Course Description
Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang konsep, paradigma filsafat, dan teori-teori kognitif tentang keterampilan berpikir. Fokus utama diarahkan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, reflektif, metakognitif, problem solving, decision making, dan komputasional dalam konteks pendidikan dasar. Mahasiswa diarahkan untuk mengkaji, merancang, serta mengembangkan model dan kerangka konseptual baru melalui kajian literatur dan penelitian akademik.Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.
Program Objectives (PO)
- Mampu merefleksikan secara kritis pengembangan keterampilan berpikir di bidang pendidikan dasar secara filosofis, teoritis dan praksis
- Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi desain pembelajaran berbasis keterampilan berpikir.
- Mampu menghasilkan kerangka konseptual/teoritis pengembangan keterampilan berpikir dalam mendukung keilmuan pendidikan dasar.