Course Description
Mata kuliah Teori Dan Model Pembelajaran pada jenjang S3 Program Studi Teknologi Pendidikan membahas secara mendalam landasan filosofis, psikologis, dan sosiologis dari berbagai teori pembelajaran kontemporer serta pengembangan model-model pembelajaran inovatif. Tujuan mata kuliah ini adalah mengembangkan kemampuan kritis dan analitis dalam mengevaluasi, mengadaptasi, dan merancang teori serta model pembelajaran yang relevan dengan konteks pendidikan modern, termasuk integrasi teknologi. Ruang lingkup mencakup studi komparatif teori behavioristik, kognitif, konstruktivistik, sosial, serta eksplorasi model-model pembelajaran seperti PBL, collaborative learning, adaptive learning, dan digital learning frameworks, dengan fokus pada aplikasi penelitian dan pengembangan dalam konteks teknologi pendidikan.
Program Objectives (PO)
- Menerapkan teori pembelajaran dalam merancang strategi pembelajaran untuk konteks pendidikan nyata (C3)
- Menganalisis komponen-komponen model pembelajaran untuk mengidentifikasi pola efektivitasnya (C4)
- Mengevaluasi kesesuaian model pembelajaran berdasarkan kriteria teoritis dan praktis (C5)
- Menciptakan model pembelajaran inovatif yang memfasilitasi proses belajar dan meningkatkan kinerja (C6)
- Menerapkan metodologi penelitian dalam mengembangkan sumber belajar berbasis teori pembelajaran (C3)
- Menganalisis hubungan antara teori pembelajaran dan peningkatan kinerja dalam berbagai konteks (C4)
- Mengevaluasi efektivitas penerapan teori dan model pembelajaran melalui kriteria penelitian yang tepat (C5)
- Menciptakan kerangka konseptual baru yang mengintegrasikan berbagai teori pembelajaran (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam memecahkan masalah pendidikan kompleks (C3)
- Menganalisis dampak penerapan model pembelajaran terhadap proses dan hasil belajar (C4)