MKTIK ada namun belum menyebutkan eksplisit di MK. Matakuliahkomunikasi yangsudah ada:

Bahasa Indonesia

Literasi 

Literasi Digital

 

Persyaratan IABEE: harus ada MK dengan muatan TI

 

Persyaratan KPT di Era Industri4.0 untukmendukungMBKM: harus ada muatanliterasiBig Data

 

Hasil dari FGD Pengguna: Lulusan kurangmenguasai konsep software Elektro

 

Ditambahkan bahan kajian muatan TIK dan Bahasa asing 

 

MK baru: Pengantar Teknik Eelktro dan Teknologi Informasi (2 SKS) yangbertujuan memberipemahaman kepada mahasiswauntuk membaca, menganalisis, menggunakan bidang teknik elektro dan data dan informasi (big data) diduniadigital. Materi meliputi literasi data digital, sumber pustaka,teknologi artificial intelegent, dan engineering principle

Serta penambahan mk Bahasa Iggris (2 SKS)

4MK penciri UNESAMK kewirausahaan belum menjadi mk wajibSesuai dengan Visi UNESADitambahkan MK kewirausahaan

MK Baru:

Kewirausahaan (2 SKS)

Perubahan pada Kurikulum 2023 ini juga sesuai dengan masukanyang diperoleh dari kegiatan benchmarking yang dilaksanakan oleh Prodi TE FT UNESAdengan berkunjung ke kampus lain, yaitu ke Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya, atau hasil diskusi dari kampus lain yang berkunjung ke Prodi TE FT UNESA, seperti dari Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Nusa Cendana.

Secara komprehensif penerapan outcome based education diProdi TE melibatkan tiga komponen yang integral yakni:

Outcome-based curriculum. Pada aspek ini, salah satu pertanyaan kuncinya adalah, “Apa yang mampu dilakukan alumni setelah lulusdari Prodi Teknik Elektro?’. Untuk menjawab pertanyaan, ini Prodi Teknik Elektro menyusun rumusan eksplisit Capaian Pembelajaran kurikulum 2023.

Outcome-based learning and teaching. Selanjutnya aspek ini menanyakan, “Bagaimana cara yang dilakukan untuk membuatmahasiswa mencapai capaianbelajar tersebut?” Prodi TeknikElektro mengimplementasikan kurikulum dengan pembelajaran berpusat pada mahasiswa: Case Study dan Project Based Learning

Outcome-based assessment. “Bagaimana mengukur Capaian Pembelajaran yang telah dicapai mahasiswa?” adalah pertanyaan kunci berikutnya. Untuk menjawabnya, Prodi TeknikElektro akan melakukan asesmen pembelajaran dengan menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran diraih.

Dengan mengintegrasikan paradigma pendidikan berbasis outcomes yang selaras dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan kriteria badan akreditasi pendidikan

rekayasa di dunia (mis: IABEE, ABET, JABEE)Kurikulum 2023 dirancang dan diimplementasikan oleh Prodi Teknik Elektro dengan:

  • Menggunakan pernyataan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) (Expected Learning Outcomes) untuk menyatakan dengan eksplisit kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh lulusan Prodi TE.
  • Menyediakan kegiatan pembelajaran di Prodi TE yang membantu mahasiswa mencapai CPL tersebut.
  • Mengukur sejauh mana mahasiswa Prodi TE dapat memenuhi CPL dengan menggunakan kriteria penilaian yang eksplisit seperti rubrik penilaian.

Dalam penyusunan Kurikulum 2023, Tim Kerja Kurikulum Program Studi TE FT UNESA menggunakan cara kerja yang mengacu pada bagan proses dan tahapan penyusunan kurikulum yang dikembangkan oleh DIKTI tahun 2020. Bagan tersebut terlihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Tahap Pengembangan Kurikulum

Mengacu pada Gambar 1, terdapat tiga tahap penyusunan kurikulum, yakni: Tahap 1. Perumusan Profil Profesional Mandiri (PPM) (Profesional Profile).

Pada tahapan ini dirumuskan profil lulusan yang diinginkan dari hasil tracer study, masukan dari stakeholder danasosiasi, dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar. Profil lulusan juga dirumuskan sesuai visi dan misi universitas, fakultas dan prodi dengan mempertimbangkan nilai-nilai dan kekhasan dari universitas (prodi).

Tahap 2. Perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) (Expected Learning Outcomes). Tahap ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan pasar terhadap lulusan dan kajian bagaimana institusi (UNESA,FT, Prodi TE) mampu memenuhinya dengan mempertimbangkan kebijakan internal institusi. Dengan menggunakan

analisis ini, ProgramStudi TE merumuskan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Tahap 3. Bahan Kajian: Body of Knowledge (BOK) Electrical Engineering

Setelah CPL terumuskan pada tahap ke-2, bahan kajian program sarjana Teknik Elektro disusun untuk meraih CPL tersebut. Tahap ini dimulai dengan kajian Body of Knowledge (BOK) Eelctrical Engineering yang mencakup tingkat kedalaman, keluasan dan kemampuan yang akan dicapai lulusan. Pada tahap ini dilakukan penyusunan matriks bahan kajian dan CPL. Tahap terakhir adalah menyusun struktur kurikulum untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah (bahan kajian) berkontribusi secara selaras dalam mencapai CPL. Silabus tiap mata kuliah harus menyatakan tujuan yang mencerminkan kemampuan (outcomes) mahasiswa setelah belajar.

2. Tracer Studydan Analisis Pemangku Kepentingan

 

Untuk merancang kurikulum secara memadai, Program Studi TE melakukan tracer study dengan kerjasama dengan Direktorat kemahasiswaan dan alumni dan analisis masukan dari pemangku kepentingan (stakeholders). Mekanisme penjaringan masukan dilakukan dengan cara survei, kunjungan proyek,tracer study, serta kuisioner dan hearing dalam forum diskusi. Stakeholders yang terlibat meliputi stakeholder internal, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan, alumni, dan stakeholder eksternal yaitu, pengguna, asosiasi programstudi, industri,dan pakar bidang studi. Rangkuman hasil penjaringan tersebut ditampilkan dalam Tabel 3.

Tabel 3. Masukan Pemangku Kepentingan

Pemangku KepentinganMasukan
Mahasiswa

a.     Mahasiswa kurang memahamiketerkaitan antara mata kuliah

b.    Mata kuliah yang diampu oleh beberapa dosen dalam kelas paralel terkadang berbeda pada materi, kedalamandan keluasan materi.

c.     Mahasiswa memandang bahwa dosen perlu meningkatkan (upgrade) pengetahuan/tingkatkompetensi, dan bahan kuliah selalu diupdate

d.    Sistem pembelajaran kombinasi antara kuliah luring dan daring (blended learning)

Lulusan
  1. Perlu tambahanpengetahuan lain diluarbidang teknik elektro
  2. Perlu pengetahuan tentang kehidupan didunia kerja
  3. Perlu pengetahuan tentang aplikasi-aplikasi perangkat lunak di bidang trknik elektro
  4. Perlu keterampilan komunikasi baik lisanmaupun tulisan
  5. Memerlukan peningkatan kemampuan bekerja mandiri dan bekerjasamadalam tim
  6. Perlu peningkatan kemampuanmanagerial dankepemimpinan
Alumni
  1. KerjasamaProdi dan alumni perlu ditingkatkan,
  2. Diperlukan kemampuan kreatif, inisiatif,dan sifatingin selalu belajar
  3. Kemampuan berorganisasi perlu di tingkatkan
  4. Memiliki integritas, bertanggungjawab, dan profesional
  5. Perlu diberikan kuliah tentang aplikasi/ pelaksanaan proyek dan motivasi
Dosen
  1. Mata kuliah yang mendorong kemampuan capstone design perlu dikembangkan dan diperkuat,
  2. Rencana pembelajaran perlu diperbaikisecara kontinu,
  3. Semua dosen perlu didorong untuk disiplin melaksanakan rencana pembelajaran yangtelah dibuat bersama
Pengguna Lulusan/Industri
  1. Menyiapkan lulusan baik yang siapbekerja langsung maupun yangsiap latih, 
  2. Kemampuan bekerjasama dalam tim,kepemimpinan, belummemadai 
  3. komukasi yang belum memadai,
  4. Kemampuan adaptasi terhadapdunia kerja perlu dibangun,
  5. Kemampuan praktek rekayasa mutahir kurang terasah, keterlibatan praktisi dalam proses pembelajaran kurang
  6. Pengetahuan tentang peraturan, code,penggunaansoftware-software perancangan danmanajemenproyek kurang,
  7. Beberapa lulusan memiliki IPK yang tinggi, tetapi kemampuan tidak mencerminkan IPK nya.
  8. Pelaksanaan Kerja Praktek belum terarah.

 

Rekap PLO Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Computer Programming Algorithms 2 38.89% 11.11% 50% 100 %
English 3 100% 100 %
Digital Signal Processing 3 25% 12.5% 50% 12.5% 100 %
of Standards and Regulations in Power Systems 2 55% 45% 100 %
Modern Control Systems 2 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
Praktikum Sistem Kontrol 1 20% 80% 100 %
Power System Analysis 3 50% 50% 100 %
Network 3 40% 40% 20% 100 %
Elektronika Daya 2 20% 40% 40% 100 %
Optimal Control System 3 25.81% 38.71% 35.48% 100 %
Medan Elektromagnetik 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Research methodology 2 41.18% 5.88% 47.06% 5.88% 100 %
Sensors and Actuators 2 16.67% 16.67% 16.67% 50% 100 %
Basic Control Systems 3 37.5% 18.75% 43.75% 100 %
Systems Wireless Communication Systems 2 50% 20% 10% 10% 10% 100 %
Microprocessors and Microcontrollers 3 55.56% 22.22% 22.22% 100 %
Circuits I 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Electrical Circuits Ii 2 60% 10% 10% 20% 100 %
Mathematics Engineering Ii 3 30% 30% 40% 100 %
Electricity Measurement 2 60% 20% 20% 100 %
Iot Systems 2 22.22% 33.33% 11.11% 33.33% 99.99 %
Industrial Practices 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pneumatic and Hydroulic Control Systems Computer 2 14.29% 28.57% 35.71% 21.43% 100 %
Basic 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Programming Practicum 1 28.57% 35.71% 35.71% 99.99 %
Probability and Statistics 3 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Circuit Practicum 1 41.67% 33.33% 25% 100 %
Power System Protection 2 31.25% 43.75% 25% 100 %
Numerical Methods 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Intelligent Control Systems 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Antennas and Propagation 2 50% 33.33% 16.67% 100 %
Menggambar Teknik 2 58.33% 16.67% 16.67% 8.33% 100 %
Multimedia Signal Processing 2 25% 25% 50% 100 %
Practical Digital Circuits 1 50% 50% 100 %
Calculus II 3 43.48% 26.09% 30.43% 100 %
Transmission and Distribution Systems 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Engineering Physics Practicum I 1 14.29% 42.86% 42.86% 100 %
Engineering Physics Practicum Ii 1 20% 60% 20% 100 %
Basic Algorithms and Programming I 2 20% 40% 40% 100 %
Basics of Algorithms and Programming Ii 2 25% 50% 25% 100 %
Practicum Basics of Algorithms and Programming Ii 1 50% 25% 25% 100 %
Elektronika Analog 2 42.86% 14.29% 42.86% 100 %
Elektronika Digital 2 30% 30% 40% 100 %
Basic Control Systems 2 47.62% 38.1% 14.29% 100 %
Practicum Analog Electronics Electric 1 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Digital Electronics Practicum 1 66.67% 33.33% 100 %
Artificial Intelligence and Big Data Analysis 2 33.33% 66.67% 100 %
Electric Power System Operations 2 42.86% 42.86% 14.29% 100 %
Industrial Electronics 2 35.71% 57.14% 7.14% 99.99 %
Systems Electrical Engineering Projects 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Matematika Teknik I 3 16.67% 50% 33.33% 100 %
Kalkulus I 2 25% 25% 50% 100 %
Calculus II 2 23.08% 38.46% 38.46% 100 %
Reliability Engineering and System Safety 2 10% 80% 10% 100 %
Data Acquisition Techniques 2 25% 37.5% 37.5% 100 %
Kalkulus I 3 41.67% 58.33% 100 %
Network 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Simulation 2 21.43% 35.71% 42.86% 100 %
Embedded Systems 3 16.67% 16.67% 33.33% 33.33% 100 %
Security Multimedia 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
English 2 20% 40% 40% 100 %
Linear Algebra 3 16.67% 46.67% 36.67% 100 %
Physics I 2 38.46% 30.77% 30.77% 100 %
Discrete Mathematics 3 66.67% 8.33% 25% 100 %
Introduction to Electrical Engineering and Information Technology 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Physics Practicum I 1 40% 30% 30% 100 %
Programming Algorithms Interactive 3 33.33% 16.67% 16.67% 11.11% 16.67% 5.56% 100 %
Physics II 2 22.22% 27.78% 50% 100 %
Physics Practicum II 1 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Statistics 3 32.5% 37.5% 25% 5% 100 %
Telecommunication Systems Practicum 1 40% 40% 20% 100 %
Probability and Random Variables 3 20% 30% 30% 20% 100 %
Basic Chemistry 3 28.57% 28.57% 28.57% 14.29% 100 %
Vector Analysis 3 16.67% 41.67% 8.33% 33.33% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Ilmu dan teknologi pada bidang Teknik Elektro mengalami perkembangan yang pesat. Prodi TE berkomitmen untuk dapat berperan dalam mencetak Sarjana Teknik Elektro yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Lulusan Teknik Elektro FT UNESA diharapkan memiliki kompetensi unggul di bidang konstruksi yang meliputi konstruksi bangunan gedung, jalan, dan air, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Sesuai dengan tujuan Unesa, maka seluruh kegiatan di Prodi TE harus dilandasi oleh nilai-nilai Elektro. Strategi pencapaian kompetensi lulusan tersebut ditetapkan dalam kebijakan dan standar akademik yang mengikuti siklus PDCA, yaitu perencanaan (planning), implementasi (do), evaluasi/asesmen (check), dan aksi peningkatan berkelanjutan (action). 

Arah kebijakan dan standar akademik dijelaskan dengan kurikulum, rencana pembelajaran semester (RPS), serta integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran. Implementasi standar akademik tersebut selalu dievaluasi dan diperbaiki agar selalu update atau sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang ada di lapangan. Oleh karena itu, analisis kebutuhan dan tantangan masa depan profesi Insinyur Elektro selalu dilakukan secara reguler, melalui analisis masukan pemangku kepentingan yang meliputi dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan, alumni, pengguna, asosiasi program studi, industri, dan pakar bidang studi. Dengan memastikan proses pendidikan siklus PDCA berjalan dengan baik, maka diharapkan mutu lulusan Prodi TE FT UNESA memiliki link and match dengan dunia industri, dunia kerja dan masa depan yang berubah dengan cepat. 

Link and match dengan dunia industri ini senantiasa di-update melalui kegiatan perkuliahan yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar, seperti kerja praktek, kuliah kerja nyata, kuliah capstone design, dan kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Pengembangan kurikulum prodi TE juga memperhatikan filosofi pendidikan berikut ini: 

  1. Membekali mahasiswa untuk memperkuat dan berkontribusi pada nilai-nilai kemanusiaan, keanekaragaman budaya, dan peradaban global berdasarkan nilai-nilai islam. 
  2. Mendukung mahasiswa untuk mengembangkan semangat Unesa dan berkontribusi pada kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat. 
  3. Memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menggunakan potensinya secara profesional agar menjadi berwawasan luas dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap beragama, berbakti dan berkarakter mulia..

Penyusunan visi keilmuan dan tujuan dilakukan oleh tim kurikulum di bawah koordinasi koordinator program studi. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta visi keilmuan Program Studi S1 Teknik Elektro (PS S1 TE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya merujuk pada kebijakan nasional maupun lokal tentang penyusunan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi visi keilmuan dan tujuan PS. Kebijakan-kebijakan nasional yang dirujuk antara lain: 

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; 
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; 
  7. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi
  8. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2022 tentang Penetapan Universitas Negeri Surabaya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum;
  10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
  11. ABET, Criteria for Accrediting Engineering Programs 2020-2023, ABET, 2020;
  12. IABEE, Accreditation Criteria for Engineering Programs version 2020
  13. Peraturan Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan  Nomor: 10/BATAP APK-PII/229/VIII/2022 tentang Perubahan Pertama Kriteria  dan prosedur akreditasi Program studi LAMTEKNIK.

Kebijakan Unesa tentang Visi Misi: 

  1. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Bisnis Universitas Negeri Surabaya;
  2. Peraturan Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya No B/44455/UN38.5/HK.01.02/2021 tentang Rencana Strategis Bisnis Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  3. Statuta Universitas Negeri Surabaya (Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2017) Bab IV tentang Visi dan Misi Organisasi Pasal 24 hingga 28.
  4. Standar Mutu Program Pendidikan Sarjana Universitas Negeri Surabaya Edisi 4 Bab II Sistem Pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Surabaya Bagian D Visi, Misi, Tujuan dan Kebijakan Unesa
  5. Peraturan Rektor UNESA No. 401/UN36/HK/2019 tentang Peraturan Akademik Unesa 
  6. Standar Unesa no 25 tahun 2020 terkait penyusunan visi PS. 

Sebagai bidang kajian, ilmu Teknik Elektro telah cukup tua dan matang (dewasa). Sebagai profesi, Insinyur Teknik Elektro menghasilkan kemajuan dan peningkatan kualitas hidup yang luas dan mendalam bagi peradaban manusia. Kemajuan peradaban manusia hingga era modern ini terjadi dengan dukungan ilmu Teknik Elektro. Kondisi mutakhir yang ditandai dengan globalisasi yang pesat, tekanan ekologis, dan isu sustainabilitas yang menuntut perhatian, membuat Profesi Insinyur Teknik Elektro perlu merumuskan posisi dirinya menyambut masa depan. Kurikulum Program Studi Teknik Elektro mengacu pada: [1] Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), [2] LAM Teknik, IABEE, dan ASIIN, dan [3] Pedoman MBKM