•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Learning for Intellectually Impaired

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

Learning courses for mentally retarded children are courses that provide knowledge, understanding, experience, skills, including the basic concepts of learning for mentally retarded children: meaning, definition, learning principles and learning principles, learning models, learning strategies, academic learning programs and non-academic, implementation of learning models and learning strategies for mentally retarded children, thematic learning programs, curriculum analysis, preparation and implementation of thematic learning programs in SDLB/C, SMPLB/C and SMALB/C through discussions and project based learning and problem based learning .

Program Objectives (PO)

  • Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) sesuai prosedur
  • Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian bina diri anak tunagrahita (ATG) meliputi identifikasi kemampuan bina diri ATG yang urgen untuk dikembangkan, memilih dan menerapkan strategi, pendekatan, metode, media dan teknik pembelajaran bina diri bagi ATG maupun sistem evaluasi pembelajaran bina diri bagi peserta didik tunagrahita dalam konteks pembelajaran dan layanan ATG
  • Menerapkan keilmuan Bina Diri berbasis teknologi dan kearifan lokal untuk memperoleh informasi/referensi terkait bina diri ATG dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri ATG
  • Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina diri ATG untuk menyelesaikan permasalahan ATG, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATG berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG
  • Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    · Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SITI MAHMUDAH
SITI MAHMUDAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10