Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Sains Unesa
Study Program | : | Natural Science Education |
Establishment Date | : | 2 April 2007 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Pada tahun 2030, menjadi penyelenggara pendidikan sains yang unggul di tingkat ASEAN bercirikan inovasi pembelajaran berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan sains.Misi
- a. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berorientasi pada pengembangan inovasi pembelajaran sains berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan bidang pendidikan sains dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan karakter.
- b. Mengelola penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan sains dengan pendekatan multi dan interdisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif yang teruji serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional.
- c. Menyebarluaskan hasil pengembangan inovasi pembelajaran dan pengembangan keilmuan pendidikan sains melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penyelenggaraan forum ilmiah baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
- d. Membangun jejaring kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya mendukung peningkatan mutu akademik program studi.
Tujuan
- a. Mampu mengelola riset pendidikan Sains dan pengembangannya untuk memecahkan permasalahan pendidikan yang berkembang di masyarakat melalui pendekatan multi maupun interdisipliner (Akademik).
- b. Mampu mengembangkan IPTEKS dalam bidang keilmuan Pendidikan Sains dan praktek profesionalnya berbasis riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, utamanya pengembangan perangkat pembelajaran IPA serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional (Profesional).
- c. Mampu membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengimplementasikan IPTEKS dalam bidang pendidikan sains dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional (Sosial).
Nilai_dasar
- 1. Pancasila
- 2. Ilmiah
- 3. Sains Edu-Preneurship
- 4. Inklusif
- 5. Sains untuk Pembangunan berkelanjutan
Capaian Lulusan Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
- Akademisi, Guru, Dosen, Konsultan pendidikan, Peneliti, dan Pengembang keilmuan.
- Menguasai teori pedagogi dan andragogi bidang pendidikan IPA berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan metodologi penelitian serta secara kreatif dan inovatif menggunakannya untuk menyelesaikan masalah bidang Pendidikan IPA/Sains baik secara multi maupun interdisipliner.
- Terampil berkomunikasi dalam keilmuannya di tingkat nasional maupun internasional.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri pada bidang keilmuannya secara terus menerus dan berkelanjutan.
- Menjadi pelopor dan agen perubahan dalam pendidikan IPA di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
- Memiliki karakter jujur, mandiri, peduli, tangguh, dan berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus.
Struktur Kurikulum Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S2 Pendidikan Sains
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8410102181
TEORI BELAJAR
2.00
8410102144
SCHOOL
2.00
8410102169
STATISTICS
2.00
8410102147
SCIENCE SCHOOL
2.00
8410102145
SCHOOL PHYSICS
2.00
8410102146
CHEMISTRY SCHOOL
2.00
8410102188
PHILOSOPHY OF SCIENCE EDUCATION SCIENCE EDUCATION
2.00
8410103196
DEVELOPMENT OF INTEGRATED SCIENCE LEARNING
3.00
8410103189
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8410102130
CURRICULUM DEVELOPMENT
2.00
8410102005
ASSESSMENT AND EVALUATION
2.00
8410104194
DEVELOPMENT OF LEARNING MATERIALS
3.00
8410102198
KAJIAN SAINS FISIKA 2
2.00
8410102197
PHYSICAL SCIENCE STUDY 1
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8410103082
PHYSICAL SCIENCE STUDY IV
3.00
8410103073
KAJIAN SAINS BIOLOGI IV
3.00
8410103080
PHYSICAL SCIENCE STUDY III
3.00
8410103071
KAJIAN SAINS BIOLOGI III
3.00
8410103091
CHEMICAL SCIENCE STUDY IV
3.00
8410103089
CHEMICAL SCIENCE STUDY III
3.00
8410102195
RESEARCH PROPOSAL
2.00
8410102191
FIELD STUDY
2.00
8410103174
STRUKTUR FUNGSI TUMBUHAN
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8410106182
THESIS
6.00
8410102192
PUBLICATION
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8410102181 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8410102144 | SCHOOL | 2.00 | |
8410102169 | STATISTICS | 2.00 | |
8410102147 | SCIENCE SCHOOL | 2.00 | |
8410102145 | SCHOOL PHYSICS | 2.00 | |
8410102146 | CHEMISTRY SCHOOL | 2.00 | |
8410102188 | PHILOSOPHY OF SCIENCE EDUCATION SCIENCE EDUCATION | 2.00 | |
8410103196 | DEVELOPMENT OF INTEGRATED SCIENCE LEARNING | 3.00 | |
8410103189 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8410102130 | CURRICULUM DEVELOPMENT | 2.00 | |
8410102005 | ASSESSMENT AND EVALUATION | 2.00 | |
8410104194 | DEVELOPMENT OF LEARNING MATERIALS | 3.00 | |
8410102198 | KAJIAN SAINS FISIKA 2 | 2.00 | |
8410102197 | PHYSICAL SCIENCE STUDY 1 | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8410103082 | PHYSICAL SCIENCE STUDY IV | 3.00 | |
8410103073 | KAJIAN SAINS BIOLOGI IV | 3.00 | |
8410103080 | PHYSICAL SCIENCE STUDY III | 3.00 | |
8410103071 | KAJIAN SAINS BIOLOGI III | 3.00 | |
8410103091 | CHEMICAL SCIENCE STUDY IV | 3.00 | |
8410103089 | CHEMICAL SCIENCE STUDY III | 3.00 | |
8410102195 | RESEARCH PROPOSAL | 2.00 | |
8410102191 | FIELD STUDY | 2.00 | |
8410103174 | STRUKTUR FUNGSI TUMBUHAN | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8410106182 | THESIS | 6.00 | |
8410102192 | PUBLICATION | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Rekap PLO Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Field Study | 2 | 18.18% | 36.36% | 9.09% | 36.36% | 99.99 % | |||||
Scientific Publication | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Digital Science Literacy | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Steam Education | 2 | 2.78% | 33.33% | 38.89% | 19.44% | 5.56% | 100 % | ||||
Research Methodology | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Statistics | 2 | 50% | 40% | 10% | 100 % | ||||||
Science Study 2 | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Advanced Learning Theory | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Development of Integrated Science Learning | 3 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | |||||
Field Study | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Analysis of the Philosophy of Science Education Analysis of the Philosophy of Science Education | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
Interdisciplinary Science Studies in Learning | 3 | 20% | 30% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Tpack Development in School Science Learning | 2 | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Energy and Life | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Biomechanics and Electricity | 2 | 33.33% | 27.78% | 11.11% | 27.78% | 100 % | |||||
Ethno Pedagogy of Science Education | 2 | 16.28% | 15.12% | 18.6% | 18.6% | 12.79% | 10.47% | 8.14% | 100 % | ||
Entrepreneurship in Science Education | 2 | 30% | 10% | 50% | 10% | 100 % | |||||
Steam and the Latest Issues in Science Education | 2 | 26.32% | 21.05% | 10.53% | 15.79% | 26.32% | 100 % | ||||
Science Education for Sustainable Development | 2 | 12.5% | 37.5% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Digital Science Literacy | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Study of Learning Theory in Science Learning Models | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Earth and Space Science Education | 3 | 25% | 31.25% | 43.75% | 100 % | ||||||
Biotechnology and Radioactivity | 3 | 5.88% | 8.82% | 29.41% | 20.59% | 5.88% | 20.59% | 2.94% | 5.88% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved