Course Description
This course examines the PPKn learning process in elementary schools starting from planning, implementing, and evaluating learning outcomes. The lecture material discusses the objectives of PPKn learning in elementary schools, the curriculum map for PPKn subjects in elementary schools, the characteristics of PPKn learning in elementary schools in the early and advanced grades, creating elementary PPKn learning tools, designing elementary PPKn learning evaluation tools and practicing elementary PPKn learning patterns through a series of systematic lecture process.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif, dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.
- Mahasiswa mampu mengembangkan ide inovatif dalam pembelajaran PPKn melalui kerja tim dan pendekatan kewirausahaan sosial di lingkungan sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD.
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif, dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD.
- Mahasiswa mampu merancang pembelajaran SD yang kontekstual dengan mengintegrasikan TIK dan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik peserta didik.