•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Early Childhood Play

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik bermain sebagai bagian esensial dalam perkembangan anak usia dini. Mahasiswa diajak memahami makna bermain, jenis-jenis permainan, serta perannya dalam mendukung aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa, moral, dan kreativitas anak. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan keterampilan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan bermain yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, kebutuhan individual, dan konteks budaya. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan mengkaji berbagai pendekatan bermain (bermain bebas, bermain terstruktur, bermain sensorimotor, bermain simbolik, dan bermain peran) serta penerapannya di kelas maupun lingkungan luar ruang. Mahasiswa juga diperkenalkan pada peran pendidik sebagai fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan bermain yang aman, menyenangkan, inklusif, serta menumbuhkan nilai-nilai karakter.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini
  • Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tahapan ini memperkenalkan mahasiswa pada urgensi dan definisi bermain dan permainan dalam konteks pendidikan anak usia dini.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Akan memahami teori-teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Analisis perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Karakteristik bermain anak usia dini.
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Fungsi bermain dalam perkembangan kognitif, bahasa, sosial-emosional, moral, dan fisik-motorik.
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Structured Play VS Unstructured Play (Bermain terstruktur Vs Bermain tak tersruktur)
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dari materi 1-7
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Analisis tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk Anak Usia Dini mencakup permainan aktif dan pasif.
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Permainan tradisional sebagai sumber belajar.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Model bermain dan alat permainan menurut para ahli.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Bermain di dalam dan di luar ruangan (indoor & outdoor play)
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Menganalisis karakteristik dan jenis alat permainan edukatif yang mendukung bermain anak
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Definisi, tujuan fungsi, jenis,klasifikasi dan ciri permainan kreatif.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Inklusi dalam bermain (anak berkebutuhan khusus).
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dalam mata kuliah bermain dan permainan
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

KARTIKA RINAKIT ADHE
KARTIKA RINAKIT ADHE
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10