Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Geografi Unesa
Study Program | : | Geography Education |
Establishment Date | : | 13 September 2016 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul Dalam Mendidik Ilmuwan Pendidikan Geografi Serta Kukuh Dalam Mengembangkan Dan Menerapkan Ilmu Geografi Terpadu
- Visi Keilmuan: Menjadi Penyelenggara Pendidikan Magister Pendidikan Geografi Terpadu yang Berbasis Inovasi Pembelajaran
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan pada bidang pendidikan geografi.
- Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada pengembangan serta penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan geografi terpadu yang berorientasi pada ruang muka bumi.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Menyelenggarakan sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta mampu membangun jejaring kerjasama lokal, nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan master pendidikan geografi yang mampu berfikir dalam konteks ruang muka bumi, berkarakter, berjiwa pemimpin, dan pebelajar sepanjang hayat.
- Menghasilkan penelitian yang bermutu dalam bidang pendidikan geografi dan menyebarluaskannya sekaligus membentuk karakter ilmuawan mandiri yang mampu mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi (S3).
- Menghasilkan karakter yang bertanggung jawab kepada masyarakatnya sehingga berkomitmen pada usaha pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Terwujudnya sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta terwujudnya jejaring kerjasama nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Mampu memecahkan permasalahan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan dengan pemanfaatan teknologi geografi berdasarkan kaidah ilmiah
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Mampu mengembangkan kurikulum, materi, perencanaan, model, dan evaluasi pembelajaran pendidikan geografi berdasarkan persoalan dan kebutuhan yang mutahir di perguruan tinggi atau sekolah atau masyarakat
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Mampu melakukan komunikasi ilmiah melalui jurnal ilmiah, prosiding seminar, poster ilmiah, audio visual, dan komunikasi umum dalam berbagai bentuk
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu mengelola aktivitas pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan dan pendidikan masyarakat dalam berbagai peran
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-9 | Menguasai dinamika permasalahan kewilayahan berdasakan konsep dan pendekatan ilmu geografi guna memecahkan pemasalahan penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Menguasai permasalahan pendidikan geografi berdasakan konsep pendidikan konstruktif transformatif guna memahamkan konsep penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi pada sistem pendidikan di institusi pendidikan maupun masyarakat
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Geografi 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8710220001
PHILOSOPHY OF SCIENCE
2.00
8710200014
ADVANCED PHYSICAL GEOGRAPHY GEOGRAPHICAL
2.00
8710200013
ADVANCED HUMAN GEOGRAPHY
2.00
8710200016
GEOPOLITICS GLOBAL AND NATIONAL DEVELOPMENT
2.00
8710203038
INNOVATION EDUCATION AND LEARNING
3.00
8710202032
CONCEPTS AND TECHNOLOGY INFORMATION SCIENCE GEOGRAPHY
2.00
8710203022
RESEARCH METHODOLOGY GEOGRAPHY EDUCATION
3.00
8710203039
PROBLEMS AND MANAGEMENT EDUCATION
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8710203005
ANALYSIS OF LATEST JOURNAL ARTICLES
3.00
8710204040
GEOGRAPHY LEARNING INTERNSHIP
4.00
8710203004
ECOLOGY-BASED REGIONAL DEVELOPMENT RESOURCES AND DISASTERS
3.00
8710204037
PENDIDIKAN TRANSFORMATIF GEOGRAFI
3.00
8710203003
DEVELOPMENT OF GEOGRAPHY LEARNING MATERIALS
3.00
8710203034
PREPARATION OF DATA PROCESSING AND ANALYSIS INSTRUMENTS
3.00
8710203033
INFORMATION SCIENCE APPLIED GEOGRAPHY
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8710203041
FINAL PROJECT PROPOSAL
3.00
8710204036
PUBLICATION
4.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
1000007108
THESIS
7.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8710220001 | PHILOSOPHY OF SCIENCE | 2.00 | |
8710200014 | ADVANCED PHYSICAL GEOGRAPHY GEOGRAPHICAL | 2.00 | |
8710200013 | ADVANCED HUMAN GEOGRAPHY | 2.00 | |
8710200016 | GEOPOLITICS GLOBAL AND NATIONAL DEVELOPMENT | 2.00 | |
8710203038 | INNOVATION EDUCATION AND LEARNING | 3.00 | |
8710202032 | CONCEPTS AND TECHNOLOGY INFORMATION SCIENCE GEOGRAPHY | 2.00 | |
8710203022 | RESEARCH METHODOLOGY GEOGRAPHY EDUCATION | 3.00 | |
8710203039 | PROBLEMS AND MANAGEMENT EDUCATION | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8710203005 | ANALYSIS OF LATEST JOURNAL ARTICLES | 3.00 | |
8710204040 | GEOGRAPHY LEARNING INTERNSHIP | 4.00 | |
8710203004 | ECOLOGY-BASED REGIONAL DEVELOPMENT RESOURCES AND DISASTERS | 3.00 | |
8710204037 | PENDIDIKAN TRANSFORMATIF GEOGRAFI | 3.00 | |
8710203003 | DEVELOPMENT OF GEOGRAPHY LEARNING MATERIALS | 3.00 | |
8710203034 | PREPARATION OF DATA PROCESSING AND ANALYSIS INSTRUMENTS | 3.00 | |
8710203033 | INFORMATION SCIENCE APPLIED GEOGRAPHY | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8710203041 | FINAL PROJECT PROPOSAL | 3.00 | |
8710204036 | PUBLICATION | 4.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 | |
1000007108 | THESIS | 7.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni rata-rata studi 6 semster selama lima tahun terakhir dengan kurang lebih 90% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-rata di atas 3.54. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan lulusan berstatus guru yakni 100% menyatakan puas terhadap kurikulum program studi dengan alasan ada kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan di persekolahan. Berdasarkan hasil pelacakan lulusan S2 Pendidikan Geografi sekitar 95% sudah sebagai guru kurang dari 6 bulan.
Rekap PLO Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Geography Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk
mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Geografi. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Geografi. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berfikir kreatif dan berkesadaran kritis. - Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atau smart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. - Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas
Negeri Surabaya . - Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved