Course Description
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa program doktoral PAUD dengan pemahaman mendalam dan kritis mengenai filsafat ilmu sebagai fondasi berpikir ilmiah dan reflektif dalam pendidikan anak usia dini. Mahasiswa diajak mengeksplorasi konsep-konsep dasar filsafat ilmu, termasuk dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis, serta keterkaitannya dengan praktik dan kebijakan PAUD. Melalui pendekatan interaktif dan analitis, mahasiswa akan mengkaji beragam paradigma keilmuan (positivisme, interpretivisme, kritisisme, dan postmodernisme) serta mengkritisi hubungan antara ilmu, ideologi, dan kekuasaan dalam ranah pendidikan anak. Kajian diperluas dengan membandingkan kontribusi pemikiran filsafat Timur dan Barat, nilai-nilai lokal nusantara dalam merumuskan praksis pendidikan anak usia dini yang kontekstual dan transformatif. Mahasiswa tidak hanya dituntut menguasai teori, tetapi juga menyusun sintesis pemikiran filosofis yang aplikatif dan inovatif melalui proyek ilmiah yang berpihak pada kepentingan anak. Mahasiswa mengembangkan kapasitas berpikir tingkat tinggi (HOTS) serta kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu dan praksis PAUD yang holistik dan transdisipliner. Luaran mata kuliah ini berupa esai reflektif dengan isian literatur review jurnal internasional bereputasi untuk menemukan kesenjangan dan menjadi ide disertasi yang didaftarkan HKI.
Program Objectives (PO)
- CMPK-1 Menganalisis konsep-konsep dasar filsafat ilmu dan mengaitkannya dengan landasan keilmuan dalam pendidikan anak usia dini
- CMPK-2 Menelaah secara kritis dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam praktik dan teori pendidikan anak usia dini
- CMPK-3 Mengevaluasi paradigma dan aliran pemikiran filsafat ilmu dalam konteks pengembangan PAUD
- CMPK-4 Mengkombinasikan pemikiran filosofis untuk membangun inovasi praksis pendidikan anak usia dini berbasis nilai lokal dan globa