Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran yang kontekstual dan inovatif dalam bidang seni budaya. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada integrasi teknologi digital dan non-digital dalam proses pembelajaran seni (musik, tari, drama, rupa, dan budaya lokal), dengan mempertimbangkan aspek pedagogis, estetika, serta nilai-nilai kultural. Mahasiswa akan mempelajari teori dan prinsip desain pembelajaran, model-model desain instruksional, hingga implementasi teknologi pendidikan seperti media interaktif, multimedia, e-learning, serta aplikasi berbasis AI dan AR/VR dalam pembelajaran seni. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pendekatan transdisipliner dalam desain pembelajaran seni, serta strategi untuk mengembangkan pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis proyek, mahasiswa akan menghasilkan rancangan teknologi pembelajaran seni yang aplikatif, kreatif, dan berakar pada konteks lokal namun mampu menjawab tantangan global pendidikan seni.