Mata kuliah ini membahas tentang pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk mendapatkan berbagai pengalaman melalui pemahaman terhadap konsep dan praktik konseling post-modern. Metode pembelajaran menggunakan project based learning dengan tugas berbentuk perekaman praktik konseling postmodern. Adapun penilaiannya adalah penilaian proyek dengan menggunakan rubrik penilaian proyek. Adapun bahan kajiannya adalah :
1. Konsep dasar konseling postmodern
2. Tujuan konseling postmodern
3. Keefektifan konseling postmodern
4. Hubungan terapis konseling postmodern
5. Prosedur konseling postmodern, dan
6. Teknik-teknik serta praktik penerapannya
CPMK
Mahasiswa menguasai konsep dan praktik konseling post modern
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan dan permasalahan siswa
Mampu merancang dan menerapkan penanganan masalah secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sehingga mampu melakukan rancangan treatment yang komprehensif.
Mampu berkolaborasi dengan tim dalam menyelesaikan permasalahan secara efektif dan sesuai etika profesional
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bertanggung jawab, dan inovatif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dan prinsip umum konseling post modern
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Dan menerapkan berbagai pendekatan dalam konseling post modern
Matakuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan sejarah psikologi sosial, metode penelitian psikologi sosial, persepsi sosial, atribusi sosial, kognisi sosial, identitas diri dan sosial,
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar difusi inovasi, karakteristik dan atribut inovasi, proses adopsi inovasi, proses keputusan adopsi, dan agen pembaharu dalam proses adopsi inovasi
Mata kuliah ini mengkaji hakikat Bahasa dari sisi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dan implementasi objek studinya sebagai substansi pembelajaran Bahasa Indonesia SD disertai pengembangan dan