Course Description
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan praktis mengenai pengajaran coding dan kecerdasan buatan (AI) di tingkat sekolah dasar. Materi mencakup dasar-dasar pemrograman visual (seperti Scratch, Blockly), pengenalan AI sederhana untuk anak, integrasi computational thinking dalam kurikulum SD, serta strategi pedagogis yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Tujuannya adalah agar lulusan mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran coding dan AI yang menarik, bermakna, dan sesuai dengan konteks pendidikan dasar. Ruang lingkup meliputi praktik pengembangan proyek sederhana, analisis tools edukasi, dan penyusunan RPP berbasis coding/AI.
Program Objectives (PO)
- Menerapkan konsep dasar coding dan AI dalam merancang pembelajaran terpadu di SD (C3)
- Menganalisis karakteristik pembelajaran coding dan AI yang sesuai dengan perkembangan peserta didik SD (C4)
- Mengevaluasi berbagai platform dan tools coding untuk pembelajaran di SD berdasarkan kriteria pedagogis (C5)
- Menciptakan modul pembelajaran coding dan AI yang inovatif dan adaptif untuk konteks SD (C6)
- Menganalisis integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran coding dan AI di SD (C4)
- Mengevaluasi implementasi pendidikan inklusif melalui pembelajaran coding dan AI di SD (C5)
- Menciptakan solusi pemecahan masalah pembelajaran melalui penerapan AI dan coding (C6)
- Menerapkan prinsip kolaborasi dalam pengembangan proyek coding berbasis tim untuk SD (C3)
- Menganalisis potensi penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran coding dan AI di SD (C4)
- Mengevaluasi etika penggunaan AI dalam konteks pendidikan dasar (C5)