Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Fisika Unesa
Study Program | : | Physics |
Establishment Date | : | 10 Juni 1998 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis HOTS (high order thinking skill) untuk berinovasi dan pemecahan masalah, untuk menghasilkan lulusan berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah dalam bidangnya, berinovasi, berkarakter unggul, berjiwa wirausaha, dan berwawasan lingkungan
- Mendukung penguatan keilmuan dibidang fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika sesuai dengan dasar perluasan mandat (wider mandate) Universitas Negeri Surabaya;
- Mendukung penguatan keilmuan dibidang fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika sesuai dengan dasar perluasan mandat (wider mandate) Universitas Negeri Surabaya;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian fisika dan terapannya dan mendukung kesejahteraan masyarakat;
- Menyelenggarakan sistem tata pamong dan pengelolaan prodi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil berbasis sistem penjaminan mutu berjenjang untuk peningkatan kualitas prodi yang berkelanjutan dan berkesinambungan;
- Membangun jejaring kerjasama dengan stakeholder dan alumni yang saling menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat untuk peningkatan kapasitas dan pencitraan Prodi Fisika berdasarkan prinsip tata pamong dan pengelolaan organisasi yang baik.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang yang mampu berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah dalam bidangnya, berinovasi, berkarakter unggul, berjiwa wirausaha, dan berwawasan lingkungan;
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta menghasilkan produk penelitian fisika dan terapannya yang mampu menjawab kebutuhan nasional dan global yang relevan dengan ilmu fisika dan terapannya, khususnya pada pendidikan fisika;
- Meningkatkan jumlah kekayaan intelektual dan publikasi ilmiah dalam bidang material, kebumian, instrumentasi dan pengukuran di jurnal bereputasi nasional dan internasional;
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian fisika dan terapannya yang mampu menjawab permasalahan di masyarakat;
- Menghasilkan sistem tata pamong dan pengelolaan prodi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil berbasis sistem penjaminan mutu berjenjang untuk peningkatan kualitas prodi yang berkelanjutan dan berkesinambungan, yang dikontrol oleh lembaga internal dan eksternal;
- Meningkatkan jejaring kerjasama dengan stakeholder dan alumni yang saling menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat, sebagai bagian dari upaya pengembangan kapasitas Prodi Fisika yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Nilai_dasar
- Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang;
- Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah;
- Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus;
- Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah;
- Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman;
- Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus;
- Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
Visi
Visi program studi S1 Fisika adalah Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang fisika dan terapannya pada tahun 2035Capaian Lulusan Program Studi Physics
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Physics
Universitas Negeri Surabaya
- Praktisi
- Profesional dalam bidang fisika : lulusan harus mampu menganalisis dan menyelesaikan beberapa permasalahan menggunakan pendekatan ilmiah fisika berbasis data penelitian
- Pembuat keputusan : lulusan dapat berperan secara profesional dalam posisi kontrol kualitas dan proses dalam industri atau dalam aktivitas penelitian pada institusi penelitian
- Pemimpin komunitas: Dikarenakan kehormatan dan kepercayaan pada komunitas lokal, lulusan program studi fisika dapat mengambil peran strategi dalam memotivasi komunitas untuk berpartisi aktif dalam lingkungan mereka
- Asisten Peneliti
Lulusan dapat berperan sebagai asisten peneliti profesional dalam bidang fisika, yang selalu mampu mengembangkan diri secara tepat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung pengembangan melalui peningkatan penelitian berbasis ilmu pengetahuan di bidang fisika. - Akademisi
Lulusan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan perkembangan ilmu di bidang fisika sehingga dapat memiliki kreativitas dan inovasi untuk melakukan perubahan dan memberikan solusi berdasarkan ilmu fisika.
Struktur Kurikulum Physics
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Fisika
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
INDONESIAN
2.00
4520103026
BIOLOGI UMUM
3.00
4520103104
KIMIA UMUM
3.00
4520104055
FISIKA DASAR I
4.00
4520103118
MATEMATIKA DASAR
3.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
4520102208
INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY
2.00
4520102196
MEASUREMENT SYSTEMS PHYSICS
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
4520104057
FISIKA DASAR II
4.00
4520102107
CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
4520103053
EARTH
3.00
4520104070
MATHEMATICAL PHYSICS I
4.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4520103041
BASIC ELECTRONICS I
3.00
4520104127
MECHANICS
4.00
4520104071
PHYSICS MATHEMATICS II PHYSICS
4.00
4520104086
MATERIALS SCIENCE
4.00
1000002011
ISBD
2.00
4520103209
THERMODYNAMICS
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4520102203
STATISTICS
2.00
4520103003
ALGORITHM I
3.00
4520103074
MODERN PHYSICS
3.00
4520102049
PHILOSOPHY SCIENCE
2.00
4520102072
PHYSICS
2.00
4520103084
WAVE
3.00
4520103164
TO GEODYNAMICS AND GEOTHERMAL
3.00
4520103114
ELECTRIC MAGNET
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4520102007
SYSTEM ANALYSIS
2.00
4520103018
ALLOY MATERIALS
3.00
4520102039
ELECTROMAGNETICS
2.00
4520102229
BASIC ELECTRONICS II
2.00
4520103043
ADVANCED ELECTRONICS
3.00
4520102148
MULTIMEDIA TELECOMMUNICATION
2.00
4520104065
QUANTUM PHYSICS
4.00
4520102077
PHYSICS SEISMOLOGY
2.00
4520103079
FISIKA STATISTIK
3.00
4520102080
APPLIED PHYSICS
2.00
4520102143
RESEARCH METHODOLOGY
2.00
4520103169
DIGITAL SIGNAL PROCESSING
3.00
4520103210
THERMODYNAMICS OF MATERIALS
3.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4520106199
THESIS
6.00
4520103059
CORE PHYSICS
3.00
4520103218
COMMUNITY SERVICE PROGRAM
3.00
4520103194
OPTICAL COMMUNICATION SYSTEMS
3.00
4520102075
PHYSICS OCEANOGRAPHY
2.00
4520103109
CORROSION
3.00
4520103111
CRYSTALLOGRAPHY
3.00
4520102116
INDUSTRIAL MANAGEMENT
2.00
4520102146
MICROPROCESSORS AND MICROCONTROLLERS
2.00
4520102197
SENSOR SYSTEMS
2.00
4520103130
MATERIALS FABRICATION METHODS
3.00
4520102150
OPTO ELECTRONICS
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4520102067
PHYSICS METAL
2.00
4520102251
MEDICAL INSTRUMENTATION
2.00
4520102096
CAPITA SELECTA MATERIAL PHYSICS
2.00
4520102098
CERAMICS
2.00
4520102142
PHYSICS GEOPHYSICAL MEASUREMENT METHODS GEOPHYSICAL
2.00
4520102046
APPLIED ELECTRONICS INTRODUCTION
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
4520103026 | BIOLOGI UMUM | 3.00 | |
4520103104 | KIMIA UMUM | 3.00 | |
4520104055 | FISIKA DASAR I | 4.00 | |
4520103118 | MATEMATIKA DASAR | 3.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
4520102208 | INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY | 2.00 | |
4520102196 | MEASUREMENT SYSTEMS PHYSICS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
4520104057 | FISIKA DASAR II | 4.00 | |
4520102107 | CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
4520103053 | EARTH | 3.00 | |
4520104070 | MATHEMATICAL PHYSICS I | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4520103041 | BASIC ELECTRONICS I | 3.00 | |
4520104127 | MECHANICS | 4.00 | |
4520104071 | PHYSICS MATHEMATICS II PHYSICS | 4.00 | |
4520104086 | MATERIALS SCIENCE | 4.00 | |
1000002011 | ISBD | 2.00 | |
4520103209 | THERMODYNAMICS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4520102203 | STATISTICS | 2.00 | |
4520103003 | ALGORITHM I | 3.00 | |
4520103074 | MODERN PHYSICS | 3.00 | |
4520102049 | PHILOSOPHY SCIENCE | 2.00 | |
4520102072 | PHYSICS | 2.00 | |
4520103084 | WAVE | 3.00 | |
4520103164 | TO GEODYNAMICS AND GEOTHERMAL | 3.00 | |
4520103114 | ELECTRIC MAGNET | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4520102007 | SYSTEM ANALYSIS | 2.00 | |
4520103018 | ALLOY MATERIALS | 3.00 | |
4520102039 | ELECTROMAGNETICS | 2.00 | |
4520102229 | BASIC ELECTRONICS II | 2.00 | |
4520103043 | ADVANCED ELECTRONICS | 3.00 | |
4520102148 | MULTIMEDIA TELECOMMUNICATION | 2.00 | |
4520104065 | QUANTUM PHYSICS | 4.00 | |
4520102077 | PHYSICS SEISMOLOGY | 2.00 | |
4520103079 | FISIKA STATISTIK | 3.00 | |
4520102080 | APPLIED PHYSICS | 2.00 | |
4520102143 | RESEARCH METHODOLOGY | 2.00 | |
4520103169 | DIGITAL SIGNAL PROCESSING | 3.00 | |
4520103210 | THERMODYNAMICS OF MATERIALS | 3.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4520106199 | THESIS | 6.00 | |
4520103059 | CORE PHYSICS | 3.00 | |
4520103218 | COMMUNITY SERVICE PROGRAM | 3.00 | |
4520103194 | OPTICAL COMMUNICATION SYSTEMS | 3.00 | |
4520102075 | PHYSICS OCEANOGRAPHY | 2.00 | |
4520103109 | CORROSION | 3.00 | |
4520103111 | CRYSTALLOGRAPHY | 3.00 | |
4520102116 | INDUSTRIAL MANAGEMENT | 2.00 | |
4520102146 | MICROPROCESSORS AND MICROCONTROLLERS | 2.00 | |
4520102197 | SENSOR SYSTEMS | 2.00 | |
4520103130 | MATERIALS FABRICATION METHODS | 3.00 | |
4520102150 | OPTO ELECTRONICS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4520102067 | PHYSICS METAL | 2.00 | |
4520102251 | MEDICAL INSTRUMENTATION | 2.00 | |
4520102096 | CAPITA SELECTA MATERIAL PHYSICS | 2.00 | |
4520102098 | CERAMICS | 2.00 | |
4520102142 | PHYSICS GEOPHYSICAL MEASUREMENT METHODS GEOPHYSICAL | 2.00 | |
4520102046 | APPLIED ELECTRONICS INTRODUCTION | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Physics
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Pelaksanaan evaluasi kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi dan penjaringan masukan dari proses pembelajaran, alumni, dan pengguna alumni (industri).
(a) Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes)
Pengukuran setiap Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL atau PLO) dapat diperoleh dari nilai rata-rata yang diperoleh berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata untuk seluruh CPL adalah 78,23. Hal ini menunjukkan bahwa semua modul yang ditugaskan pada PLO 6 dan PLO 7 harus dievaluasi. Hasil asesmen CPL Program Studi Hasil Penilaian CPL atau PLO menunjukkan bahwa kinerja mahasiswa yang mencapai kategori Sangat Baik (di atas garis rata-rata) yaitu pada PLO 3, PLO 4, PLO 5, PLO 8, PLO 9, PLO 10, dan PLO 11. Kinerja mahasiswa yang mencapai kategori Sangat Baik pada PLO 1, PLO 2, PLO 6, dan PLO 7 masih di bawah rata-rata. Hal ini mengindikasikan bahwa perlu adanya evaluasi pada semua modul/mata kuliah yang terkait dengan PLO 1, PLO 2, PLO 6, dan PLO 7. Namun demikian, proses pembelajaran pada sudah cukup berhasil, hal ini ditunjukkan dengan kecilnya persentase mahasiswa yang kinerjanya berada pada kategori Gagal. Selain itu, kategori Gagal pada Mata Kuliah Skripsi bukan berarti gagal, namun mahasiswa yang memprogramkan Skripsi belum dapat menyelesaikan proses penelitian dan penulisan pada Tahun Akademik saat memprogram dan akan dilanjutkan pada Tahun Akademik berikutnya.
(b) Masukan Akademisi/Profesional, Pengguna Alumni dan Alumni
Selain mengevaluasi kurikulum dari asesmen CPL atau PLO, kemudian dilakukan review oleh ahli. Program Studi S1 Fisika telah melaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dari Akdemisi/Prfesional, Pengguna Alumni dan Alumni dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dan Benchmarking. Kegiatan tersebut antara lain adalah:
- FGD untuk mendapatkan masukan stake holder, alumni, dan narasumber dari Physics Society of Indonesia. (Tanggal 17 Juli 2022)
- FGD kurikulum OB Program Studi S1-Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK atau LAMSAMA (9 Oktober 2022) di Gorontalo.
- Benchmarking dengan mengundang narasumber dari Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Malang (Tanggal 10 Oktober 2022 )
- FGD kurikulum OB Program Studi S1-Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK atau LAMSAMA (10 September 2023) di UNY Yogyakarta
- FGD kurikulum Transformatif Unesa di Hotel Alana (15 Mei 2024) di Suarabaya
- FGD kurikulum Transformatif Program Studi Fisika (21 Juni 2024) dan Benchmarking pada Departemen/Prodi S1 Fisika UGM (22 Juni 2024) di Yogyakarta.
Tracer Study
Keseluruhan populasi tracer study pada alumni lulusan tahun 2022 adalah sejumlah 45 alumni dan yang telah mengisi sebanyak 45 atau 100%. Dari seluruh populasi terdapat 19 (42,22%) alumni yang statusnya bekerja baik part time/full time, ada 2 (4,44%) alumni yang belum memungkinkan bekerja atau tidak bekerja tetapi sedang mencari kerja. Untuk alumni yang berwirausaha saja sebanyak 8 (17,78%) alumni, dan yang studi lanjut sebanyak 10 (22,22%) alumni. Dari 45 alumni ada 13 (28,89%) alumni mendapat pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan, sedangkan dari jumlah tersebut ternyata hanya 10 (22,22%) yang mendapatkan pendapatan lebih besar dari 1,2x Upah Minimum Provinsi. Maka kualitas alumni prodi S1 Fisika yang lulus di tahun 2022 dimana mereka bekerja kurang dari 6 bulan sekaligus memiliki upah 1,2 UMP/berwirausaha/studi lanjut sebanyak 31 (68,89%) yang masuk dalam ‘Gold Standar Indikator Kinerja Utama I Universitas Negeri Surabaya.
Tabel 2. Masa Tunggu Lulusan
Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus | Jumlah | Rata-rata masa tunggu |
1 bulan | 13 | 1,5 bulan |
2 bulan | 4 | |
3 bulan | 0 | |
4 bulan | 0 | |
5 bulan | 0 | |
6 bulan | 0 | |
6-12 bulan | 10 |
Berdasarkan Tabel 1 menunjukkan jumlah alumni Program Studi S1 Fisika yang lulus tahun 2022 memiliki rata-rata masa tunggu 1,5 bulan.
Tabel 3. Jenis Pekerjaan Alumni Program Studi Fisika
Nama Profesi | Jumlah | Presentase |
Tenaga Admisitrasi Sekolah | 0 | 0% |
Akuntan | 0 | 0% |
Konsultan | 0 | 0% |
Pendidik | 5 | 18,51% |
Staf Administrasi Lembaga | 5 | 18,51% |
Security/Penjaga/TNI/Polri | 0 | 0% |
Konselor | 0 | 0% |
Peneliti/analis | 9 | 33,33% |
Pemilik Usaha | 8 | 29,64% |
Jumlah | 27 | 100% |
Berdasarkan Tabel 2, mayoritas alumni Program Studi S1 Fisika yang lulus tahun 2022 paling banyak bekerja sebagai analis/peneliti yaitu 9 alumni (33,33%), berikutnya adalah sebagai pemilik usaha 8 alumni (29,64%), sebagai pendidik dan staf administrasi lembaga masing-masing 5 alumni (18,51%).
Gambar 1. Kesesuaian Bidang Ilmu Alumni dengan Bidang Kerja
Berdasarkan Gambar 1, seluruh alumni Program Studi S1 Fisika dengan tahun lulus 2022 yang telah mendapatkan pekerjaa dengan tingkat kesesuaian antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini sangat erat sebanyak 72%, kemudian keterkaitan yang erat adalah 12%, sedangkan merasa keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah kurang erat dan tidak erat sama sekali secraa berturut-turut adalah 4% dan 6%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai cukup erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan yang saat ini digeluti alumni.
Rekap PLO Program Studi Physics
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Optics | 2 | 50% | 20% | 30% | 100 % | ||||||
Volcano Physics | 2 | 8.33% | 25% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
Conservation of Natural Resources | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Research methodology | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
English For Physics | 3 | 52.5% | 47.5% | 100 % | |||||||
Earth | 3 | 10% | 10% | 40% | 40% | 100 % | |||||
Kimia Umum | 3 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | ||||||
Physics Atmospheric Physics | 2 | 30% | 40% | 20% | 10% | 100 % | |||||
Fisika Zat Padat | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Core Physics | 3 | 36.36% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Quantum Physics | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basic Electronics I | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Fisika Dasar I | 4 | 15.38% | 53.85% | 30.77% | 100 % | ||||||
Biologi Umum | 3 | 5.56% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 61.11% | 100 % | ||||
Mechanics | 4 | 13.33% | 20% | 26.67% | 26.67% | 13.33% | 100 % | ||||
Fisika Statistik | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Measurement Systems Physics | 2 | 42.86% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||
Opto Electronics | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Entrepreneurship | 2 | 53.85% | 30.77% | 15.38% | 100 % | ||||||
Physics Polymer Physics | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Statistics | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Materials Science | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Mathematical Physics III | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Tsunami Physics | 2 | 5.56% | 16.67% | 38.89% | 33.33% | 5.56% | 100 % | ||||
Energy Materials | 2 | 11.11% | 66.67% | 22.22% | 100 % | ||||||
Thermodynamics | 3 | 33.33% | 41.67% | 25% | 100 % | ||||||
Industrial Management | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Materials Fabrication Methods | 3 | 20% | 10% | 30% | 20% | 20% | 100 % | ||||
Data Inversion Methods Physics | 2 | 10% | 30% | 30% | 20% | 10% | 100 % | ||||
Earth Disaster Mitigation | 2 | 11.11% | 22.22% | 27.78% | 27.78% | 11.11% | 100 % | ||||
Physics Oceanography | 2 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
Electric Magnet | 3 | 26.92% | 42.31% | 30.77% | 100 % | ||||||
Wave | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Modern Physics | 3 | 38.46% | 46.15% | 15.38% | 99.99 % | ||||||
Basic Electronics Ii | 3 | 33.33% | 41.67% | 25% | 100 % | ||||||
Material Characterization Methods | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Medical Materials | 2 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Computational Physics | 3 | 7.69% | 23.08% | 38.46% | 23.08% | 7.69% | 100 % | ||||
Physics Seismology | 2 | 9.09% | 27.27% | 36.36% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Alloy Materials | 2 | 60% | 40% | 100 % | |||||||
Thermodynamics | 3 | 45.45% | 31.82% | 22.73% | 100 % | ||||||
System Analysis | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||
Basic Electronics I | 2 | 47.06% | 11.76% | 41.18% | 100 % | ||||||
Thermodynamics of Materials | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||||
Physics Geophysical Measurement Methods Geophysical | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | ||||||
Quantum Physics | 3 | 47.06% | 47.06% | 5.88% | 100 % | ||||||
Thesis Proposal Seminar | 2 | 30% | 20% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Basic Mechanics and Thermodynamics | 4 | 22.22% | 50% | 27.78% | 100 % | ||||||
Magnetic Electricity and Basic Optics | 4 | 16.67% | 45.83% | 37.5% | 100 % | ||||||
Calculus For Physics | 3 | 77.78% | 22.22% | 100 % | |||||||
Series and Linear Algebra for Physics | 4 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||||
Fisika Matematika III | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Fisika Matematika Iv | 4 | 30.77% | 46.15% | 23.08% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Physics
Universitas Negeri Surabaya
- LANDASAN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
1.1. Landasan Institusi
Landasan institusi dalam perancangan dan pengembangan kurikulum Program Studi S1 Fisika Universitas Negeri Surabaya mengacu pada Pedoman Akademik dan Visi-Misi Universitas. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki visi menjadi “universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, inovatif berbasis kewirausahaan”. Dalam mewujudkan visi tersebut, kurikulum Program Studi S1 Fisika dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan akademik yang kuat, keterampilan profesional, serta semangat inovatif dan adaptif terhadap perubahan global. Nilai-nilai dasar UNESA yang tercermin dalam akronim TANGKAAS REK (Tangguh, Kolaboratif, Adaptif, Inovatif, Inklusif, Pembelajar Sepanjang Hayat, dan Berbasis Kewirausahaan) menjadi pedoman dalam pengembangan kompetensi lulusan, sehingga mereka mampu menjadi ilmuwan fisika yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, industri, dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Gambar 2. Landasan hukum, kebijakan nasional dan internasional pengembangan kurikulum pendidikan tinggi.
1.2. Landasan Filosofis
Landasan filosofis kurikulum Program Studi S1 Fisika berakar pada pandangan bahwa pendidikan tinggi harus mengembangkan kemampuan intelektual, kepribadian, dan keterampilan profesional peserta didik secara utuh. Pengembangan kurikulum didasarkan pada filosofi esensialisme, yang menekankan pentingnya penguasaan konsep dasar fisika secara komprehensif; eksperimentalisme, yang mendorong inovasi berbasis penelitian dan penerapan teknologi; serta eksistensialisme, yang memupuk kesadaran diri peserta didik terhadap peran dan tanggung jawabnya di masyarakat. Dengan pendekatan ini, kurikulum bertujuan membentuk lulusan yang tidak hanya menguasai sains fisika, tetapi juga memiliki daya kritis, kreatif, inovatif, dan etis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat manusia.
Sejalan dengan landasan filosofis ini, perancangan kurikulum Program Studi S1 Fisika Unesa mengacu pada grand desain kurikulum fisika atau standar kurikulum nasional program studi Fisika yang dikembangkan oleh Physics Society of Indonesia (PSI), yang menjadi rujukan nasional bagi pengembangan program studi Fisika di tingkat sarjana, magister, dan doktor. Dalam Grand desain tersebut, ditegaskan bahwa pendidikan Fisika harus membekali peserta didik dengan pemahaman konseptual yang kuat, keterampilan riset, kemampuan berpikir analitis dan kritis, serta kepekaan terhadap isu-isu global yang terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Grand desain ini menempatkan pengembangan kompetensi akademik, profesionalisme ilmiah, serta integritas moral sebagai pilar utama, sekaligus menekankan pentingnya fleksibilitas kurikulum untuk menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan sains dan kebutuhan masyarakat.
Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip dalam grand desain PSI ke dalam pengembangan kurikulum, Program Studi S1 Fisika Universitas Negeri Surabaya memastikan bahwa lulusan yang dihasilkan tidak hanya memiliki penguasaan keilmuan yang mendalam dan keterampilan penelitian yang unggul, tetapi juga berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional, serta mampu berkontribusi secara nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pemecahan masalah-masalah kemasyarakatan.
1.3. Landasan Sosiologis
Kurikulum Program Studi S1 Fisika dirancang dengan mempertimbangkan dinamika sosial, kebutuhan masyarakat, serta tantangan globalisasi. Perubahan sosial dan perkembangan teknologi menuntut lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu fisika, tetapi juga memiliki kelincahan budaya (cultural agility), kemampuan adaptasi, serta kepekaan terhadap keragaman sosial dan budaya. Kurikulum ini diharapkan mampu melepaskan mahasiswa dari keterbatasan budaya lokal yang kaku dan membekali mereka dengan kompetensi untuk berinteraksi di lingkungan global yang multikultural. Selain itu, kurikulum ini berupaya mempertahankan nilai-nilai luhur budaya nasional, membentuk karakter toleransi, saling pengertian, serta semangat kolaborasi antarbangsa dalam upaya membangun dunia yang lebih baik melalui kontribusi ilmu pengetahuan.
1.4. Landasan Yuridis
Perancangan dan pengembangan kurikulum Program Studi S1 Fisika didasarkan pada berbagai regulasi nasional dan kebijakan institusional yang berlaku. Di tingkat nasional, kurikulum mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Di tingkat implementasi, kurikulum berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Di tingkat institusi, kurikulum merujuk pada Rencana Strategis Universitas Negeri Surabaya, Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) UNESA, serta Peraturan Rektor tentang pengelolaan kurikulum. Semua landasan yuridis tersebut memastikan bahwa kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan standar nasional, memenuhi kebutuhan stakeholder, serta relevan dengan dinamika global. Secara keseluruahan acuan yuridis tersebut adalah sebagai berikut:
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentangPerubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentangPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Rencana Strategis(Renstra) FMIPA 2024-2029.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved