•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Early Childhood Education Learning Technology

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa akan mengembangkan keterampilan desain, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Menggunakan metode pembelajaran Ceramah dan praktik pembelajaran berbasis proyek. Mata kuliah ini dirancang secara khusus untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Melalui pendekatan Outcome-Based Education (OBE), perkuliahan ini tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan konkret yang relevan. Mahasiswa akan diajak untuk secara aktif mengembangkan kapabilitas dalam mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Seluruh kegiatan ini akan disesuaikan secara cermat dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak usia dini, memastikan bahwa penggunaan teknologi benar-benar mendukung stimulasi yang optimal, bukan sekadar pelengkap. Dengan kombinasi ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami potensi teknologi, tetapi juga mampu menjadi inovator yang terampil dalam menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi anak usia dini di era digital.

Program Objectives (PO)

  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini menggunakan teknologi pembelajaran
  • Mengkaji dampak penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini
  • Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
  • Analisis Potensi dan Kebutuhan Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
  • Merancang Instrumen Evaluasi Video Pembelajaran
  • Merefleksikan Pengalaman Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran.
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 2
    Teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut.
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Implementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran.
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menyusun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini.
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini.
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini.
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Rancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak.
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini.
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Penggunaan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas video pembelajaran anak usia dini.
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Perancangan instrumen evaluasi yang fokus pada kualitas pembelajaran anak usia dini.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Implementasi instrumen evaluasi dalam uji coba video pembelajaran anak usia dini.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Menganalisis hasil evaluasi dan memberikan pembaruan pada desain pembelajaran anak usia dini.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Respon dan Refleksi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan teknologi pembelajaran anak usia dini.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Analisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini.
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Rumusan strategi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini.
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Representatif hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini.
    • Date  18 Desember 2025

Lecturer

MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ
MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10