Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam menyusun dan mempresentasikan proposal skripsi secara sistematis, logis, dan berbasis pada penguasaan teori serta metodologi penelitian fisika atau penerapannya. Melalui pendekatan Project-Based Learning, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan proyek individu berupa proposal penelitian sebagai prasyarat pelaksanaan skripsi. Proses pembelajaran mencakup identifikasi masalah, kajian pustaka, perumusan tujuan dan hipotesis, penyusunan metodologi, serta penulisan dan presentasi proposal secara akademis. Mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, dan sistematis, menguasai teknologi atau konsep fisika yang relevan, serta mengambil keputusan strategis berdasarkan evaluasi dan masukan dari pembimbing atau penguji. Kegiatan seminar menjadi wahana pengembangan kemampuan komunikasi ilmiah secara lisan dan tulisan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini mengacu pada CPL Prodi, yaitu: CPL-3 (pengembangan pemikiran ilmiah), CPL-7 (penguasaan ilmu dan teknologi fisika), CPL-8 (kemampuan komunikasi akademik), dan CPL-9 (kemampuan mengambil keputusan strategis).