Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Unesa
Study Program | : | Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Excellent in Technology and Vocational Education
Misi
- Providing quality education that is relevant to the needs of the
- global job market and the development of science and technology,
- which refers to the National Standards of Higher Education.
- Improve the quality of educators and education personnel, the
- quality of facilities and infrastructure to support continuous
- improvement in the quality of the learning process.
- Develop research in the field of technology and vocational
Tujuan
- Build institutions that are healthy, efficient, effective, productive,
- transparent, accountable, prosperous, and fair.
- Develop cooperation with related national and international
- institutions on an ongoing basis.
- Produce educational and non-educational staff who are
- competent, professional, religious, creative, independent, and
- have the spirit of leadership and are capable of entrepreneurship
Capaian Lulusan Program Studi Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu menyelaraskan kurikulum mata-diklat teknik ketenagalistrikkan dan elektronika pada pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global (Pendidikan).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan kejuruan teknik elektro yang relevan dengan perkembangan industri global (Pendidikan).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi proses produksi dan jasa teknik elektro yang relevan dengan industri (Pendidikan).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora (Umum).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan (Umum).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Memiliki karakter bertanggung jawab dan berkomitmen pada etika profesi (Umum/SSC4.6).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Memiliki pengetahuan yang luas dibidang matematika, sains dan teknik elektro sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program keahlian teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah (SSC2.2).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program keahliaan teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah (SSC2.2).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-13 | Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk pada program keahlian ketenagalistrikan dan teknik elektronika (SSC3.1).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-14 | Mampu menjadi praktisi yang dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengembangkan produk di program keahlian teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika secara komprehensif (SSC4.1)
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-15 | Memiliki kemampuan manajemen proyek dan praktik bisnis dalam berwirausaha sebagai wujud belajar sepanjang hayat melalui pendidikan/pelatihan secara formal maupun non formal (SSC5.3).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pend. Teknik Elektro
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320103034
PHYSICS I
3.00
8320102020
BASICS OF COMPUTERS
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8320103157
CIRCUITS I
3.00
8320103055
MATHEMATICS I
3.00
8320102014
ENGLISH I
2.00
8320102111
BASIC PRACTICAL ELECTRICITY
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320103158
ELECTRICAL CIRCUITS II
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8320102015
ENGLISH II
2.00
8320103035
PHYSICS II
3.00
1000004007
BASICS OF EDUCATION
4.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002011
ISBD
2.00
8320103056
MATHEMATICS II
3.00
8320103057
MATEMATIKA III
3.00
8320103099
ELECTRICITY MEASUREMENT
3.00
8320102067
MENGGAMBAR TEKNIK
2.00
8320102012
ELECTRICAL MATERIALS ELECTRICAL
2.00
8320102033
TEACHING EVALUATION
2.00
8320102198
FIELD THEORY I
2.00
8320103201
TRANSFORMERS
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004041
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
4.00
8320102149
ELECTRONIC CIRCUITS
2.00
8320102108
PERENCANAAN PENGAJARAN
2.00
8320102199
FIELD THEORY II
2.00
8320102017
ELECTRICAL WORKSHOP
2.00
8320102088
PENGANTAR ELEKTRO TEKNIK
2.00
8320103190
REGULATORY TECHNIQUES
3.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
8320102100
ELECTRICAL POWER MEASUREMENT
2.00
8320102046
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
2.00
8320103070
DIRECT CURRENT
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320102178
STATISTICS
2.00
8320102179
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
2.00
8320103183
ENGINEERING ELECTRICAL INSTALLATION
3.00
8320102083
MAINTENANCE AND REPAIR SYSTEMS FOR ELECTRICAL MACHINES ELECTRICAL MACHINE
2.00
8320102024
ELECTROMECHANICS
2.00
8320102043
VOCATIONAL SCHOOL CURRICULUM STUDY
2.00
8320103068
MACHINE ALTERNATING CURRENT MACHINE
3.00
8320102027
ELEKTRONIKA DAYA
2.00
8320102022
ELECTRICAL POWER DISTRIBUTION
2.00
8320102126
ELECTRICAL INSTALLATION PRACTICUM
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320102142
POWER SYSTEM PROTECTION
2.00
8320102203
POWER TRANSMISSION ALTERNATING CURRENT BALI
2.00
8320103002
ELECTRICAL POWER SYSTEM ANALYSIS I
3.00
8320102028
POWER ELECTRONICS II
2.00
8320102109
PPL I
2.00
8320102095
OPERATION ELECTRICAL POWER SYSTEMS
2.00
8320103073
RESEARCH METHODS
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320103003
ELECTRICAL TNG SYSTEM ANALYSIS II
3.00
8320103081
ELECTRICAL ENERGY GENERATION
3.00
8320102110
PPL II
2.00
8320102114
WORK PRACTICE BASIC
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320103166
ADAPTIVE SYSTEMS
3.00
8320106177
THESIS
6.00
8320102103
ELECTRICAL NETWORK PLANNING
2.00
8320103091
MOTOR USE AND ARRANGEMENT
3.00
8320102054
INDUSTRIAL MANAGEMENT
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320103034 | PHYSICS I | 3.00 | |
8320102020 | BASICS OF COMPUTERS | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8320103157 | CIRCUITS I | 3.00 | |
8320103055 | MATHEMATICS I | 3.00 | |
8320102014 | ENGLISH I | 2.00 | |
8320102111 | BASIC PRACTICAL ELECTRICITY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320103158 | ELECTRICAL CIRCUITS II | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8320102015 | ENGLISH II | 2.00 | |
8320103035 | PHYSICS II | 3.00 | |
1000004007 | BASICS OF EDUCATION | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002011 | ISBD | 2.00 | |
8320103056 | MATHEMATICS II | 3.00 | |
8320103057 | MATEMATIKA III | 3.00 | |
8320103099 | ELECTRICITY MEASUREMENT | 3.00 | |
8320102067 | MENGGAMBAR TEKNIK | 2.00 | |
8320102012 | ELECTRICAL MATERIALS ELECTRICAL | 2.00 | |
8320102033 | TEACHING EVALUATION | 2.00 | |
8320102198 | FIELD THEORY I | 2.00 | |
8320103201 | TRANSFORMERS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004041 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 4.00 | |
8320102149 | ELECTRONIC CIRCUITS | 2.00 | |
8320102108 | PERENCANAAN PENGAJARAN | 2.00 | |
8320102199 | FIELD THEORY II | 2.00 | |
8320102017 | ELECTRICAL WORKSHOP | 2.00 | |
8320102088 | PENGANTAR ELEKTRO TEKNIK | 2.00 | |
8320103190 | REGULATORY TECHNIQUES | 3.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
8320102100 | ELECTRICAL POWER MEASUREMENT | 2.00 | |
8320102046 | ARTIFICIAL INTELLIGENCE | 2.00 | |
8320103070 | DIRECT CURRENT | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320102178 | STATISTICS | 2.00 | |
8320102179 | STRATEGI BELAJAR MENGAJAR | 2.00 | |
8320103183 | ENGINEERING ELECTRICAL INSTALLATION | 3.00 | |
8320102083 | MAINTENANCE AND REPAIR SYSTEMS FOR ELECTRICAL MACHINES ELECTRICAL MACHINE | 2.00 | |
8320102024 | ELECTROMECHANICS | 2.00 | |
8320102043 | VOCATIONAL SCHOOL CURRICULUM STUDY | 2.00 | |
8320103068 | MACHINE ALTERNATING CURRENT MACHINE | 3.00 | |
8320102027 | ELEKTRONIKA DAYA | 2.00 | |
8320102022 | ELECTRICAL POWER DISTRIBUTION | 2.00 | |
8320102126 | ELECTRICAL INSTALLATION PRACTICUM | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320102142 | POWER SYSTEM PROTECTION | 2.00 | |
8320102203 | POWER TRANSMISSION ALTERNATING CURRENT BALI | 2.00 | |
8320103002 | ELECTRICAL POWER SYSTEM ANALYSIS I | 3.00 | |
8320102028 | POWER ELECTRONICS II | 2.00 | |
8320102109 | PPL I | 2.00 | |
8320102095 | OPERATION ELECTRICAL POWER SYSTEMS | 2.00 | |
8320103073 | RESEARCH METHODS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320103003 | ELECTRICAL TNG SYSTEM ANALYSIS II | 3.00 | |
8320103081 | ELECTRICAL ENERGY GENERATION | 3.00 | |
8320102110 | PPL II | 2.00 | |
8320102114 | WORK PRACTICE BASIC | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320103166 | ADAPTIVE SYSTEMS | 3.00 | |
8320106177 | THESIS | 6.00 | |
8320102103 | ELECTRICAL NETWORK PLANNING | 2.00 | |
8320103091 | MOTOR USE AND ARRANGEMENT | 3.00 | |
8320102054 | INDUSTRIAL MANAGEMENT | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO)
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro sebesar 99,40% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut:
PLO 1 sebesar 99,38%, PLO 2 sebesar 100%, PLO 3 sebesar 98,50%, PLO 4 sebesar 99,02%, PLO 5 sebesar 99,49% dan PLO 6 sebesar 100%.
Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan
kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 39 dari 61 lulusan atau 63,93%. Lulusan
yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Strudi yang
terdiri dari: 6 lulusan berwirausaha, 1 lulusan melanjutkan Pendidikan, dan 32 lulusan yang bekerja sesuai strandat yang ditetapkan.
Rekap PLO Program Studi Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | PLO15 | |||
Proteksi Sistem Tenaga Listrik | 3 | 6.25% | 12.5% | 12.5% | 6.25% | 18.75% | 18.75% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic Electronic Circuits | 2 | 30.77% | 69.23% | 100 % | |||||||||||||
Research methodology | 4 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Digital Electronics Advanced | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||||||
Electronic Circuits Practical | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Industrial Robots | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||||||
Electrical Installation Practicum | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Practicing Electrical Machines | 2 | 19.72% | 19.72% | 19.72% | 19.72% | 1.41% | 19.72% | 100 % | |||||||||
Operation Electrical Power Systems | 2 | 17.86% | 17.86% | 14.29% | 8.93% | 5.36% | 17.86% | 17.86% | 100 % | ||||||||
Measuring Electronics | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Electrical Materials Electrical | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Matematika Teknik I | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Dc Electrical Machines | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Maintenance and Repair Electrical Machines | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Vocational Education | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||||
Electrical Machines Ac Electrical | 2 | 20% | 10% | 20% | 10% | 10% | 10% | 20% | 100 % | ||||||||
Machine Planning | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Computer Applications Bid Elka Study | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Instrumentation and Measurement | 2 | 33.33% | 13.33% | 13.33% | 20% | 20% | 99.99 % | ||||||||||
Programmable Logic Controller | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
School Curriculum | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Manajemen Pendidikan | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||
Engineering Physics | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Practicum Engineering Electrical | 1 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Industrial Management | 2 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |||||
Selection and Use of Electric Motors | 2 | 18.89% | 11.11% | 11.11% | 20% | 13.33% | 13.33% | 2.22% | 10% | 99.99 % | |||||||
Mathematics Ii | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Electricity Measurement | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Microlearning Teaching Skills | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||||
Electrical Circuits Basic | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Gambar Teknik | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Engineering Mathematics | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||||||
Learning Planning | 2 | 15.38% | 30.77% | 46.15% | 7.69% | 99.99 % | |||||||||||
Dc Electrical Machines | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Occupational Health and Safety | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Electrical Engineering Education-Electronic Communication Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat
Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester
Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan
Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved