•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Critical Education Theory

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

Critical educational theory courses lead students to have understanding and skills in analyzing the basics of community development through educational studies in the context of social reality. To ensure this understanding, material provision is needed in the form of: concepts of educational philosophy and ideology, educational politics played by the state, critical educational concepts, educational concepts about critical problems and education, educational methodology, training management, processing of training media, educational visualization, and comparisons. critical education with other educational concepts. This course provides an understanding of social concepts, social facts, social theories and their development, critical theory and pioneering figures, critical education, as well as derivative theories that have developed in the modern era, skills in analyzing the basics of community development through educational studies in the context of social reality, through explanations, discussions and presentations through explanations, discussions and presentations. An indicator of the success of this course is if students are able to implement theory into Non-Formal Education practice.

Program Objectives (PO)

  • Memahami konsep pendidikan kritis (C2)
  • Menerapkan konsep-konsep sosial dan fakta-fakta sosial (C3)
  • Menganalisis konsep teori sosial dan perkembangannya (C4)
  • Evaluasi konsep teori kritis dan para pendirinya (C5)
  • Mahasiswa mampu menerapkan konsep kesadaran kritis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan nonformal berbasis pemberdayaan masyarakat.
  • Mahasiswa dapat mengembangkan metode pembelajaran dialogis dan reflektif sebagai alternatif bagi pendidikan partisipatif di lingkungan non-formal.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk ketidaksetaraan sosial yang terwujud dalam sistem pendidikan dan merancang solusi berdasarkan pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu merancang bahan ajar dan media pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kesadaran kritis dan transformasi sosial.
  • Mahasiswa mampu menyampaikan ide-ide kritis secara sistematis dan argumentatif, baik secara lisan maupun tertulis, sesuai dengan norma dan etika akademik.
  • Mahasiswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan studi kasus dan proyek berbasis komunitas yang berkaitan dengan implementasi pendidikan kritis dalam pendidikan non-formal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Para siswa memahami konsep dasar pendidikan kritis dan perannya dalam pendidikan di luar sekolah.
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Perkembangan pendidikan kritis dan tokoh-tokohnya.
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Membandingkan pemikiran para tokoh pendidikan kritis.
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Konsep hegemoni dalam pendidikan dan mampu mengkritiknya.
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Merancang model pendidikan kritis berdasarkan pemberdayaan.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Teori dan prinsip pembelajaran dialogis dalam pendidikan kritis.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang dan menerapkan metode pembelajaran dialogis dalam praktik pendidikan non-formal.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Pemahaman mereka tentang konsep-konsep kunci dalam pendidikan kritis.
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan dalam pendidikan.
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Bahan ajar berbasis pendidikan kritis.
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Menyusun tulisan akademik berdasarkan pendidikan kritis.
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Berkolaborasi dalam proyek pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Prinsip pendidikan kritis dalam pemberdayaan masyarakat.
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Merefleksikan pengalaman belajar mereka sepanjang perkuliahan dan mengaitkannya dengan praktik profesional.
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Pemahaman mereka tentang teori pendidikan kritis dan penerapannya dalam pendidikan di luar sekolah.
    • Date  20 Mei 2025

References

Lecturer

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ROFIK JALAL ROSYANAFI
ROFIK JALAL ROSYANAFI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10