•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Research methods

Program Studi S1 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This Educational Research Methodology course aims to equip students with knowledge, understanding and application of various research methods in the context of preparing their final assignments. This course is a pre-requisite and is mandatory for all students, whether taking the thesis route. In the lecture various types of research are discussed, the steps of scientific research starting from determining the topic, identifying the problem, reviewing the literature, determining the focus of the problem, determining variables, design and methods, data collection techniques, analysis and drawing conclusions.

Program Objectives (PO)

  • Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan metodologi penelitian dalam bidang manajemen pendidikan dan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait metodologi penelitian baik secara teoretis maupun praktis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoretis tentang metodologi penelitian baik penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi, data, fakta dan bukti yang ada di lapangan dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok terkait penelitian kualitatif dan kuantitatif.
  • Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif baik secara teoretis maupun praktis serta mampu menerapkan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang manajemen pendidikan yang diwujudkan dalam proposal penelitian.
  • Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian analisa dan penyelesaian masalah yang berbasis pada konsep sistem informasi, kewirausahaan dan substansi manajemen pendidikan. Menguasai teori/konsep metode penelitian secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya sesuai kebutuhan dalam bidang pendidikan. Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pengorganisasian, analisis dan pengolahan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dengan menerapkan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak perkuliahan dan RPS
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Melakukan inferensi terhadap konsep metodologi penelitian khususnya terkait dengan pola berpikir ilmiah.
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Jenis-jenis penelitian ditinjau dari beberapa aspek.
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Melakukan inferensi terhadap metode penelitian kualitatif, baik secara konseptual maupun secara kontekstual.
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Rancangan penelitian dalam penelitian kualitatif.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    1. rancangan penelitian dalam penelitian kualitatif. 2. teknik pengumpulan data, pengodean, perekaman dan analisis data dalam penelitian kualitatif.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    1. Grounded Theory Approach. 2. strategi penulisan laporan penelitian kualitatif.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Menyusun proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif.
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Melakukan inferensi terhadap proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian kuantitatif
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    1. menjelaskan tentang berbagai jenis pengelompokkan dan skala pengukuran data untuk penelitian. 2. Mahasiswa mengetahui ragam metode pengumpulan data. 3. menentukan jenis sampling yang akan digunakan dalam penelitian.
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    1. merumuskan dan menjelaskan hipotesis penelitian dan bentuk hipotesis dalam konteks penelitian. 2. merumuskan asumsi penelitian.
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    1. menerapkan uji instrumen untuk menguji validitas instrumen dan reliabilitas instrumen yang akan digunakan pada penelitian. 2. menentukan metode yang digunakan pada uji instrumen penelitian berdasarkan jenis data.
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    1. mengolah data penelitian. 2. menentukan jenis uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian.
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    1. mengolah data penelitian. 2. menentukan jenis uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian.
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    1. sistematika penyusunan proposal dan laporan penelitian kuantitatif. 2. menyusun proposal penelitian dengan pendekatan kuantitatif
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Pengumpulan Tugas Akhir
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

NUPHANUDIN
NUPHANUDIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AYU WULANDARI
AYU WULANDARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Manajemen Pendidikan
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10