Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Geografi Unesa
Study Program | : | Geography Education |
Establishment Date | : | 13 September 2016 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul Dalam Mendidik Ilmuwan Pendidikan Geografi Serta Kukuh Dalam Mengembangkan Dan Menerapkan Ilmu Geografi Terpadu
- Visi Keilmuan: Menjadi Penyelenggara Pendidikan Magister Pendidikan Geografi Terpadu yang Berbasis Inovasi Pembelajaran
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan pada bidang pendidikan geografi.
- Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada pengembangan serta penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan geografi terpadu yang berorientasi pada ruang muka bumi.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Menyelenggarakan sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta mampu membangun jejaring kerjasama lokal, nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan master pendidikan geografi yang mampu berfikir dalam konteks ruang muka bumi, berkarakter, berjiwa pemimpin, dan pebelajar sepanjang hayat.
- Menghasilkan penelitian yang bermutu dalam bidang pendidikan geografi dan menyebarluaskannya sekaligus membentuk karakter ilmuawan mandiri yang mampu mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi (S3).
- Menghasilkan karakter yang bertanggung jawab kepada masyarakatnya sehingga berkomitmen pada usaha pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Terwujudnya sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta terwujudnya jejaring kerjasama nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Mampu memecahkan permasalahan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan dengan pemanfaatan teknologi geografi berdasarkan kaidah ilmiah
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-6 | Mampu mengembangkan kurikulum, materi, perencanaan, model, dan evaluasi pembelajaran pendidikan geografi berdasarkan persoalan dan kebutuhan yang mutahir di perguruan tinggi atau sekolah atau masyarakat
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-7 | Mampu melakukan komunikasi ilmiah melalui jurnal ilmiah, prosiding seminar, poster ilmiah, audio visual, dan komunikasi umum dalam berbagai bentuk
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-8 | Mampu mengelola aktivitas pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan dan pendidikan masyarakat dalam berbagai peran
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-9 | Menguasai dinamika permasalahan kewilayahan berdasakan konsep dan pendekatan ilmu geografi guna memecahkan pemasalahan penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-10 | Menguasai permasalahan pendidikan geografi berdasakan konsep pendidikan konstruktif transformatif guna memahamkan konsep penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi pada sistem pendidikan di institusi pendidikan maupun masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Occupational Profiles Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI 2018 S2 Pendidikan Geografi (rev.)
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8710202002 | GEOGRAPHY EDUCATION PHILOSOPHY | 2.00 | |
8710200014 | ADVANCED PHYSICAL GEOGRAPHY GEOGRAPHICAL | 2.00 | |
8710220001 | ADVANCED HUMAN GEOGRAPHY | 2.00 | |
8710200016 | GEOPOLITICS GLOBAL AND NATIONAL DEVELOPMENT | 2.00 | |
8710220001 | INNOVATION EDUCATION AND LEARNING | 2.00 | |
8710203022 | RESEARCH METHODOLOGY GEOGRAPHY EDUCATION | 3.00 | |
8710200015 | PROBLEMS AND MANAGEMENT EDUCATION | 2.00 | |
8710220001 | INFORMATION SCIENCE FOR REGIONALIZATION | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8710202024 | ANALYSIS OF LATEST JOURNAL ARTICLES | 2.00 | |
8710202007 | FOR POPULATION AND ENVIRONMENTAL EDUCATION | 2.00 | |
8710202019 | GEOGRAPHY LEARNING INTERNSHIP | 2.00 | |
8710203004 | ECOLOGY-BASED REGIONAL DEVELOPMENT RESOURCES AND DISASTERS | 3.00 | |
8710203003 | DEVELOPMENT OF GEOGRAPHY LEARNING MATERIALS | 3.00 | |
8710202008 | PREPARATION OF DATA PROCESSING AND ANALYSIS INSTRUMENTS | 2.00 | |
8710202025 | PLANNING GEOGRAPHY EDUCATION PROGRAMS | 2.00 | |
8710202018 | GEOGRAPHICAL INFORMATION SCIENCE FOR LEARNING | 2.00 |
Semester ke 6
Evaluasi Kurikulum Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni rata-rata studi 6 semster selama lima tahun terakhir dengan kurang lebih 90% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-rata di atas 3.54. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan lulusan berstatus guru yakni 100% menyatakan puas terhadap kurikulum program studi dengan alasan ada kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan di persekolahan. Berdasarkan hasil pelacakan lulusan S2 Pendidikan Geografi sekitar 95% sudah sebagai guru kurang dari 6 bulan.
Rekap PLO Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Problems and Management Education | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Geography Learning Internship | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Innovation Education and Learning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Advanced Human Geography | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||
Development of Geography Learning Materials | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||
Analysis of Latest Journal Articles | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Geography for Community Empowerment Education | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Ecology-Based Regional Development Resources and Disasters | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Advanced Human Geography | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Concepts and Technology Information Science Geography | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Transformatif Geografi | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||
Publication | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Proposal | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Preparation of Data Processing and Analysis Instruments | 3 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||
Problems and Management Education | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Geography Learning Internship | 4 | 100% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk
mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Geografi. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Geografi. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berfikir kreatif dan berkesadaran kritis. - Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atau smart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. - Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas
Negeri Surabaya . - Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved